GAMBARAN TINGKAT KEPATUHAN GURU, TENAGA KEPENDIDIKAN, DAN SISWA DALAM PENERAPAN PROTOKOL KESEHATAN SAAT PEMBELAJARAN TATAP MUKA TERBATAS BERHUBUNGAN DENGAN KASUS KEJADIAN COVID-19 DI SEKOLAH DASAR

Dewi Fitriani, Ni Bodro Ardi, Rika Pamungkas

Abstract


DESCRIPTION OF THE COMPLIANCE LEVEL OF TEACHERS, EDUCATIONAL PERSONNEL AND STUDENTS IN IMPLEMENTING HEALTH PROTOCOLS WHEN FACE-TO-FACE LEARNING IS LIMITED RELATED TO THE CASE OF COVID-19 EVENTS IN ELEMENTARY SCHOOL

 

Dewi Fitriani1*, Ni Bodro Ardi1, Rika Pamungkas2

1Program Studi Keperawatan, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Widya Dharma Husada Tangerang,

Tangerang Selatan, Banten, Indonesia

2Mahasiswa Keperawatan, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Widya Dharma Husada Tangerang,

Tangerang Selatan, Banten, Indonesia

 

*korespondensi author: dewifitriani@wdh.ac.id

 

ABSTRACT

On December 31, 2019, the WHO China Country Office reported a case of pneumonia of unknown etiology in Wuhan City, Hubei Province, China. Cases in Indonesia On October 12, 2021 Confirmed Positive for COVID-19 4,229,813. The high number of cases of COVID-19 transmission in school-aged children 6-18 years was 6.8% of cases making the government through a 4-Ministerial-Decree-issue-guidelines for the implementation of Learning in 2020/2021, namely educational units that open face-to-face learning must comply with and implement health protocols to prevent transmission of COVID-19. The purpose of this study was to describe the level of compliance of teachers, employe and students in the application of health protocols during the face-to-face learning process related to cases of Covid-19 events at SD Islam Al-Azhar 15 Pamulang.  The research method was analytical descriptive using a cross sectional approach, where the independent variable and the dependent variable are measured at the same time and in one measurement. The method used in the study used a survey. The number of samples was 106 respondents at SD Islam Al-Azhar 15 Pamulang in 2021. The results of this study show there was a significant relationship between compliance with health protocols using masks, washing hands, maintaining distance with the incidence of COVID-19 during limited face-to-face learning taking place at Al-Azhar Islamic Elementary School 15 Pamulang with – Value = 0.017 (< 0 0.05) so that it can be concluded that Ha is accepted, Suggestion: The results of this study should increase the knowledge of teachers, educators and students in implementing health protocols in schools during the COVID-19 pandemic.

 

Keywords: COVID-19 Cases, Health Protocol Compliance, Limited Face-to-Face Learning

 

GAMBARAN TINGKAT KEPATUHAN GURU, TENAGA KEPENDIDIKAN, DAN SISWA DALAM PENERAPAN PROTOKOL KESEHATAN SAAT PEMBELAJARAN TATAP MUKA TERBATAS BERHUBUNGAN DENGAN KASUS KEJADIAN COVID-19 DI SEKOLAH DASAR

 

ABSTRAK

Pada 31 Desember 2019 WHO China Country Office melaporkan kasus pneumonia yang tidak diketahui etiologinya di Kota Wuhan, Provinsi Hubei, Cina. Kasus di Indonesia pada tanggal 12 Oktober 2021 terkonfirmasi positif COVID-19 sebanyak 4.229.813. Tingginya kasus penularan COVID-19 pada anak usia sekolah 6-18 tahun sebanyak 6,8% kasus, membuat pemerintah melalui SKB 4 Menteri mengeluarkan panduan penyelenggaraan pembelajaran pada tahun 2020/2021 yaitu satuan pendidikan yang membuka pembelajaran tatap muka harus mematuhi dan menerapkan protokol kesehatan pencegahan penularan COVID-19. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran tingkat kepatuhan guru, tenaga kependidikan dan siswa dalam penerapan protokol kesehatan selama proses pembelajaran tatap muka berhubungan dengan kasus kejadian covid-19 di sd islam al-azhar 15 pamulang. Penelitian ini merupakan studi deskriptik analitik dengan menggunakan pendekatan cross sectional, dimana variabel idependen dan variabel dependen diukur pada waktu yang bersamaan serta dalam satu kali pengukuran. Metode yang digunakan dalam penelitian menggunakan survey. Jumlah sampel, 106 responden di SD Islam Al-Azhar 15 Pamulang tahun 2021. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya hubungan yang signifikan antara kepatuhan protokol kesehatan menggunakan masker, mencuci tangan, menjaga jarak dengan kejadian COVID-19 selama pembelajaran tatap muka terbatas berlangsung di SD Islam Al-Azhar 15 Pamulang dengan Nilai ρ – Value = 0,017 (< α 0,05) sehingga dapat di simpulkan Ha diterima, Hendaknya hasil penelitian ini bisa menambah pengetahuan Guru, Tenaga Pendidik dan siswa dalam penerapan protokol kesehatan di sekolah selama Pandemi COVID-19.

