Tinjauan Pemanfaatan Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit (SIMRS) Avicenna Pada Unit Rekam Medis Di Rumah Sakit Permata Pamulang Tahun 2023

Timor Utama, Muhammad Zulfikar Adha, Ade Fitrianingsih

Abstract


Avicenna Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit (SIMRS) adalah teknologi informasi komunikasi yang mengolah dan mengintegrasikan seluruh alur proses pelayanan rumah sakit berupa koordinasi, pelaporan dan prosedur administrasi untuk mendapatkan informasi yang tepat dan akurat. Namun dalam implementasinya, SIMRS Avicenna masih memiliki kendala seperti kesalahan sistem dan sistem yang harus diupdate secara berkala. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pemanfaatan Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit (SIMRS) Avicenna di Unit Rekam Medis RS Permata Pamulang tahun 2023. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah jenis nonprobability purposive sampling dengan mempertimbangkan kriteria tertentu. Hasil dari penelitian ini adalah SIMRS Avicenna berperan besar karena dapat memudahkan petugas rekam medis dalam menyediakan data rekam medis yang dibutuhkan. Tidak ada kendala atau hambatan berdasarkan elemen 5M. Unsur Metode memiliki ketersediaan SOP dalam pengoperasian SIMRS Avicenna, Unsur Material masih memiliki kendala seperti kesalahan sistem sehingga dapat menghambat pelayanan, Unsur Man tidak memiliki pelatihan khusus dalam pengoperasian SIMRS Avicenna sehingga terjadi human error, Unsur Uang telah tidak ada kendala atau hambatan karena sudah ada anggaran untuk perawatan simrs Avicenna. Saran dari penelitian ini adalah IT perlu berkoordinasi dengan vendor terkait kendala Avicenna untuk perawatan SIMRS, sebaiknya melakukan pelatihan secara berkala terkait pengoperasian SIMRS Avicenna untuk meminimalisir terjadinya Human Error.

Keywords


sistem informasi manajemen rumah sakit; unit rekam medis; unsur 5M; SIMRS

Full Text:

PDF

References


Nurhalisah, Fatika Dwi. Tinjauan Efektifitas penggunaan sistem HOPE di pelayanan rawat jalan RSU Kabupaten Tangerang. Tangerang; STIKes Widya Dharma Husada; 2022.

Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 269/Menkes/Per/III/2008. Tentang Rekam Medis. Jakarta: Kementerian Kesehatan Republik Indonesia; 2008.

World Health Organization. Definisi Rumah Sakit: WHO.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


EDU RMIK Jurnal Edukasi Rekam Medis Informasi Kesehatan by LPPM STIKes Widya Dharma Husada Tangerang is licensed under CC BY-NC 4.0

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM)

Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Widya Dharma Husada Tangerang

Pajajaran Street Number 1 Pamulang,
South Tangerang City, Banten Province, Indonesia, 15417
Telephone: 021-74716128