KARAKTERISTIK INDIVIDU DAN MUTU PELAYANAN FARMASI TERHADAP LOYALITAS PASIEN UMUM RAWAT JALAN RSUD KOTA DEPOK

Riska Edwi Meilia, Humaira Fadhilah, Fera Friscadika, Fenita Purnama Sari Indah, Adhy Diasticha Purnawan

Abstract


                                                  ABSTRACT

The number of outpatient visits at the Depok City Hospital has decreased. The pharmacy installation at the Depok City Regional Hospital does not meet the minimum service standards because it is <80%. The aim of this research is to determine the relationship between individual characteristics and the quality of pharmaceutical services on the loyalty of general outpatients at the Depok City Regional Hospital. This research uses a quantitative cross sectional approach. The sampling technique used random sampling. Based on the results of the study stated that the age of the respondents in early adulthood was 28-39 years 180 respondents, some of the sex of the male respondents was 148 respondents, the education level of the respondents was high school 178 respondents, with unmarried marital status 180 respondents, the number of dependents 1-2 120 respondents, 117 respondents stated that the quality of pharmaceutical services was good and 228 respondents stated that patient loyalty was good. Statistical test results showed that there was a relationship between age (p-value=0.001), education (p-value=0.007), marital status (p-value=0.007), number of dependents (p-value=0.002), and quality of pharmaceutical services (p-value = 0.001) to outpatient loyalty in Depok City Hospital, while there is no relationship between gender (p-value = 0.278) to general patient loyalty in Depok City Hospital, it can be concluded that there is a relationship between age, education, marital status, number of dependents and quality of pharmaceutical services on general outpatient patient loyalty, while there is no relationship between gender and outpatient general patient loyalty at Depok City Hospital. From the results of this study, hoped that the Depok City Hospital will routinely evaluate the quality of pharmaceutical services provided to patients as evaluation material so that they know what needs to be improved on the quality of pharmaceutical services.


                                                  ABSTRAK

Angka kunjungan pasien rawat jalan di RSUD Kota Depok terjadi penurunan. Instalasi farmasi di RSUD Kota Depok belum memenuhi standart pelayanan minimal karena <80%. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan karakteristik individu dan mutu pelayanan farmasi terhadap loyalitas pasien umum rawat jalan di RSUD Kota Depok. Penelitian ini dengan metode kuantitatif pendekatan cross sectional. Teknik pengambilan sampel menggunakan random sampling. Berdasarkan hasil penelitian menyatakan bahwa usia responden pada dewasa awal 28-39 tahun 180 responden, sebagian jenis kelamin responden laki-laki 148 responden, tingkat pendidikan responden SMA 178 responden, dengan status perkawinan belum kawin 180 responden, jumlah tanggungan 1-2 120 responden, responden menyatakan baik tentang mutu pelayanan farmasi 117 responden dan loyalitas pasien menyatakan baik 228 responden. Hasil uji statistik diperoleh bahwa terdapat hubungan antara usia (p-value=0,001), pendidikan (p-value=0,007), status perkawinan (p-value=0,007), jumlah tanggungan (p-value=0,002), dan mutu pelayanan farmasi (p-value=0,001) terhadap loyalitas pasien umum rawat jalan di RSUD Kota Depok, sementara tidak terdapat hubungan a ntara jenis kelamin  (p-value=0,278) terhadap loyalitas pasien umum rawat di RSUD Kota  Depok maka dapat disimpulkan bahwa adanya hubungan antara usia, pendidikan, status perkawinan, jumlah tanggungan dan mutu pelayanan farmasi terhadap loyalitas pasien umum rawat jalan, sementara tidak adanya hubungan antara jenis kelamin dengan loyalitas pasien umum rawat jalan RSUD Kota Depok. Dari hasil penelitian ini diharapkan RSUD Kota Depok rutin melakukan evaluasi mutu pelayanan farmasi yang diberikan kepada pasien sebagai bahan evaluasi sehingga mengetahui apa yang harus diperbaiki pada mutu pelayanan farmasi.


Full Text:

PDF

References


Amini, I., & Rusdiansyah, R. (2021). Pengaruh Pengaruh Jumlah Tanggungan, Pendapatan, Dan Pendidikan Terhadap Konsumsi Rumah Tangga Masyarakat Kampung Kb ( Studi Kasus: Desa Banua Batung Kecamatan Pandawan Kabupaten Hulu Sungai Tengah). Jiep: Jurnal Ilmu Ekonomi Dan Pembangunan, 4(1), 269.