 

Kata Kunci: Kasus COVID-19, Kepatuhan Protokol Kesehatan, Pembelajaran Tatap Muka Terbatas


Keywords


Kasus COVID-19, Kepatuhan Protokol Kesehatan, Pembelajaran Tatap Muka Terbatas

Full Text:

PDF

References


Afrianti, dkk. (2020). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kepatuhan Masyarakat terhadap Protokol Kesehatan Covid-19. Jurnal Ilmiah Permas: Jurnal Ilmiah STIKES Kendal , 11 (1), 113-124. https://doi.org/https://doi.org/10.32583/pskm.v11i1.1045

Amila. (2021). PENILAIAN RISIKO KELUARGA TERKAIT COVID-19 MENGGUNAKAN APLIKASI ASSESMENT KELUARGA INARISK. Vol. 7, No. 1, http://jurnal.uimedan.ac.id/index.php/JURNALKEPERAWATAN

Annisa, Fauziah. (2021).Gambaran Tingkat Pengetahuan Guru, Siswa Dan Tenaga Kependidikan Tentang Penerapan Protokol Kesehatan Dalam Pembelajaran Tatap Muka Di Sekolah Dasar Koto Tangah. Tesis diploma, Universitas Andalas. http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/78181

Artama, dkk. (2021). Kepatuhan Remaja Dalam Penerapan Protokol Kesehatan Pencegahan COVID-19 di Lingkungan Sangingloe Kecamatan Tamlatea Kabupaten Jeneponto. https://stikesmu-sidrap.e-journal.id/JIKP

Bachtiar, YM. (2016). Pendidik dan Tenaga Kependidikan. Makassar. Jurnal Pubiklasi Pendidikan. http://ojs.unm.ac.id/index.php/pubpend

Dasbord WHO CoronaVirus. (2021). Gambaran Situasi Global. https://covid19.who.int

Devi, dkk. (2020). Hubungan Antara Pengetahuan Masyarakat Dengan Kepatuhan Penggunaan Masker Sebagai Upaya Pencegahan Penyakit Covid-19 Di Ngronggah

DINKES Bueleng. (2021). Penyebab, Gejala dan Pencegahan Virus Corona. https://dinkes.bulelengkab.go.id/informasi/detail/artikel/84-penyebab-gejala-dan-pencegahan-virus-corona

DINKES Bueleng. (2021). Penyebab, Gejala dan Pencegahan Virus Corona. https://dinkes.bulelengkab.go.id/informasi/detail/artikel/84-penyebab-gejala-dan-pencegahan-virus-corona

Hasan, Mochamad. (2014). Bahan Perkuliahan Perkuliahan Metodologi Metodologi Penelitian.Tangerang Selatan. STIKes Widya Dharma Husada.

Hutahean. (2021). Pencegahan Penyebaran Covid - 19 Pada Remaja Melalui Protokol Kesehatan https://journals.upi-yai.ac.id/index.php/IKRAITH-ABDIMAS/article/view/1531

Istiarini, dkk. (2020). Gambaran Kepatuhan Masyarakat Dalam Melaksanakan Protokol Kesehatan COVID-19. Yogyakarta https://jurnal.stikesbethesda.ac.id/index.php/jurnalkesehatan/article/view/229/167

Jangur, dkk. (2021). Tingkat Kepatuhan Protokol Kesehatan. Kupang. http://repository.poltekeskupang.ac.id

Juniatika, Rifa dkk. (2012). Kepatuhan Terhadap Peraturan Sekolah Pada Siswa di SMK XX PADANG. Jurnal. https://d1wqtxts1xzle7.cloudfront.net/

KEMENKES RI. (2020). INFEKSI EMERGING Apa Saja Gejala COVID-19. Jakarta.https://infeksiemerging.kemkes.go.id/uncategorized/apa-saja-gejala-covid-19

KEMENKES RI. (2020). Pedoman Pelayanan Kesehatan Anak Usia Sekolah Dan Remaja DI Masa Pandemi COVID-19. Jakarta. https://kesga.kemenkes.go.id.

KEMENKES RI. (2021). Paket Advokasi Vaksinasi Covid-19 Lindungi Diri, Lindungi Negeri. Jakarta. https://covid19.go.id/storage/app/media/Materi%20Edukasi/2021/Januari/paket-advokasi-vaksinasi-covid-19-16f08012021small.pdf

Kementrian Kesehatan RI. (2020). Pedoman Kesiapan Menghadapi Coronavirus disease (covid-19). Jakarta : Kementrian Kesehatan RI.

