GAMBARAN PENGETAHUAN DAN SIKAP MASYARAKAT TERHADAP PENGGUNAAN OBAT TANPA RESEP DOKTER DI DESA MUNCANG KABUPATEN LEBAK PERIODE JUNI 2021

Anis Dwi Kristiyowati

Abstract


ABSTRAK

 

Penggunaan obat tanpa resep dalam upaya swamedikasi telah dilakukan secara luas oleh seluruh kalangan masyarakat dengan tujuan mengobati berbagai kondisi penyakit yang ringan. Akan tetapi swamedikasi dapat berdampak buruk apabila masyarakat mengonsumsi obat-obatan bebas dengan dosis yang tidak tepat dapat mendatangkan resiko kesehatan serius. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran pengetahuan dan sikap masyarakat terhadap penggunaan obat tanpa resep dokter di desa Muncang kabupaten Lebak periode Juni 2021. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif dengan menyebarkan kuesioner menggunakan tekhnik simple random sampling. Penelitian ini menggunakan jenis deskriptif observasi (Non eksperimental) dengan menggunakan pendekatan cross sectional. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini yaitu 3236 orang dan sampel sebanyak 107 responden yang dihitung dengan  menggunakan rumus Slovin.  Pengetahuan diukur berdasarkan kategori menurut Arikunto yaitu: 76%-100% “Baik”, 56%-75% “Cukup baik”, 40%-55% “Kurang baik” dan <40% “Tidak baik”. Sedangkan sikap diukur berdasarkan kategori  Budiman dan Riyanto yaitu: >50% “Positif”, ≤50% “Negatif”. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pengetahuan masyarakat terbanyak yaitu 71 responden memiliki pengetahuan “baik” dengan persentase 66%. Sikap masyarakat terbanyak yaitu 105 responden memiliki sikap “Positif” dengan persentase 98%. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa pengetahuan masyarakat desa Muncang kabupaten Lebak berada pada kategori baik sedangkan sikap  masyarakat desa Muncang kabupaten Lebak yaitu positif.

 


Keywords


pengetahuan; sikap; obat tanpa resep

References


A Wawan, M Dewi. 2018. Teori Dan Pengukuran Pengetahuan, Sikap, Dan Perilaku Manusia. Yogyakarta: Nuha Medika.

Abdullah, D , Anissa, M, Dewi, NP,. 2019. Gambaran Tingkat Pengetahuan Masyarakat Tentang Obat Generik di Kecamatan Sepuluh Koto, Nagari Singgalang, Kabupaten Tanah Datar. Health and Medical Journal. vol. 1 no. 2

Asmoro, Kurnia Pungky. 2014. Hubungan Tingkat Pengetahuan Dengan Pemilihan Obat Pada Swamedikasi Batuk Di Masyarakat Kabupaten Sukoharjo Jawa Tengah. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Aurelia. 2013. Harapan dan Kepercayaan Konsumen Apotek Terhadap Peran Apoteker Yang Berada di Wilayah Surabaya Barat, Jurnal Caliptra, Vol.2. No.1.

Brahmana, E.V.A. 2018. Gambaran Pengetahuan Dan Sikap Masyarakat Terhadap Penggunaan Obat Tanpa Resep Dokter Di Dusun V Desa Simalingkar A Kecamatan Pancur Batu Kabupaten Deli Serdang. Politeknik Kesehatan Kemenkes Medan.

Dini, CP., dan Lestari, P. 2015. Literasi Informasi Tentang Kemasan Produk Obat Bebas. Jurnal Komunikasi ASPIKOM, Volume 2 Nomor 5. h. 357-373

Djas, A,. 2015. Penentuan Dosis dan Penakaran Obat Serta Kaedah Penulisan Resep. USU Press Art Design Publishing & Printing, Medan, pp. 1-4. 18-26. 27-32.

Hermawati, Dian. 2012. Pengaruh Edukasi Terhadap Tingkat Pengetahuan dan Rasionalitas Penggunaan Obat Swamedikasi Pengunjung di Dua Apotek Kecamatan Cimanggis Depok. Skripsi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Program Farmasi UI. Hal 54-65.

Notoatmodjo, Soekidjo. 2014. Ilmu Perilaku Kesehatan, Jakarta : Rineka Cipta.

Pangastuti, Rinda .M. 2014. Hubungan Pengetahuan dan Sikap Mengenai Obat Tradisional dan Obat Modern Dengan Tindakan Pemilihan Obat Untuk Pengobatan Mandiri di Kalangan Masyarakat Desa Bantir, Kecamatan Candiroto, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah. Skripsi, Fakultas Farmasi, Universitas Sanata Dharma Yogyakarta.

Rikatetri, Meilina. 2019. Gambaran Pengetahuan, Sikap Tentang Obat Modern Dan Intensi Pemilihannya Untuk Pengobatan Mandiri Pada Masyarakat Dusun Kenaran, Desa Sumberharjo, Prambanan, Sleman, Yogyakarta. Universitas Sanata Dharma.

Rikomah, S.E. 2016. Farmasi Klinik. Edisi 1, Yogyakarta: Deepublish. Hal 16, 168.

Sketcher-Baker. K. 2017. Guide to Informed Decision-making in Health Care. 2nd Ed., Queensland Health, pp. 9, 67.

Suarni E, dkk. 2013. Hubungan Pengetahuan dan Sikap terhadap Perilaku Konsumsi Obat Tanpa Resep Dokter di Apotek Kecamatan Ilir Barat I Kota Palembang Tahun 2013. Syifa’MEDIKA, Vol. 4 (No.2)

Utaminingrum, W., Lestari, J. E., dan Kusuma, A. M. 2015. Pengaruh Faktor- Faktor Sosiodemografi terhadap Rasionalitas Penggunaan Obat dalam Pengobatan Sendiri pada Pasien Program Pengelolaan Penyakit Kronis (Prolanis). Farmasains, 2(6): 285-288.

Widayati, A. 2012. Health Seeking Behavior di Kalangan Masyarakat Urban di Kota Yogyakarta. Jurnal Farmasi Sains dan Komunitas, 9(2): 59-65.




DOI: http://dx.doi.org/10.52031/phrase.v2i1.230

Refbacks

  • There are currently no refbacks.