TINJAUAN SISTEM RUJUKAN ONLINE PASIEN BPJS PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI PUSKESMAS RENGAS TAHUN 2021

TIMOR UTAMA, RIRIS ANDRIATI, Fitri Ambarsari

Abstract


ABSTRACT

Online referral is a tiered referral digitization process that is given to patients or the public to get the convenience and certainty of participants in obtaining health services at hospitals or advanced referral health facilities. The existence of an online referral system can minimize patient registration queues, avoid crowds in waiting rooms and direct contact with officers at health service facilities so as to minimize the transmission of COVID-19 for patients and health workers. This study aims to determine the effectiveness of the BPJS Patient Online Referral System during the Covid-19 Pandemic at the Rengas Health Center in 2021. The type of research used is qualitative with an analytical descriptive approach. Data collection with checklist sheets and interview guidelines. The subject of this research is the Implementation of the BPJS Patient Online Referral System and the object of this research is the online referral SOP and the patient online referral service flow. The results of this study show that in the service of the online referral system at the Rengas Health Center, there is an SOP that regulates BPJS patient referrals but has not been updated since 2017 and there is no special SOP that regulates the online referral system for BPJS patients during the covid pandemic. Referral health services are in accordance with the flow set out in the referral SOP. The online referral system has not been effective because there are still several obstacles, including network constraints, the low understanding of referral patients, incomplete patient data, and during the covid-19 pandemic the puskesmas is quite difficult to refer patients to advanced health facilities. Suggestions for referral SOPs at existing Rengas Health Centers need to be updated according to current conditions and specially made SOPs that regulate the online referral system for BPJS patients during the covid-19 pandemic. The Rengas Health Center must continue to maintain and continue to improve the referral system services that are already running well. Furthermore, the Rengas Health Center must conduct training for online referral officers in order to minimize the occurrence of human error by officers, strengthen the network system. Furthermore, educating the community in their working areas regarding the online referral system, both the flow and the completeness of the data needed in the referral process and during the covid-19 pandemic, Rengas Health Center should still comply with health protocols in referring patients and the South Tangerang City Health Office should provide a hospital dedicated to referral purposes for non-covid-19 patients.

ABSTRAK

Latar Belakang : Rujukan online merupakan proses digitalisasi rujukan berjenjang yang diberikan kepada pasien atau masyarakat untuk mendapatkan kemudahan serta kepastian peserta dalam memperoleh pelayanan kesehatan dirumah sakit atau fasilitas kesehatan rujukan tingkat lanjut. Dengan adanya sistem rujukan online dapat meminimalisir antrean pendaftaran pasien, menghindari kerumunan di ruang tunggu serta kontak langsung dengan petugas di fasilitas pelayanan Kesehatan sehingga dapat meminimalisir penularan covid-19 bagi pasien dan tenaga Kesehatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas Sistem Rujukan Online Pasien BPJS pada Masa Pandemi Covid-19 di Puskesmas Rengas Tahun 2021. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif analitik. Pengambilan data dengan lembar cheklist dan pedoman wawancara. Subjek penelitian ini adalah Pelaksanaan Sistem Rujukan Online Pasien BPJS serta objek penelitian ini adalah SPO rujukan online dan alur pelayanan rujukan online pasien. Hasil penelitian ini menunjukkan Dalam pelayanan sistem rujukan online di Puskesmas Rengas sudah tersedia SPO yang mengatur tentang rujukan pasien BPJS namun belum diperbarui sejak 2017 dan tidak dibuatkan secara khusus SPO yang mengatur tentang sistem rujukan online pasien BPJS pada masa pandemi covid. Pelayanan kesehatan rujukan sudah sesuai dengan alur yang tertuang dalam SPO rujukan. Sistem rujukan online belum efektif karena masih terdapat beberapa kendala antaralain kendala pada jaringan, masih rendahnya pemahaman pasien rujukan, ketidaklengkapan data pasien, dan selama pandemi covid-19 pihak puskesmas cukup sulit pada saat akan merujuk pasien ke fasilitas kesehatan tingkat lanjutan. Saran untuk SPO rujukan di Puskesmas Rengas yang sudah ada perlu diperbarui kembali disesuaikan dengan kondisi terkini dan dibuatkan secara khusus SPO yang mengatur tentang sistem rujukan online pasien BPJS pada masa pandemi covid-19. Puskesmas Rengas harus terus mempertahankan dan terus meningkatkan pelayanan sistem rujukan yang sudah berjalan dengan baik. Selanjutnya Puskesmas Rengas harus melakukan pelatihan kepada petugas rujukan online agar meminimalisir terjadinya human error oleh petugas, melakukan penguatan pada sistem jaringan. Selanjutnya melakukan edukasi kepada masyarakat diwilayah kerjanya terkait sistem rujukan online baik alurnya maupun kelengkapan data yang dibutuhkan dalam proses rujukan dan selama pandemi covid-19 sebaiknya Puskesmas Rengas tetap mematuhi protokol kesehatan dalam merujuk pasien serta Dinkes Kota Tangerang Selatan sebaiknya menyediakan satu Rumah Sakit yang dikhususkan untuk tujuan rujukan pasien non covid-19.


Full Text:

PDF

References


Widyansari. 2014. Menurut Permenkes RI No 75 Tahun 2014 Puskesmas merupakan fasilitas pelayanan kesehatan yang menyelenggarakan upaya kesehatan masyarakat dan upaya kesehatan perseorangan tingkat pertama.

BUIATRIA. 2011.Undang-undang No 24 tahun 2011 melatarbelakangi rujukan online.

Peraturan Presiden. 2018. Undang-undang No 82 tahun 2018 melatarbelakangi rujukan online.

Faskes BPJS Kesehatan. 2012. Puskesmas merupakan pusat pelayanan kesehatan perorangan primer yang berfungsi sebagai gate keeper atau kontak pertama pelayanan kesehatan formal dan penakis rujukan sesuai standar pelayanan medis.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


EDU RMIK Jurnal Edukasi Rekam Medis Informasi Kesehatan by LPPM STIKes Widya Dharma Husada Tangerang is licensed under CC BY-NC 4.0

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM)

Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Widya Dharma Husada Tangerang

Pajajaran Street Number 1 Pamulang,
South Tangerang City, Banten Province, Indonesia, 15417
Telephone: 021-74716128