Kusumadewi, dkk. (2012). Hubungan antara Dukungan Sosial Peer Group dan Kontrol Diri dengan Kepatuhan terhadap Peraturan pada Remaja Putri di Pondok Pesantren Modern Islma Assalam Sukoharjo. Jurnal. Surakarta: Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret.

Mulyawan, dkk. (2021). GAMBARAN TINGKAT KEPATUHAN MASYARAKAT DALAM PENERAPAN PROTOKOL KESEHATAN POST VAKSINASI COVID-19 http://openjournal.wdh.ac.id/index.php/edudharma.

Niven, Neil. (2008). Psikologi Kesehatan : Pengantar Untuk Perawat Dan Profesional. Jakarta: EGC

Notoadmodjo, Soekidjo. (2018). Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: PT RINEKA CIPTA

Nururi, dkk. (2021). Perilaku Masyarakat dalam Pelaksanaan Protokol Kesehatan sebagai Upaya Pencegahan Covid-19 di Punggawan, Banjarsari Surakarta. http://journals.ums.ac.id/index.php/pharmacon.

Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran PAUDIKDASMEN Di Masa

Pandemi COVID-19 (2021). Jakarta : Kementrian Pendidikan, Kebudayaan.

PEMKOT Tangerang Selatan. 2021. Data Pantauan COVID-19 Kota Tangerang Selatan. http://lawancovid19.tangerangselatankota.go.id

Pratama, dkk (2021). Analisis Tingkat Pengetahuan dengan Kepatuhan dalam Menerapkan Protokol Kesehatan Covid-19 pada Siswa di SMP Negeri 4 Sukoharjo. Project Report. Politeknik Kesehatan Bhakti Mulia. http://repository.poltekkesbhaktimulia.ac.id/113/

Rahayu, dkk (2020). COVID-19: The Nightmare Or Raimbow. Jakarta. Penerbit Mata Aksara.

Riduwan (2015). Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Bandung: ALFABETA.

Riyadi, dkk (2020). Faktor Yang Berpengaruh Terhadap Kepatuhan Masyarakat Pada Protokol Kesehatan Dalam Mencegah Penyebaran COVID-19. Jakarta. Seminar Nasional Statistik Kedinasan Vol https://prosiding.stis.ac.id/index.php/semnasoffstat/index

Ruslin, dkk. (2020). Masa Pandemi Covid-19 Dan Adaptasi Kebiasaan Baru Dalam Bidang Kedokteran Gigi (1st ed.). Upt Unhas Press. https://books.google.co.id/books?id=SosTEAAAQBAJ&pg=PA4&dq=pa#v=onepage&q=pa&f=false

Sanderi, dkk (2013). Kepatuhan Siswa Terhadap Disiplin dan Upaya Guru BK dalam Meningkatkannya Melalui Layanan Informasi. Jurnal. Padang: Jurusan Bimbingan Konseling FIP UNP.

Sarwono, Sarlito, E. A. M (2011). Psikologi Sosial. Jakarta: Salemba Humanika.

SATGAS COVID-19 (2020). Tanya Jawab Pandemi. https://covid19.go.id

SATGAS COVID-19 (2021). Data Sebaran. https://covid19.go.id

Shihab, N. (2020). Covid-19: Kupasan Ringkas Yang Perlu Anda Ketahui (M. Nadhifah (Ed.); 1st ed.). Literati Imprint dari Penerbit Lentera Hati. http://repository.poltekkes-denpasar.ac.id/7423/9/Daftar%20Pustaka%20%282%29.pdf

Srikandi (2012). Pengertian Siswa. Di Unduh dari https://d1wqtxts1xzle7.cloudfront.net/

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alfabeta.

Tim Kerja Kementrian Dalam Negeri. (2020). Pedoman Umum Menghadapi Pandemi Covid-19 Bagi Pemerintah Daerah; Pencegahan, Pengendalian, Diagnosis dan Manajemen. Jakarta: Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia.

UPT-Mitigasi Bencana Universitas Syiah Kuala Hasil Survei II: RISIKO INDIVIDU TERHADAP VIRUS CORONA (COVID-19) DI PROVINSI ACEH. 2020 http://tdmrc.unsyiah.ac.id/

Wahyuni, dkk. (2020). Kampus Merdeka: Transformasi Media Pengajaran Kampus Merdeka Di Era Kenormalan Baru (5th ed.). Syiah Kuala University Press https://books.google.co.id/books?id=0wcUEAAAQBAJ&pg=PA117&dq#v=onepage&q&f=false


Refbacks

  • There are currently no refbacks.