GAMBARAN KUALITAS PELAYANAN KEFARMASIAN DI APOTEK GELORA MEDIKA

Kurnia Kusumawati, Marcel Haggai, Sumartini Sumartini

Abstract


Pelayanan kefarmasian dimaksudkan untuk meningkatkan mutu hidup dari pasien. Salah satu cara mengetahui kualitas pelayanan kefarmasian di apotek adalah dengan melakukan survey kepuasan terhadap pelanggan. Kualitas pelayanan berdasar pada lima dimensi kualitas pelayanan yaitu tangibles, reliability, responsiveness, empathy dan assurance. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran kualitas pelayanan kefarmasian di Apotek Gelora Medika. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif dengan rancangan cross sectional. Pengambilan sampel dilakukan secara purposive Sampling dengan jumlah sampel sebanyak 101 responden, pria atau wanita, berusia 18 sampai 60 tahun dan membeli obat di apotek gelora medika pada bulan April dan mei 2022. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner yang telah dilakukan uji validitas dan reabilitas lalu dianalisa menggunakan statistik. Hasil penelitian menunjukkan konsumen yang merasa puas sebanyak 79%; merasa sangat puas 13%; dan merasa cukup puas 8%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa kualitas pelayanan kefarmasian di Apotek Gelora Medika berjalan baik. 

Keywords


Mutu hidup; Kualitas Pelayanan; Penelitian deskritif kuantitatif; Kepuasan Pelanggan

Full Text:

PDF

References


Admin Portal Berita Tanah Bumbu. Temukan Pelanggaran, Dinkes Tanbu Cabut Izin Apotek. 2017. Available from: https://mc.tanahbumbukab.go.id/temukan-pelanggaran-dinkes-tanbu-cabut-izin-apotek/ [Last accessed: 2/9/2023].

Bertawati. Profil Pelayanan Kefarmasian Dan Kepuasan Konsumen Apotek Di Kecamatan Adiwerna Kota Tegal. Calyptra: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya 2013;2(2).

Ismaniar H. Administrasi Kesehatan Masyarakat: Bagi Perekam Medis Dan Informatika Kesehatan. Deepublish: Yogyakarta; 2015.

Jayanti ND. Kualitas Pelayanan (Realiability, Responsiveness, Assurance, Empathy, Tangibles) Di Legend Premium Coffe Yogyakarta. Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta: Yogyakarta; 2016.

Kotler Philip and Gary Amstrong. Prinsip-Prinsip Pemasaran. Erlangga: Jakarta; 2016.

Novita KI, Putri S and Nurcaya N. Pengaruh Dimensi Kualitas Pelayanan Jasa Terhadap Kepuasan Pelanggan D&I Skin Centre Denpasar. 2013.

Ombudsman RI Perwakilan Aceh. Sidak Apotek RSUDZA, Ombudsman Temukan Loket Kosong -. 2021. Available from: https://ombudsman.go.id/perwakilan/news/r/pwkmedia--sidak-apotek-rsudza-ombudsman-temukan-loket-kosong [Last accessed: 2/9/2023].

Rikomah SE. Farmasi Klinik. Deepublish: Yogyakarta; 2016.

Suharto A. Analisis Dimensi Kualitas Pelayanan Terhadap Keppuasan Pelanggan Pada Laboratorium Parahita Diagnostic Center Cabang Jember. Jurnal Ekonomi Akuntasi Dan Manajemen 2014;13(2):32–38.

Sukamto H. Evaluasi Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Kefarmasian Di Apotek Rawat Jalan Rsup Dr. Wahidin Sudirohusodo Kota Makassar. UIN Alaudin: Makasar; 2017.

Undang Undang RI. UU NOMOR 25 TAHUN 2000 TENTANG PROGRAM PEMBANGUNAN NASIONAL (PROPENAS) TAHUN 2000-2004. Jakarta; 2000.

Widiawati T. Gambaran Tingkat Kepuasan Pasien Tentang Kualitas Pelayanan Di Apotek Tegongan Balapulang Wetan. 2021.

Wijoyo Y. Buku Ajar Pelayanan Kefarmasian Di Komunitas. 1st ed. (Sudibyo G. ed). PT. Kanisius: Yogyakarta; 2017.




DOI: http://dx.doi.org/10.52031/phrase.v3i1.503

Refbacks

  • There are currently no refbacks.