EVALUASI FISIKA DAN KADAR KATEKIN, EPIKATEKIN, DAN EPIGALOKATEKIN GALAT PADA MINUMAN TEH KEMASAN DENGAN HIGH PERFORMANCE THIN LAYER CHROMATOGRAPHY

Nanang Yunarto, Ikah Kurnia, Nur Hasanah, Uud Norma Reswandaru

Abstract


Minuman teh kemasan merupakan salah satu jenis minuman yang banyak dikonsumsi masyarakat Indonesia karena praktis digunakan, mempunyai banyak manfaat, dan memiliki kandungan polifenol tinggi. Senyawa polifenol yang banyak ditemukan pada teh adalah katekin, epikatekin dan epigalokatekin galat. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi parameter fisika dan menganalisis kandungan senyawa kimia pada minuman teh kemasan. Sampel produk berupa lima jenis minuman teh kemasan produksi Indonesia dengan kode A-E. Evaluasi parameter fisika meliputi organoleptis, bobot jenis, viskositas, dan pH. Analisis kandungan senyawa kimia dilakukan menggunakan high performance thin layer chromatography dengan mengukur kadar katekin, epikatekin, dan epigalokatekin galat. Hasil dari penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa seluruh sampel produk minuman teh kemasan memenuhi persyaratan parameter fisika baik organoleptis, bobot jenis, pH dan viskositas. Kandungan senyawa katekin dan epigalokatekin tertinggi pada sampel E, sedangkan kandungan senyawa epikatekin tertinggi pada sampel A.

Keywords


Katekin, Epikatekin; Epigalokatekin galat; Teh, Evaluasi fisik

Full Text:

PDF

References


Agustina, L., Sheila, V., & Yuliati, N. (2022). Formulasi dan Uji Mutu Fisik Sediaan Face Scrub Kulit Ari Kedelai (Glycine max). Jurnal Pharma Bhakta, 2(1), 10-17.

Bartosikova, L., dan J. Necas. 2018. Epigallocatechin Gallate: A Review. Veterinarni Medicina. 63(10): 443–467. https://doi.org/doi:10.17221/31/2018-VETMED.

Batubara, S. C., & Pratiwi, N. A. (2018). Pengembangan minuman berbasis teh dan rempah sebagai minuman fungsional. Jurnal Industri Kreatif dan Kewirausahaan, 1(2), 109-123.

BPOM. (2023). Pedoman Implementasi Regulasi Pangan Olahan Berasam Rendah Dikemas Hermetis. Deputi Bidang Pengawasan Pangan Olahan, BPOM, Jakarta.

Destyawati, A. (2015) Penentuan Kadar Sakarin Pada Minuman Teh Kemasan, Acta Universitatis Agriculturae et Silviculturae Mendelianae Brunensis, 53(9). 1689–1699.

Fadhilah, Z. H., Perdana, F., & Syamsudin, R. A. M. R. (2021). Telaah kandungan senyawa katekin dan Epigalokatekin Galat (EGCG) sebagai antioksidan pada berbagai jenis teh. Jurnal Pharmascience, 8(1), 31-44.

Farhamzah, F., Adha, W. N. A., & Yuniarsih, N. (2022). Formulasi dan Evaluasi Stabilitas Fisik Sediaan Body Butter Ekstrak Kacip Fatimah (Labisia pumila) sebagai Antioksidan. In Prosiding Seminar Nasional Diseminasi Hasil Penelitian Program Studi S1 Farmasi, 2(1), 123–128.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.