HUBUNGAN PENGGUNAAN GADGET DENGAN PERKEMBANGAN KARAKTER PADA ANAK LATE CHILDHOOD: STUDI LITERATUR

Rita Dwi Pratiwi, Sudi Dewi Asih Kusumawati, Maelia Unayah, Utari Kusumawati, Riris Andriati

Abstract


THE RELATIONSHIP OF GADGET USE WITH CHARACTER DEVELOPMENT IN LATE CHILDHOOD CHILDREN: LITERATURE REVIEW

 

Rita Dwi Pratiwi1*, Susi Dewi Asih Kusumawati1, Maelia Unayah1,

Utari Kusumawati2, Riris Andriati1

1Program Studi Keperawatan, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Widya Dharma Husada Tangerang, Tangerang Selatan, Banten, Indonesia

2Mahasiswa Program Studi Keperawatan, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Widya Dharma Husada Tangerang, Tangerang Selatan, Banten, Indonesia

 

*korespondensi author: ritadwipratiwi@wdh.ac.id

 

ABSTRACT

Excessive use of gadgets in children can affect the stages of development, including character development. In fact, childhood, such as late childhood (age 6-12 years) is a time when children should be able to develop their positive emotional character with adaptive and supportive environmental and social influences. The purpose of this study was to investigate the relationship between gadget use and character development in late childhood children based on various previous studies. This research uses a literature study method. After identifying ten articles that met the criteria, it was found that there was a relationship between the use of gadgets and the character development of late childhood children. Of the ten articles, four articles were identified that showed a relationship between the use of gadgets and the character development of late childhood children. It is hoped that pediatric nurses can explore more about parenting patterns when finding character development problems in late childhood children.

Keywords: Character Development, Gadget, Late Childhood

 

HUBUNGAN PENGGUNAAN GADGET DENGAN PERKEMBANGAN KARAKTER PADA ANAK

LATE CHILDHOOD: STUDI LITERATUR

 

ABSTRAK

Penggunaan gadget secara berlebihan pada anak dapat memengaruhi tahapan perkembangan, termasuk perkembangan karakternya. Padahal, pada masa anak, seperti tahap late childhood (usia 6-12 tahun) merupakan masa dimana anak seharusnya mampu mengembangkan karakter emosi positifnya dengan pengaruh lingkungan dan sosial yang adaptif serta suportif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mempelajari hubungan penggunaan gadget dengan perkembangan karakter pada anak late childhood berdasarkan berbagai riset sebelumnya. Penelitian ini menggunakkan metode studi literatur. Setelah mengidentifikasi sepuluh artikel yang sesuai dengan kriteria, ditemukan bahwa adanya hubungan pengunaan gadget dengan perkembangan karakter anak late childhood. Dari sepuluh artikel teridentifikasi empat artikel yang menunjukkan adanya hubungan penggunaan gadget dengan perkembangan karakter anak late childhood. Diharapkan perawat anak dapat mengeksplorasi lebih lanjut tentang pola asuh orang tua ketika menemukan masalah perkembangan karakter pada anak late childhood.

 

Kata Kunci: Gadget, Late Childhood, Perkembangan Karakter

 


Keywords


Gadget, Late Childhood, Perkembangan Karakter

Full Text:

PDF

References


Christiana hari, soetjiningsih. (2018). sesi psikologis perkembangan. perkembangan anak sejak pembuahan sampai kanak kanak. In suwito (Ed.), kencana (pertama, c). https://www.google.co.id/books/edition/Perkembangan_Anak_Sejak_Pembuahan_Sampai/y_q2DwAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=perkembangan anak&pg=PP1&printsec=frontcover&bsq=perkembangan anak

Calorina, L., Pawito, & Prasetya, H. (2020). The Effect of Gadget Use on Child Development: A Path Analisis Evidence from Melawi, West Kalimantan. Journal of Maternal and Child Health, 5(1), 110–119.

Chusna, P. A. (2017). Pengaruh Media Gadget Pada Perkembangan Karakter Anak. Dinamika Penelitian: Media Komunikasi Sosial Keagamaan, 17(2), 315–330. https://e-resources.perpusnas.go.id:2093/doi/abs/10.1142/S0192415X20500500

Dewi, E. R. (2020). Hubungan Media Sosial dalam Pembentukan Karakter Anak. Indonesian Journal of Learning Education and Counseling, 3(1), 41–49. https://doi.org/10.31960/ijolec.v3i1.586

Dwi Pratiwi, R., Handoyo, L., Novy Romlah, S., & Rohaeti, T. (2022). Psychosocial Development of Children Addicted Versus Not Addicted to Smartphones. KnE Life Sciences, 7(2), 354–361. https://doi.org/10.18502/kls.v7i2.1032

Frahasini, F., Astuti, T. M. P., & Atmaja, H. T. (2018). The impact of the use of gadgets in school of school age towards children’s social behavior in Semata Village. Journal of Educational Social Studies, 7(2), 161–168.

