BAKTI SOSIAL PENGABDIAN MASYARAKAT MELALUI KHITANAN MASSAL DAN PENGOBATAN GRATIS PADA WILAYAH KOMUNITAS STIKES WIDYA DHARMA HUSADA TANGERANG

Riris Andriati, Ida Listiana, Veri Veri, Tita Hardianti, Yolin Noviana

Abstract


Khitanan bagi seorang anak merupakan salah satu sunnah Rasul Shallallahu alaihi wasallam, demi untuk menjaga kesucian ibadah dan kesehatan jasmaniah. Manfaat Khitan Secara Medis, antara lain dapat mencegah Infeksi dan mengurangi resiko penularan penyakit kelamin menular sampai 50%, mencegah kanker yang bisa disebabkan oleh kotoran yang diproduksi kelenjar penis (smegma) yang bersifat karsinogen (dapat memicu kanker). Smegma ini sulit dibersihkan apabila tidak dikhitan. STIKes Widya Dharma Husada Tangerang dan Ikatan Alumni STIKes WDH bekerjasama untuk memberikan bantuan khitanan massal gratis bagi anak-anak di wilayah komunitas STIKes WDH. Tujuan dari adanya kegiatan bakti sosial pengabdian masyarakat khitan massal ini adalah untuk mengkhitankan secara massal para anak-anak muslim yang akan memasuki usia baligh di wilayah komunitas STIKes WDH, terutama anak-anak yang kurang mampu secara ekonomi. Metode yang dilakukan dalam kegiatan ini yaitu dengan menyebarluaskan informasi kegiatan pengabdian masyarakat melalui pihak ketua lingkungan setempat dan melalui sosial media. Hasil kegiatan pengabdian masyarakat ini yaitu telah dilaksanakannya khitan massal di STIKes WDH. Peserta khitan massal sebanyak 29 . Tenaga medis yang terlibat sebanyak 6 orang dan asisten tenaga medis sebanyak 35 orang dari Klinik WDH dan IKA STIKes WDH.

Keywords


Bakti Sosial; Khitanan Massal; Pengobatan Gratis

Full Text:

PDF

References


Al-Marshafi, S. M. (1996). Khitan / Saad Muhammad Asy-Syekh Al-Marshafi. Jakarta: Gema Insani Press.

Bahraen, R. (2013). Sejarah Disyariatkannya Khitan dalam Majalah Kesehatan Muslim: Lebih Dekat Tentang Khitan. Yogyakarta: Pustaka Muslim.

Blank, S. (2012). Circumcision policy statement. Pediatrics, 130 (3): 585-586. Castro JG, J. D. (2010). Acceptability of neonatal circumcision by Hispanic in Southem Florida.

International Journal of STD & AIDS, 591-594. Dihartawan, Herdiansyah, D., Saputria, N., Suherman, Romdhona, N., & Maududi, A. A. (2021).

Bakti Sosial Khitanan Massal Mass Circumcision Social Service. Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Kesehatan Masyarakat , 55-60.

Furqan, A. (2019). Hukum Khitan bagi Laki-Laki: Studi Perbandingan Metode Istinbat Ibnu Qudamah dan Ibnu Qayyim al-Jauziyyah. Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

Lake P. (1999). Sifon: Antara Tradisi dan Risiko Penularan PMS (Sifon: Between a Tradition and Transmission of STDs). Yogyakarta: Pusat Penelitian Kependudukan, Gadjah Mada University.




DOI: http://dx.doi.org/10.52031/jam.v5i1.807

Refbacks

  • There are currently no refbacks.