Asuhan Umum Kebidanan Komplementer Complementary General Midwifery Care

Ikada Septi Arimurti, Raihan Aini, Rosmilawati Rosmilawati

Abstract


The current paradigm of midwifery services has shifted. Over the past decade, midwifery care is implemented by combining conventional and complementary midwifery practice. Complementary midwifery services are options to reduce medical interventions during pregnancy, childbirth and postpartum. The community service is to provide information about complementary midwifery care to the community. The method used in this community service is sceintific webinars using zoom and youtube applications. As a result of this community service, the event ran smoothly with three speakers and 17.743 participants.

Keywords : complementary midwifery service, pregnancy, postpartum

 

ABSTRAK

Paradigma pelayanan kebidanan saat ini telah mengalami pergeseran. Selama satu dekade ini, suhan kebidanan dilaksanakan dengan mengkombinasikan pelayanan kebidanan konvensional dan komplementer, serta telah menjadi bagian penting dari praktik kebidanan. Pelayanan kebidanan komplementer adalah pilihan untuk mengurangi intervensi medis baik saat masa kehamil, persalinan maupun masa nifas. Tujuan dari pengabdian kepada masyarakat ini adalah untuk memberikan informasi mengenai asuhan kebidanan komplementer kepada masyarakat. Metode yang digunakan pada pengabdian kepada masyarakat ini adalah webinar ilmiah menggunakan aplikasi zoom dan you tube. Hasil dari pengabdian kepada masyarakat ini acara berjalan lancar dengan tiga narasumber dan peserta sebanyak 17. 643 peserta.

Kata Kunci : asuhan kebidanan komplementer, kehamilan, nifas


Full Text:

PDF

References


Griya Husada Surabaya. Modul Pijat Bayi. Modul Keterampilan Klinik Pijat Bayi Akademi Kebidanan Griya Husada Surabaya. 2013. Diakses Pada Tanggal 01 Juli 2020.

Kostania, Gita. Pelaksanaan Pelayanan Kebidanan Komplementer Pada Bidan Praktek Mandiri. Gaster Vol. XII, No. 1 Februari 2015.

Kemenkes RI. Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 1109/Menkes/Per/IX/2007 tentang penyelenggaraan pengobatan komplementer-alternatif.

Prasetono. Teknik-teknik Tepat Memijat Bayi Sendiri Panduan Lengkap dan Uraian Kemanfaatannya. Yogyakarta: Bina Pustaka. 2010.

Nugraheni. Hubungan Tingkat Pengetahuan dan Akses Informasi tentang Pijat Bayi dengan Perilaku Pijat Bayi Oleh Ibu di Desa Purwojati KecamatanPurwojati Kabupaten Banyumas. Cakrawala Galuh. Vol.2 No.6 Hal 12-19, 2013.




DOI: http://dx.doi.org/10.52031/jam.v1i1.79

Refbacks

  • There are currently no refbacks.