HUBUNGAN KOMUNIKASI TERAPEUTIK PERAWAT DENGAN KEPUASAN PASIEN DI RUANG RAWAT INAP

Hernida Dwi Lestari, Armi Armi, Rogayah Rogayah

Abstract


RELATIONSHIP OF NURSE THERAPEUTIC COMMUNICATION WITH PATIENT SATISFACTION IN THE INPATIENT ROOM

 

Hernida Dwi Lestari 1, Armi 1*, Rogayah2

1Program Studi Sarjana Keperawatan, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Dr Sismadi,

Tanjung Priok, Jakarta Utara, Indonesia

2Program Studi Sarjana Keperawatan dan Pendidikan Profesi Ners, Universitas Medika Suherman, Cikarang, Bekasi, Indonesia

 

*korespondensi author: ners.armi@gmail.com

 

ABSTRACT

Nurse who has communication skills in therapeutic would be easy connect kind of trust with a patient, easier prevent the problem of legal, able to provide satisfaction professional in the service of nursing, and able to improve the image of professional services nursing and hospitals. Customer satisfaction is one of the objectives of company now, because services activity can rely on the ability of human resources, so the service provided by an employee will affect customers in make the choice. The purpose of research to know relations communication therapeutic a nurse with satisfaction patients in-patient room hospital. The design of the research uses cross sectional, the sample collection technique with purposive sampling. The number of samples was 29 respondents. The result showed that communication therapeutic can increase the satisfaction of patients in inpatient rooms with p-value = 0.004.

 

Keywords:Patient Satisfaction Level, Therapeutic Communication

 

HUBUNGAN KOMUNIKASI TERAPEUTIK PERAWAT DENGAN KEPUASAN PASIEN DI RUANG RAWAT INAP

 

ABSTRAK

Perawat yang memiliki keterampilan komunikasi secara terapeutik akan mudah menjalin hubungan rasa percaya dengan pasien, lebih mudah mencegah munculnya masalah legal, mampu memberikan kepuasan profesional dalam pelayanan keperawatan, serta mampu meningkatkan citra profesi pelayanan keperawatan dan Rumah Sakit. Kepuasan pelanggan merupakan salah satu tujuan perusahaan saat ini, karena jasa merupakan kegiatan yang mengandalkan kemampuan sumber daya manusia, maka pelayanan yang diberikan oleh karyawan akan mempengaruhi pelanggan dalam menentukan pilihan. Tujuan penelitian untuk mengetahui hubungan komunikasi terapeutik perawat dengan kepuasan pasien diruang rawat inap Rumah Sakit. Desain penelitian menggunakan Cross Sectional, teknik pengambilan sampel dengan purposive sampling. Sampel sebanyak 29 responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komunikasi terapeutik dapat meningkatkan kepuasan pasien di ruang rawat inap dengan p-value = 0,004.

Kata Kunci: Komunikasi Terapeutik, Tingkat Kepuasan Pasien


Keywords


Komunikasi Terapeutik, Tingkat Kepuasan Pasien

Full Text:

PDF

References


Akhmawardani, Luvi.2013. Hubungan komunikasi Teraupetik perawat dengan tingkat kepuasan pasien di Ruang Rawat Inap RSI NU Demak.

Anton Sitio, 2008 Sarang Nyamuk Dan Kebiasaan Keluarga Dengan Kejadian Demam Berdarah Dengue Di Kecamatan Medan Perjuangan

Kota Medan Tahun 2008. Skripsi Universitas Diponegoro, Semarang.

Anggraini. 2012. Hubungan Kepuasan Pasiendengan Minat Pemanfaatan Ulang Pelayanan Kesehatan di Rumah Sakit Usada Sidoarjo

Asniati Mus. 2009. Gambaran Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Keperawatan Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Sinjai.UIN.

Bayangkara, Nyoto. 2013. Hubungan antara Komunikasi Terapeutik Perawat dengan Kepuasan Pasien Dinas POLRI.

Diana, Sr. & Asrin, OP. 2012. Hubungan Pengetahuan Komunikasi Terapautik terhadap Kemampuan Komunikasi Perawat dalam Melaksanakan Asuhan Keperawatan di Rumah Sakit Elisabeth Purwokerto.

Dwilaksono, Agung. 2006. Analisis Pengaruh Fasilitas, Kualitas Pelayanan Keperawatan Pelanggan terhadap Minat Mereferensikan.Jurnal bulletin penelitian sistem kesehatan Vol.9 No. 4.

Hajriani, 2013, Hubungan komunikasi perawat dengan tingkat kepuasan pasien yang dirawat di ruang perawatan bedah RSUD Haji Makasar.

Hanafi, Imam & Selvia David Richard. 2012. Ketrampilan Komunikasi Interpersonal Berpengaruh Peningkatan Kepuasan Pasien. Jurnal Stikes

Volume 5. No. 2, Desember 2012.In Http://Puslit2.Petra.Ac.Id/Ejournal/Index.Php Diakses tanggal 21 Juni 2013.

Haydar. 2011. Tingkat Kepuasan Pasien terhadap Pelayanan Kesehatan Gigi dan Mulut di RSUD Dr. Djasmen Saragih Pematang siantar.

Pratiwi, R.D., 2019. Hubungan Komunikasi Terapeutik Dan Caring Dengan Kepuasan Pasien Terhadap Perawat Ruang Rawat Inap Penyakit Dalam Rumah Sakit Umum Multazam Medika Bekasi Timur. Edu Dharma Journal: Jurnal penelitian dan pengabdian masyarakat, 2(2), pp.1-22.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.