RELATIONSHIP OF ONLINE LEARNING WITH MOTHER'S STRESS LEVEL IN ACCOMPANYING CHILDREN TO STUDY FROM HOME DURING THE COVID-19 PANDEMIC

VERI VERI, HOLIDAH HOLIDAH, SAFITRI RAHAYU

Abstract


 

ABSTRACT

Covid-19 has had an impact on various sectors, including the education sector. In an effort to prevent the spread and minimize the possibility of contracting Covid-19, the government through the Ministry of Education and Culture has implemented an online learning policy. Theoretically, online learning provides easy access to information in the educational process, but in practice there are various obstacles faced by mothers as children's companions at home, this results in high levels of stress on mothers. The purpose of this study was to determine the relationship between online learning and the mother's stress level in accompanying children to study from home during the Covid-19 pandemic at Public Elementary School Puspiptek South Tangerang. This research method uses a quantitative design with a cross sectional. The research population was 119 respondents with total sample of 74 respondents who were obtained by method probability sampling, namely technique proportionate stratified random sampling. Data were analyzed using chi square. The results obtained from 74 respondents, 59 respondents (79.7%) conducted online learning regularly and 15 respondents (20.3%) conducted online learning irregularly. From 74 respondents, 35 respondents (47.3%) experienced severe stress, 30 respondents (40.5%) experienced moderate stress and 9 respondents (12.2%) experienced mild stress. The results of statistical test obtained a value (p-value = 0,00, α  = 0,05), it can be concluded that there is a relationship between online learning and the stress level of mothers in accompanying children to study from home during the Covid-19 pandemic at Public Elementary School Puspiptek South Tangerang. Suggestions after the research is expected that the results of this study can be used as information in providing nursing care to clients related to therapy to reduce stress levels.

                                                                                                     

Keywords: Covid-19 Pandemic, Online Learning, Stress Level

 

HUBUNGAN PEMBELAJARAN DARING DENGAN TINGKAT  STRES IBU DALAM MENDAMPINGI ANAK BELAJAR DARI RUMAH SELAMA PANDEMI COVID-19

 


ABSTRAK

Covid-19 memberikan dampak pada berbagai sektor, tidak terkecuali sektor pendidikan. Dalam upaya mencegah penyebaran dan meminimalkan kemungkinan tertularnya Covid-19, pemerintah melalui Kemendikbud menerapkan kebijakan pembelajaran daring.  Secara teoritis, pembelajaran daring memberikan kemudahan akses informasi dalam proses pendidikan, namun pada praktiknya dijumpai berbagai kendala yang dihadapi ibu  sebagai pendamping anak dirumah, hal ini mengakibatkan tingginya tingkat stres pada ibu. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan pembelajaran daring dengan tingkat stres ibu dalam mendampingi anak belajar dari rumah selama pandemi Covid-19 di SDN Puspiptek Tangerang Selatan. Metode penelitian ini menggunakan desain kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. Populasi penelitian berjumlah 119 responden dengan jumlah sampel sebanyak 74 responden yang didapatkan dengan metode probability sampling yaitu teknik proportionate stratified random sampling. Data dianalisis menggunakan uji chi square. Hasil penelitian diperoleh dari 74 responden sebanyak 59 responden (79,7%) melakukan pembelajaran daring secara teratur dan sebanyak 15 responden (20,3%) melakukan pembelajaran daring secara tidak teratur. Dari 74 responden, sebanyak 35 responden (47,3%) mengalami stres berat, 30 responden (40,5%) mengalami stres sedang dan 9 responden (12,2%) mengalami stres ringan. Hasil uji statistik didapatkan nilai (p-value = 0,00, α  = 0,05) maka dapat disimpulkan bahwa ada hubungan pembelajaran daring dengan tingkat stres ibu dalam mendampingi anak belajar dari rumah selama pandemi Covid-19 di SDN Puspiptek Tangerang Selatan. Saran setelah dilakukan penelitian diharapkan hasil penelitian ini dapat dijadikan informasi dalam memberikan asuhan keperawatan kepada klien terkait terapi untuk mengurangi tingkat stres.