Awal, A. (2018). Pengaruh Pendapatan Dan Jumlah Tanggungan Keluarga Petani Padi Terhadap Tingkat Pendidikan Anak Di Desa Pattallassang Kecamatan Pattallassang Kabupaten Gowa. Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam Uin Alauddin Makassar, 116. /

Benita, Z., Wijayanti, T., & Pramukantoro, G. E. (2023). Hubungan Mutu Pelayanan Kefarmasian Dengan Kepuasan Pasien Di Apotek Wilayah Kecamatan X Kota Surakarta Tahun 2022. Jurnal Sains Dan Kesehatan, 5(2), 186–197.

Fatimah, M. (2018). Pengaruh Status Pernikahan Dan Kebermaknaan Hidup Terhadap Kebahagiaan Pada Mahasiswa. Transcommunication, 53(1), 1–8.

Hasanah, T. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kepuasaan Terhadap Loyalitas Konsumen Pada Puskesmas Bandar Jaya Lahat Titi Hasanah. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (Stie) Lahat, 5(2), 872.

Kawahe, M., Mandagi, C. K. F., Kawatu, P. A. T., Kesehatan, F., Universitas, M., & Ratulangi, S. (2015). Hubungan Antara Mutu Pelayanan Kefarmasian Dengan Kepuasan Pasien Rawat Jalan Di Puskesmas Teling Atas Kota Manado. Pharmacon, 4(4), 261–269.

Krisanti, H., Kania, L., & Puji, R. (2021). Organisasi Terhadap Kepuasan Kerja Karyawan Di Rumah Sakit Medika Bsd Tahun 2021 The Relation Of Characteristic Individual And Type Of Organizational Work On The Employee Job Satisfaction At Medika Hospital Bsd Year 2021. 1–14.

Kunanti, W. S. N., Wulandari, W., & Hermawati, A. (2022). Pengaruh Karakteristik Individu Terhadap Kinerja Karyawan Yang Dimediasi Oleh Kompetensi Karyawan (Studi Pada Karyawan Departemen Liquid Pt Indolakto Di Purwosari). Journal Of Innovation Research And Knowledge, 2(1), 15–26.

Kusumaningtyas, T. (2019). Pengaruh Mutu Pelayanan Farmasi Terhadap Loyalitas Pasien Umum Rawat Jalan Rsud Kota Madiun. Program Studi S1 Kesehatan Masyarakat, 8(5), 55.

Megawati, Hariyanto, T., & Rachmi, A. T. (2016). Hubungan Dimensi Mutu Pelayanan Farmasi Rawat Jalan Dengan Kepuasan Pasien Di Rs Baptis Batu: Peran Kepesertaan Asuransi. Jurnal Aplikasi Manajemen, 14(1), 147–160.

Mumulati, S. B., Niman, S., Indriarini, M. Y., Tinggi, S., Kesehatan, I., Borromeus, S., Parahyangan, K. B., Barat, K. B., & Barat, J. (2020). Hubungan Pendidikan, Usia, Jenis Kelamin, Status Pernikahan Dan Lama Tinggal Di Panti Werdha Dengan Kejadian Depresi Pada Lansia. Jurnal Keperawatan Jiwa, 8(3), 329–336.

Sakinah, N. P. (2022). Analisis Loyalitas Pelanggan Pada Skincare Wardah Dikota Bima. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 1(2).

Sari, D. M. (2021). Hubungan Status Perkawinan, Kelelahan Kerja, Dan Beban Kerja Dengan Stres Kerja Di Proyek Jembatan Teluk Kendari Sulawesi Tenggara Tahun 2019. Jurnal Kesehatan Dan Keselamatan Kerja Universitas Halu Oleo, 1(4), 146–152.

Sukandar, H. (2018). Hubungan Karakteristik Terhadap Tingkat Aktivitas Kader Posyandu Kecamatan Soreang Kabupaten Bandung. Jurnal Sistem Kesehatan, 4(3), 102–109.

Ulfa, R. (2016). Hubungan Karakteristik Pasien, Kualitas Layanan Dan Hambatan Pindah Dengan Loyalitas Pasien Di Instalasi Rawat Jalan Rumah Sakit Tugu Ibu Depok Tahun 2015. 80–81. Karakteristik.Pdf

Wardanengsih, E., Azis, A. Y., Darwis, N., & B, K. (2022). Hubungan Kepuasan Terhadap Loyalitas Pasien Rawat Inap Di Rumah Sakit Umum Daerah Lamaddukelleng Sengkang Kabupaten Wajo. Jurnal Ilmiah Mappadising, 4(2), 280–289.

Wati, D. R. A. (2022). Hubungan Karakteristik Dan Pengetahuan Penduduk Dengan Sikap Kesiapsiagaan Bencana Banjir Di Kelurahan Sawangan Kota Depok Oleh. 50.




DOI: http://dx.doi.org/10.52031/map.v4i1.864

Refbacks

  • There are currently no refbacks.