Tinjauan Kebutuhan Rak Penyimpanan Dokumen Rekam Medis Untuk 5 Tahun Ke Depan Di Rsu Kabupaten Tangerang

Sucipto Sucipto, Rita Dwi Pratiwi, Dheandra Fadlillah Jauhari

Abstract


Ruang penyimpanan rekam medis terkadang kurang dalam kelengkapan sarana dan prasarana, tidak jarang disebabkan oleh perencanaan yang kurang baik. Rak penyimpanan rekam medis yang kurang memadai dapat menghambat petugas rekam medis dan juga menghambat proses pelayanan di rumah sakit. Kebutuhan rak yang kurang memadai tidak hanya akan mempersulit petugas rekam medis dan menghambat proses pelayanan, tetapi juga dapat menimbulkan masalah.Untuk mengetahui kebutuhan rak penyimpanan dokumen rekam medis untuk 5 tahun ke depan di RSU Kabupaten Tangerang. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Dalam pengumpulan data peneliti menggunakan observasi, wawancara dan pengukuran. Populasi pada penelitian ini adalah ruang penyimpanan, rak penyimpanan dan dokumen rekam medis. Sampel penelitian ini adalah ruang penyimpanan, rak penyimpanan dan dokumen rekam medis. Menunjukan luas ruang penyimpanan dokumen rekam medis yang ada di RSU Kabupaten Tangerang yaitu 450 m², dengan jumlah rak penyimpanan sebanyak 62 rak. Sedangkan untuk 5 tahun ke depan diperlukan luas ruangan seluas 288,09 m², dengan jumlah rak sebanyak 67 rak.

Keywords


ruang penyimpanan; rak penyimpanan; dokumen rekam medis

Full Text:

PDF

References


Malahayati, Annisa 2019. Tinjauan Kebutuhan Rak Penyimpanan Rekam Medis Di Rumah Sakit Umum Daerah Kota Tangerang. Karya Tulis Ilmiah. Universitas Esa Unggul.

Ambarwati, 2013. Tinjauan Kebutuhan Rak Penyimpanan Rekam Medis Di Rumah Sakit X. Karya Tulis Ilmiah. Universitas Esa Unggul.

Astuti & Vera Dwi. 2020. Analisis Kebutuhan Rak Penyimpanan Rekam Medis Aktif Pasien Rawat Inap Di Rumah Sakit Umum Pindad Bandung. Jurnal Ilmiah Penelitian dan Pengembangan Ilmu Medis dan Kesehatan. Vol 4 No.1 INFOKES (Informasi Kesehatan) 2020.

Buku penyelenggaraan rekam medis RS. H. Abdul Aziz Marahaban, 2019 Kegunaan Rekam Medis. Barito Kuala.

Siswati. 2018. Buku Bahan ajar rekam medis dan informasi kesehatan. Manajemen unit kerja II, 2018 perencanaan SDM unit kerja RMIK. Jakarta

Depkes RI. 2006. Pedoman Penyelenggaraan dan Prosedur Rekam Medis Rumah Sakit di Indonesia. Jakarta : Depkes RI.

Fattah, Al Raffi. 2020. Tinjauan Kebutuhan Rak Penyimpanan Rekam Medis di RS YPK Mandiri Jakarta. Karya Tulis Ilmiah. Universitas Esa Unggul.

Faradhila Shinta Mutiara. 2021 Tinjauan Kebutuhan Rak Penyimpanan Berkas Rekam Medis Untuk 5 Tahun Kedepan di RSU Bhakti Asih Kota Tangerang. Karya Tulis Ilmiah. Tangerang Selatan : STIKes Widya Dharma Husada.

Hatta, Gemala. R. 2013. Pedoman Manajemen Informasi Kesehatan di Sarana Pelayanan Kesehatan. Jakarta : Universitas Indonesia (Ui-Press).

Istiana, L. D., & Pujihastuti, A. 2016. Tinjauan Pelaksanaan Retensi Dokumen Rekam Medis Aktif Ke In Aktif di Ruang Filing RSUD Dr. Moewardi. Karya Tulis Ilmiah. Karangayar : STIKes Mitra Husada Karanganyar Di akses di https://ejurnal.stikesmhk.ac.id/.

Kementrian Kesehatan Republik Indonesia. 2020. Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 3 Tahun 2020. Tentang Klasifikasi dan Perizinan Rumah Sakit. Jakarta .

Kementrian Kesehatan Republik Indonesia. 2013. Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 55 Tahun 2013 Tentang Penyelenggaraan Pekerjaan Perekam Medis. Jakarta.

Kementrian Kesehatan Republik Indonesia. 2013. Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2013 Tentang Pola Tarif Badan Layanan Umum Rumah Sakit di Lingkungan Kementerian Kesehatan. Jakarta

Kementrian Kesehatan Republik Indonesia. 2016. Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 24 tahun 2016 Tentang Persyaratan Teknis Bangunan dan Prasarana Rumah Sakit. Jakarta

Kementrian Kesehatan Republik Indonesia. 2018. Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 47 Tahun 2018 Tentang Pelayanan Kegawatdaruratan. Jakarta

Lubis, S. P. S., & Handayani, J. (2018). Tinjauan Kebutuhan Rak Penyimpanan Berkas Rekam Medis Untuk 5 Tahun Kedepan Di Rumah Sakit Umum Imelda Pekerja Indonesia Medan Tahun 2018. Jurnal Ilmiah Perekam dan Informasi Kesehatan Imelda (JIPIKI), 3(1), 404-408.

Ningsih, Kholis. 2016. Tinjauan Rak Dan Ruang Penyimpanan Rekam Medis Dalam Sistem Terminal Digit Filling di RSU PKU Muhammdiyah Gamping Yogyakarta. Karya Tulis Ilmiah. Yogyakarta : STIKes Jendral Achmad Yani. Di akses di htpps://publikasi aptirmiki.or.id/

Notoatmodjo S. 2018. Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta : Rineka Cipta.

Permenkes RI No. 269/MENKES/PER/III/2008. Tentang Rekam Medis. Jakarta

Ritonga Zulham Andi & Ritonga Aisha Nur. Analisa Kebutuhan Rak Penyimpanan Berkas Rekam Medis Rawat Jalan Di Rumah Sakit Umum Madani Medan. Jurnal Ilmiah Perekam dan Informasi Kesehatan Imelda (JIPIKI) 3.1 (2018): 417-424.

Sari, L. N., & Sonia, D. (2021). Perhitungan Kebutuhan Rak Penyimpanan Dokumen Rekam Medis di Ruang Filing RSIA Humana Prima Bandung Tahun 2021. Cerdika: Jurnal Ilmiah Indonesia, 1(8), 1004-1012.

Sudrajat, Edwin. 2019. Tinjauan Kebutuhan Rak Penyimpanan Berkas Rekam Medis Rawat Jalan Di Puskesmas Bakti Jaya Tangerang Selatan. Karya Tulis Ilmiah. Tangerang Selatan : STIKes Kharisma Persada.

Sugiyono. 2018. Metodologi Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan RND. Bandung : Alfabeta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


EDU RMIK Jurnal Edukasi Rekam Medis Informasi Kesehatan by LPPM STIKes Widya Dharma Husada Tangerang is licensed under CC BY-NC 4.0

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM)

Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Widya Dharma Husada Tangerang

Pajajaran Street Number 1 Pamulang,
South Tangerang City, Banten Province, Indonesia, 15417
Telephone: 021-74716128