Halawa, A., & Palan, M. Y. K. I. (2016). Hubungan Penggunaan Media Elektronik (Gadget) Dengan Perkembangan Sosial Anak Usia Sekolah. Artikel Keperawatan, 5(2), 48–56. https://doi.org/10.47560/kep.v5i2.164

Ii, A. (2015). PENDAHULUAN Perkembangan Teknologi Informasi ( TI ) merupakan suatu hasil dari semakin berkembangnya pengetahuan manusia yang dapat memberikan perubahan pada pola kehidupan manusia . TI memberikan beberapa kemudahan yang dapat digunakan untuk menyelesaika. Hubungan Antara Penggunaan Gadget Dengan Kecerdasan (Intelektual, Emosional Spiritual Dan Sosial) Anak Usia Sekolah Di Sdk St. Theresia, 16.

Koesoema.A, D. (2007). pendidikan karakter (A. Nusantara (ed.)). PT. Grasindo. https://www.google.co.id/books/edition/Pendidikan_karakter/uOuNtchMbhwC?hl=id&gbpv=1&dq=perkembangan karakter anak&pg=PR4&printsec=frontcover&bsq=perkembangan karakter anak

Heni, H., & Mujahid, A. J. (2018). Pengaruh Penggunaan Smartphone terhadap Perkembangan Personal Sosial Anak Usia Pra-Sekolah. Artikel Keperawatan Silampari, 2(1), 330–342. https://doi.org/10.31539/jks.v2i1.341

Marpaung, J. (2018). Pengaruh Penggunaan Gadget Dalam Kehidupan. KOPASTA: Artikel Program Studi Bimbingan Konseling, 5(2), 55–64. https://doi.org/10.33373/kop.v5i2.1521

Mayenti, N. F., & Sunita, I. (2018). Dampak Penggunaan Gadget Terhadap Perkembangan Anak Usia Dini Di Paud Dan Tk Taruna Islam Pekanbaru. Photon: Artikel Sain Dan Kesehatan, 9(1), 208–213. https://doi.org/10.37859/jp.v9i1.1092

M, S. (2017). The Impact of using Gadgets on Children. Journal of Depression and Anxiety, 07(01), 1–3. https://doi.org/10.4172/2167-1044.1000296

Nurchayati, Z. (2016). Dampak Penggunaan Gadget Pada Anak Di Bawah Umur Terhadap Komunikasi Keluarga Dalam Pembentukan Karakter. SOSIAL: Artikel Penelitian Ilmu-Ilmu Sosial, 17(September).

Nasser, A., Sagr, A., Abdullah, N., & Sagr, A. (2020). The effect of electronics on the growth and development of young children : A Narrative Review. Journal of Health Informatics in Developing Countries, 14(1), 1–13.

Rahmalah, P. Z., Astuti, P., Pramessetyaningrum, L., & Susan, S. (2019). Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Pembentukan Karakter Anak Usia Dini. Prosiding Seminar Nasional Lppm Ump, 0(0), 302–310. https://semnaslppm.ump.ac.id/index.php/semnaslppm/article/view/52/52%0Ahttps://semnaslppm.ump.ac.id/index.php/semnaslppm/article/view/52

Subarkah, M. A. (2019). Pengaruh Gadget Terhadap Perkembangan Anak. Rausyan Fikr : Artikel Pemikiran Dan Pencerahan, 15(1), 125–139. https://doi.org/10.31000/rf.v15i1.1374

Sujianti, S. (2018). Hubungan Lama Dan Frekuensi Penggunaan Gadget Dengan Perkembangan Sosial Anak Pra Sekolah Di Tk Islam Al Irsyad 01 Cilacap. Artikel Kebidanan, 8(1), 54. https://doi.org/10.31983/jkb.v8i1.3735

Sulistya Oktaviania, Juhrotun Nisab, U. B. (2019). Hubungan Antara Penggunaan Gadget Dengan Perkembangan Balita. Indonesia Artikel Kebidanan, 03(02), 44–51. https://www.ejr.stikesmuhkudus.ac.id/index.php/ijb/article/view/738

Triastutik, Y. (2018). Hubungan Bermain Gadget Dengan Tingkat Perkembangan Anak Usia 4-6 Tahun. Ilmu Keperawatan Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan “Insan Cendekia Medika” Jombang, 1–105.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.