EDUKASI TENTANG BAHAYA SINAR UV DAN PENTINGNYA PENGGUNAAN SUNCREEN

Gina Aulia, Sheila Meitania Utami, Nurmiwiyati Nurmiwiyati, Rita Dwi Pratiwi, Riris Andriati, Nurwulan Adi Ismaya, Gita Ayuningtyas, Fenita Purnama Sari Indah, Melinda Puspitasari, Andriyani Rahmah Fahriati, Annisa Septyana Putri, Nur Hasanah, Anis Dwi Kristiyowati, Safitri Rahayu, Genta Satria, Ade Lia Puspita, Nadin Maharani, Raihan Sayyid Zaky Hernawan

Abstract


Indonesia berada di garis khatulistiwa yang memungkinkan terpapar sinar matahari dengan intensitas yang tinggi. Paparan sinar matahari dapat menyebabkan kerusakan pada kulit karena radiasi sinar ultra violet (UV). Mengingat tentang bahaya radiasi sinar UV, maka kulit perlu dilindungi meski tubuh telah menyediakan sistem perlindungan alami. Kegiatan pengabdian ini dilakukan untuk mengedukasi pengetahuan siswa SMPN 21 Tangerang Selatan mengenai sunscreen, bahaya paparan sinar matahari, dan cara memilih jenis sunscreen yang tepat. Metode yang dilakukan adalah metode penyuluhan, demonstrasi sunscreen, dan pemberian booklet berisi macam-macam sunscreen di mana peserta berperan aktif dalam kegiatan, sehingga dengan adanya partisipasi peserta maka tujuan kegiatan akan lebih mudah diperoleh. Dari data edukasi diperoleh siswa/i SMPN 21 Tangerang Selatan rata-rata sudah mulai menggunakan sunscreen. Namun ketepatan dalam penggunaan sunscreen masih dinilai kurang serta pengetahuan tentang pemilihan sunscreen yang sesuai dan terkait penggunaannya masih rendah dilihat dari sesi diskusi sehingga perlu adanya edukasi pada siswa mengenai sunscreen yang meliputi pemilihan, pengaplikasian dan cara membersihkan sunscreen yang benar. Tim pelaksana kegiatan pengabdian pada masyarakat adalah dosen dan mahasiswa STIKes Widya Dharma Husada Tangerang. Kegiatan pengabdian masyarakat ini berjalan dengan lancar. Sehingga dapat disimpulkan, mengedukasi masyarakat secara langsung lebih efisien dan efektif untuk memberikan pemahaman kepada siswa/i sekolah.


Keywords


edukasi, sinar UV, sunscreen

Full Text:

PDF

References


Asmiati, E. et al. (2021) ‘Edukasi Pentingnya Penggunaan Sunscreen pada Kalangan Remaja di SMA Islam Sabilillah Malang’, Jurnal Pengabdian UNDIKMA, 2(2), p. 189. doi: 10.33394/jpu.v2i2.4135.

Cahyono, W. (2005) ‘Pengaruh Penipisan Ozon Terhadap Kesehatan Manusia’, Semnas Penelitian, Pendidikan dan Penerapan MIPA, pp. 208–214.

Fadilah Mumtazah, E. et al. (2020) ‘Pengetahuan Mengenai Sunscreen Dan Bahaya Paparan Sinar Matahari Serta Perilaku Mahasiswa Teknik Sipil Terhadap Penggunaan Sunscreen’, Jurnal Farmasi Komunitas, 7(2), pp. 63–68.

Hapsah, I., Siti, R. S. and Sita (2014) ‘Pentingnya Melindungi Kulit Dari Sinar Ultraviolet Dan Cara Melindungi Kulit Dengan Sunblock Buatan Sendiri’, Jurnal Inovasi dan Kewirausahaan, 3(2), pp. 126–133.

Rahmawati, R., Muflihunna, A. and Amalia, M. (2018) ‘Analisis Aktivitas Perlindungan Sinar Uv Sari Buah Sirsak (Annona Muricata L.) Berdasarkan Nilai Sun Protection Factor (Spf) Secara Spektrofotometri Uv-Vis’, Jurnal Fitofarmaka Indonesia, 5(2), pp. 284–288. doi: 10.33096/jffi.v5i2.412.

Supriningrum, R. and Jubaidah, S. (2019) ‘Penyuluhan Kosmetika Aman dan Identifikasi Merkuri dalam Kosmetika’, Jurnal Abdimas Mahakam, 3(2), p. 136. doi: 10.24903/jam.v3i2.505.




DOI: http://dx.doi.org/10.52031/jam.v5i1.786

Refbacks

  • There are currently no refbacks.