TINJAUAN EFEKTIVITAS PADA PENGGUNAAN SIMRS KHANZA DI PELAYANAN RAWAT JALAN RSIA CITRA INSANI TAHUN 2023

Miftah Parid Firmansyah, Holidah Holidah, Sri Haryanto

Abstract


SIMRS Khanza merupakan sistem teknologi informasi komunikasi yang memproses dan mengintegrasikan seluruh alur proses pelayanan Rumah Sakit dalam bentuk jaringan koordinasi, pelaporan dan prosedur administrasi untuk memperoleh informasi secara tepat dan akurat. Penggunaan SIMRS Khanza yang belum efektif sehingga menyebabkan pelayanan kepada pasien menjadi kurang maksimal sehingga peneliti tertarik untuk melakukan penelitian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kendala dan keefektivitasan penggunaan SIMRS Khanza terhadap pelayanan rawat jalan menggunakan unsur manajemen 5M. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif kualitatif dengan purposive sampling. Purposive sampling adalah teknik penentuan sampel dengan pertimbangan tentu sesuai dengan kriteria yang diinginkan untuk dapat menentukan jumlah sample yang akan diteliti. Hasil penelitian yang diperoleh dari hasil wawancara terkait 5M terdapat kendala terkait unsur methods karena tidak memiliki SOP penggunaan SIMRS Khanza, terkait unsur materials terjadi kendala pada jaringan internet dan terkait unsur manusia belum adanya pelatihan khusus kepada petugas pelayanan rawat jalan. Terkait unsur mechines dan money sudah dikatakan efektif karena sudah tersedianya aplikasi SIMRS Khanza disetiap unit dan sudah tercukupi anggaran pada rumah sakit serta dilakukannya pemeliharaan pada SIMRS Khanza. Saran terkait unsur 5M yang terkendala yaitu methods agar segera diterbitkan SOP bagi proses pelayanan rawat jalan, materials agar diberlakukan pemeliharaan dan perbaikan secara terus menerus untuk sistem jaringan dan man petugas lebih meningkatkan kemampuannya dan mengikuti pelatihan khusus minimal satu tahun sekali.

Keywords


Efektivitas Penggunaan Sistem Khanza, SIMRS, 5M,

Full Text:

PDF

References


Miftah Parid Firmansyah, dkk, 2023. Tinjauan Pelaporan Internal Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit (Simrs) Insis Di Rumah Sakit Permata Depok. EDU RMIK Journal, Volume 2, pp. 90-100.

Mochtar Adam, d., 2018. Efektivitas Sistem Informasi Pelayanan Pada Rumah Sakit (Studi Kasus Pada Instalasi Rawat Jalan Rumah Sakit Umum Daerah Dr. Haryoto Kabupaten Lumajang). Jurnal Administrasi Bisnis, Volume Vol. 63 No. 1 (2018) Oktober.

Notoarmodjo, S., 2018. Metodologi Penelitian Kesehatan. Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: PT Rineka Cipta..

Permenkes, 2013. Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 82. Indonesia, Patent No. 82.

Permenkes, 2022. Peraturan Kementrian Kesehatan No. 24. Indonesia, Patent No. 24.

Randy Anugrah Pratama, dkk, 2020. Pelaksanaan Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit Pada Unit Rawat Jalan Rumah Sakit Dr. Reksodiwiryo Padang 2020. Jurnal Ilmu Kesehatan, Volume 5, pp. 140-146.

Syaiful Amri, dkk, 2022. Pengantar Ilmu Manajemen. In: S. M. Ahmad Bairizki, ed. Pengantar Ilmu Manajemen. Nusa Tenggara Barat: Seval Literindo Kreasi (Penerbit SEVAL).

Yayasan SIMRS Khanza Indonesia, Y., 2017. Simkes Khanza Indonesia ( Sistem Informasi Managemen Kesehatan ), Yogyakarta: Yayasan Simrs Khanza.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


EDU RMIK Jurnal Edukasi Rekam Medis Informasi Kesehatan by LPPM STIKes Widya Dharma Husada Tangerang is licensed under CC BY-NC 4.0

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM)

Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Widya Dharma Husada Tangerang

Pajajaran Street Number 1 Pamulang,
South Tangerang City, Banten Province, Indonesia, 15417
Telephone: 021-74716128