GAMBARAN TINGKAT KEPUASAN PELANGGAN DI APOTEK ROXY SAWANGAN PADA MASA PANDEMI COVID-19

Melizsa - Melizsa, Fadly Putrajaya, Al Kautsar

Abstract


ABSTRAK

 

Melihat kondisi pandemi yang ada saat ini, dimana setiap kegiatan dibatasi oleh protokol kesehatan dan batasan-batasan lainnya sehingga peneliti ingin mengetahui “Bagaimana gambaran tingkat kepuasan pelanggan di Apotek Roxy Sawangan pada masa pandemi Covid-19 ?”. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kepuasan pelanggan di Apotek Roxy Sawangan pada masa pandemi Covid-19. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pelanggan yang membeli di Apotek Roxy Sawangan yang telah memenuhi kriteria. Kemudian Sampel dalam penelitian ini adalah jumlah dari perkiraan populasi yang dihitung menggunakan Rumus Slovin, pengambilan sampel dalam penelitian ini didasarkan pada kriteria inklusi dan eksklusi. Teknik sampling dalam penelitian ini adalah menggunakan teknik non propability sampling, yaitu dengan menggunakan metode purposive sampling. Data yang digunakan dalam penelitian ini merupakan data primer. Data primer pada penelitian ini merupakan persepsi dari pelanggan Apotek Roxy Sawangan menggunakan kuesioner. Kuesioner yang digunakan untuk mengukur variabel pada penelitian ini menggunakan skala likert 5 poin. Dari hasil yang penelitian yang telah dilakukan dengan menyebarkan kuesioner terhadap pelanggan yang datang ke Apotek Roxy sawangan, maka disimpulkan bahwa tingkat kepuasan pelanggan di Apotek Roxy Sawangan pada masa pandemi covid-19 ini adalah puas dengan nilai persentase 79,82% dimana nilai tertinggi terdapat pada kategori Tangible 82,69% atau Sangat puas dan nilai terkecil terdapat pada kategori Emphaty 76,33% atau puas.

 


Keywords


Kepuasan pelanggan, Pandemi covid-19, apotek

References


Ade wirastuti, yusri a. noe, Rahmawati. 2021. “PENGARUH KUALITAS KEFARMASIAN TERHADAP PELAYANAN DI APOTEK RSIA ANANDA TRIFA KOTA PAREPARE.”

Akhmad, Atika Dalili, Dirga, Sudewi Mukaromah K, Nur Adliani, and Sukrasno. 2019. “Tingkat Kepuasan Konsumen Apotek Terhadap Pelayanan Kefarmasian Di Apotek Kecamatan Sukarame.” Jurnal Farmasi Malahayati 2(kepuasan konsumen).

Almuyassar, Muhammad Hilmy, Satria Putra Fidi, and Robby Akbar. 2020. “Peranan Prinsip Kepuasan Pelanggan Guna Meningkatkan Jumlah Penjualan Pada Ecommerce.” 2(1).

Astutik desti lia Dan, safitry elly. 2020. “TINGKAT KEPUASAN PASIEN ASURANSI PLN ADMEDIKA TERHADAP PELAYANAN KEFARMASIAN DI APOTEK KIMIA FARMA 202 KEJAYAAN.”

Depy oktapian akbar, gusti dewi handayani, dan aristha novyra putri. 2020. “GAMBARAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN BPJS RAWAT JALAN TERHADAP PELAYANAN KEFARMASIAN DI INSTALASI FARMASI RSD IDAMAN BANJARBARU TAHUN 2019.”

Diah, Irnawati Nur. 2019. “Analisa Kepuasan Pelanggan Terhadap Kelayanan Kefarmasian Di Apotek Rawat Jalan Rsupn Dr Cipto Mangunkusumo Kencana Jakarta.” 4(2).