                                                                                           

Kata kunci : Pandemi Covid-19, Pembelajaran Daring, Tingkat Stres


Keywords


Covid-19 Pandemic; Online Learning; Stress Level

Full Text:

PDF

References


Adrian, F. A., Putri, V. S., & Suri, M. 2021. Hubungan Belajar Online di Masa Pandemi Covid 19 dengan Tingkat Stress Mahasiswa S1 Keperawatan STIKes Baiturrahim Jambi. Jurnal Akademika Baiturrahim Jambi, 10(1).

Ambarwati, P. D., Pinilih, S. S., & Astuti, R. T. 2017. Gambaran Tingkat Stres Mahasiswa. Jurnal Keperawatan Jiwa (JKJ): Persatuan Perawat Nasional Indonesia, 5(1).

Anastasia, T. 2020. Cara Orang Tua Tahan Emosi saat Dampingi Anak Sekolah Online. https://www.klikdokter.com/info- sehat/read/3644254/cara-orang- tua-tahan-emosi-saat-dampingi- anak-sekolah-online diakses pada 28 Februari 2022 pukul 19.35 WIB.

Andriati, R., Rahayu, S., Romlah, S. N., Listiana, I., Holidah, H., Pratiwi, R. D., ... & Silvani, Y. T. (2021). VAKSINASI COVID-19 KEPADA SELURUH CIVITAS AKADEMIKA UNIVERSITAS PAMULANG DAN STIKES WIDYA DHARMA HUSADA TANGERANG. JAM: JURNAL ABDI MASYARAKAT, 2(1), 112-115.

Atmadja, T. 2017. Konsep Sister Calista Roy. http://docplayer.Ifo/46224580- konsep-sister-calista-roy.html diakses pada 6 Agustus 2022 pukul 14.36 WIB.

Bujuri, D. A. 2018. Analisis Perkembangan Kognitif Anak Usia Dasar dan Implikasinya dalam Kegiatan Belajar Mengajar. Literasi:JurnalIlmu Pendidikan), 9(1).

Dewi, W. A. F. 2020. Dampak Covid-19 terhadapImplementasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1).

Fajri, S. I. R., & Eryani, R. D. 2021. Hubungan Hardiness dengan Stres pada Ibu dalam Mendampingi Anak MI Al-Islam Belajar di Rumah. Prosiding Psikologi, 7(1).

Fitriah, N. L. 2021. Hubungan Stress dengan Meningkatnya Perilaku Agresif Ibu Rumah Tangga yang Memiliki Anak yang Melaksanakan Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi Covid 19. Surabaya: Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya.

Haerudin, H., Cahyani, A., Sitihanifah, N., Setiani, R. N., Nurhayati, S., Oktaviana, V., & Sitorus, Y. I. 2020. Peran Orangtua dalam Membimbing Anak selama Pembelajaran di Rumah Sebagai Upaya Memutus Covid-19. Karawang: Universitas Singaperbangsa Karawang.

Indarwati, I. 2018. Gambaran Stres MahasiswaTingkat Akhir dalam Penyusunan Skripsi di Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan UIN Alauddin Makassar. Makassar: Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar.

JDIH BPK RI. 2017. Undang-Undang (UU) Nomor 16 Tahun 2019 Perubahan atas Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1974 tentang Perkawinan. https://peraturan.bpk.go.id/Home/ Details/122740/uu-no-16-tahun- 2019 diakses pada 6 Juli 2022 pukul 23.04 WIB.

¬

KBBI¬. 2022. Kamus Besar Bahasa Indonesia(KBBI) Kamus Versi Online/Daring (Dalam Jaringan). https://kbbi.web.id/ibu diakses pada 28 Februari 2022 pukul 19.44 WIB.

Kemendikbud. 2020. SE Mendikbud: Pembelajaran secara Daring dan Bekerja dari Rumah untuk Mencegah Penyebaran Covid-19. https://www.kemdikbud.go.id/mai n/blog/2020/03/se-mendikbud-pembelajaran-secara-daring-dan- bekerja-dari-rumah-untuk- mencegah-penyebaran-covid19 diakses pada 8 Maret 2022 pukul 11.15 WIB.

_____.2022. Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional. https://pmpk.kemdikbud.go.id/assets/docs/UU_2003_No_20_- _Sistem_Pendidikan_Nasional.pdf diakses pada 6 Juli 2022 pukul 21.30 WIB.

Kompas. 2020. Anak yang Dianiaya Ibunya karena Tak Ikut Belajar Daring Selalu Jadi Juara Kelas. https://regional.kompas.com/read/ 2020/09/20/19484771/anak-yang-dianiaya-ibunya-karena-tak-ikut- belajar-daring-selalu-jadi-juara diakses pada 28 Februari 2022 pukul 18.17 WIB.