Enggar Anitawati , Achmad Fudholi, Sumarni. 2012. “ANALISIS KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN TERHADAP KUALITAS PELAYANAN FARMASI DI APOTEK X (STUDI PADA BULAN NOVEMBER 2011).” Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952. 2 No. 2.

Fristiohady, fitrawan, pemudi, ihsan, ruslin, bafadal, nurwati, Ruslan. 2020. “Analisis Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Jalan Di Puskesmas Puuwatu Kota Kendari Menggunakan Metode Servqual.”

Gunawan, Ketut, and S. Pantja Djati. 2011. “Kualitas Layanan Dan Loyalitas Pasien (Studi Pada Rumah Sakit Umum Swasta Di Kota Singaraja–Bali).” Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan 13(1). doi: 10.9744/jmk.13.1.32-39.

Supranto. 2011. PENGUKURAN TINGKAT KEPUASAN PELANGGAN. JAKARTA: RINEKA CIPTA.

Kemenkes. 2020. PETUNJUK TEKNIS PELAYANAN PUSKESMAS PADA MASA PANDEMI COVID-19.

Khoirunnisaa. 2014. “Kualitas Layanan Terpadu (Total Quality Service) Pada Perguruan Tinggi.” An Nuha 1(1).

Kotler, Philip. n.d. MANAJEMEN PEMASARAN. jilid 1. erlangga.

Novikasari, Ifada. 2016. “Uji Validitas Instrumen.” Institut Agama Islam Negeri Purwokerto.

Permenkes. 2016. “PERATURAN MENTERI KESEHATAN REPUBLIK INDONESIA NOMOR 73 TAHUN 2016 TENTANG STANDAR PELAYANAN KEFARMASIAN DI APOTEK DENGAN RAHMAT TUHAN YANG MAHA ESA MENTERI KESEHATAN REPUBLIK INDONESIA.” 147.

Rahmawati, Diana. 2013. “ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUASAN MAHASISWA.”

Ridha, Nikmatur. 2017. “Proses Penelitian, Masalah, Variabel, Dan Paradigma Penelitian.” Jurnal Hikmah 14(1).

Stevani, Hendra, Ayu Nabila Putri, and Syarifuddin Side. 2018. “Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Kefarmasian Di Puskesmas Doi-Doi Kecamatan Pujananting Kabupaten Barru.” Media Farmasi 14(1). doi: 10.32382/mf.v14i1.70.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta.

SUKAMTO, HERLINDA. 2017. “EVALUASI KEPUASAN PASIEN TERHADAP PELAYANAN KEFARMASIAN DI APOTEK RAWAT JALAN RSUP DR. WAHIDIN SUDIROHUSODO KOTA MAKASSAR.” 87(1,2).

Sukur, moch halim, Bayu Kurniadi, Haris, and Ray N Faradillahisari. 2020. “Penanganan Pelayanan Kesehatan Di Masa Pandemi Covid-19 Dalam Perspektif Hukum Kesehatan.” Journal Inicio Legis 1(1).

Swarjana, I. Ketut. 2012. METODELOGI PENELITIAN KESEHATAN. edited by I. Nastiti. andi offset.

Tri Setianingrum, Sudarso, Wahyu Utaminingrum. 2011. “TINGKAT KEPUASAN KONSUMEN APOTEK DI KABUPATEN BANJARNEGARA.” 08(03).

Yulianti, Fadma. 2013. “PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN NASABAH TABUNGAN PADA BANK PANIN TBK KCP A. YANI BANJARMASIN.”

Yuniar, Yuyun, and Rini Sasanti Handayani. 2016. “Kepuasan Pasien Peserta Program Jaminan Kesehatan Nasional Terhadap Pelayanan Kefarmasian Di Apotek The Satisfaction of National Health Insurance P Rogram ’ s Patients On Pharmaceutical Services in Pharmacy.” Jurnal Kefarmasian Indonesia 6(1).




DOI: http://dx.doi.org/10.52031/phrase.v1i1.150

Refbacks

  • There are currently no refbacks.