_____. 2020. Fakta Baru, Ibu Bunuh Anak karena Susah Diajari Belajar Online. https://regional.kompas.com/read/ 2020/09/14/19524061/fakta-baru-ibu-bunuh-anak-karena-susah- diajari-belajar-online?page=all diakses pada 28 Februari 2022 pukul 18.29 WIB.

_____. 2020. Kasus Orangtua Aniaya Anak Saat Belajar Online Kembali Terekspos. https://megapolitan.kompas.com/r ead/2020/12/04/15364621/kasus-orangtua-aniaya-anak-saat- belajar-online-kembali- terekspos?page=all diakses pada 28 Februari 2022 pukul 18.35 WIB.

Lestari, P. A. S., & Gunawan, G. 2020. The Impact of Covid-19 Pandemic on Learning Implementation of Primary and Secondary School Levels. Indonesian Journal of Elementary and Childhood Education, 1(2).

Mahmudah, H., & Rusmawati, D. 2018. Hubungan antara Kelekatan Anak-Orang Tua dengan Stres Akademik pada Siswa SD N Srondol Wetan 02 Semarang dengan Sistem Pembelajaran Full Day School. Jurnal Empati, 7(4).

Mansyur, A. R. 2020. Dampak Covid-19 terhadap Dinamika Pembelajaran di Indonesia. Education and Learning Journal, 1(2).

Nurhasanah. 2020. Perubahan Pola Pendidikandi Masa Covid 19. https://edarxiv.org/5evt8/ diakses pada 28 Februari 2022 pukul 20.00 WIB.

Nurmina, N., Netrawati, N., & Rinaldi, R. 2020. Pelatihan Manajemen Stres dan Relaksasi Bagi Ibu Rumah Tangga Terdampak Covid 19 di Kelurahan Pasie Nan Tigo Kota Padang. PLAKAT (Pelayanan Kepada Masyarakat), 2(2).

Perwitasari, D. T., Nurbeti, N., & Armyanti I. 2016. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Tingkatan Stres pada Tenaga Kesehatan di Rumah Sakit Universitas Tanjungpura Pontianak Tahun 2015. Jurnal Mahasiswa PSPD FK Universitas Tanjungpura, 2(3).

Prasetyo, B. A. 2018. Bagaimana Stres Picu Gangguan Kesehatan?. https://www.klikdokter.com/info-sehat/read/3618476/bagaimana- stres-picu-gangguan-kesehatan diakses pada 6 Agustus 2022 pukul 17.38 WIB.

Pratiwi, R. D. (2018). HUBUNGAN DUKUNGAN ORANG TUA DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA SLTP NEGERI 6 YOGYAKARTA. Edu Dharma Journal: Jurnal penelitian dan pengabdian masyarakat, 2(1), 30-45.

Priyoto. 2014. Konsep Manajemen Stres. Yogyakarta: Nuha Medika.

Putra, R. S., & Irwansyah. 2020. Media Komunikasi Digital, Efektif Namun Tidak Efisien, Studi Media Richness Theory dalam Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis Teknologi di Masa Pandemi. Global Komunika: Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, 1(2).

Rakhmah, D. N. 2020. Survei: Beban Pendampingan Belajar Anakselama Pandemi Lebih Banyak ke IbuKetimbang Ayah. https://theconversation.com/surve i-beban-pendampingan-belajar- anak-selama-pandemi-lebih- banyak-ke-ibu-ketimbang-ayah-143538 diakses pada 28 Februari 2022 pukul 11.25 WIB.

WHO. 2020. Mental Health and Psychosocial Considerations during the Covid-19 Outbreak. https://www.who.int/docs/default- source/coronaviruse/mental-health-considerations.pdf diakses pada 16 Februari 2022 pukul 12.43 WIB.

_____. 2020. WHO Coronavirus (Covid- 19) Dashboard. https://covid19.who.int/ diakses pada 8 Maret 2022 pukul 11.00 WIB.

Zu, Z. Y., Jiang, M. D., Xu, P. P., Chen, W., Ni, Q. Q., Lu, G. M., & Zhang, L. J. 2020. Coronavirus Disease 2019 (Covid-19): A Perspective from China. Radiology, 296(2).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.