TINGKAT KEPUASAN PASIEN TERHADAP PELAYANAN INSTALASI FARMASI DI RSIA SETYA BHAKTI KOTA DEPOK JAWA BARAT

Yulianti Yulianti, Nurwulan Adi Ismaya

Abstract


Pelayanan rumah sakit dan kepuasan pasien merupakan dua hal yang tidak dapat dipisahkan, karena dengan adanya kepuasan maka pihak terkait dapat saling      mengkoreksi sampai dimana pelayanan yang diberikan apakah bertambah baik atau buruk. Hal tersebut sangat dipengaruhi oleh setiap petugas dalam memberikan pelayanan, dengan kata lain pelayanan yang dapat memuaskan adalah pelayanan yang dilakukan berdasarkan ketentuan yang berlaku dan dapat memahami apa yang diminta masyarakat. Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk menilai tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan instalasi farmasi di rumah sakit ibu dan anak (RSIA) Setya Bhakti Kota Depok Jawa Barat. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif yaitu penelitian yang menggambarkan tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan kefarmasian yang di diteliti dengan menggunakan kuesioner dan dianalisis menggunakan SPSS 20. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh pasien rawat jalan yang mengambil obat di Instalasi farmasi RSIA Setya Bhakti Kota Depok Jawa Barat. Sampel penelitian yang diambil secara quota sampling yaitu sebanyak       87 orang.

Hasil penelitian tentang tingkat kepuasan pasien di Instalasi Farmasi RSIA Setya Bhakti Kota Depok Jawa Barat menunjukkan bahwa kategori tingkat kepuasan terbesar yaitu pada dimensi ketanggapan sebanyak 63,22%, dimensi kehandalan 56,32%, dimensi jaminan 55,17%, dimensi bukti langsung 48,28%, dan terakhir yaitu dimensi empati sebanyak 45,98%.

Keywords


Kepuasan,pelayanan instalasi farmasi,rumah sakit

References


Ahmadiansah, R. (2019). Model Dakwah dalam Pelayanan Pasien. IJIP : Indonesian Journal of Islamic Psychology, 1(2), 215–242. https://doi.org/10.18326/ijip.v1i2.215-242

Amalia, R. nur, Dianingati, R. setia, & Annisaa, E. (2022). Pengaruh jumlah responden terhadap hasil uji validitas dan reliabilitas kuesioner pengetahuan dan perilaku swamedikasi. Generics : Journal of Research in Pharmacy, 1, 10.

Andika, 2018. (2018). Hubungan Kecepatan Respon Pelayanan, Kinerja Tenaga Kesehatan Dan Kondisi Lingkungan Dengan Kepuasan Pasien Rawat Jalan Puskesmas I Sokaraja. Hubungan Keepatan Respon Pelayanan, Kinerja Tenaga Kesehatan Dan Kondisi Lingkungan Dengan Kepuasan Pasien Rawat Jalan Puskesmas I Sokaraja , Andik Primayoga, Fakultas Ilmu Kesehatan UMP, 2018, 10–26.

Depkes RI. (2009). UU no. 44 Tahun 2009 Tentang RS. Undang-Undang Republik Indonesia,1,41. https://peraturan.go.id/common/dokumen/ln/2009/uu0442009.pdf

Emilia, S. (2016). Gambaran Tingkat Kepuasan Pasien di UPT Puskesmas sindangjawa Kabupaten Cirebon. Patient Satisfaction. Puskesmas, SERVQUAL, 39 (year 1985-2015).

Haryani, W., & Setiyobroto, I. S. I. (2022). Modul Etika Penelitian. http://eprints.poltekkesjogja.ac.id/9247/1/MODUL ETIKA PENELITIAN ISBN.pdf

Ilmu, J., Masyarakat, K., Keolahragaan, F. I., & Semarang, U. N. (2016). Analisis pelayanan terhadap kepuasan pasien rawat inap di rumah sakit umum daerah banyumas.

INDONESIA, S. (2017). Stie Indonesia. Bab III Metoda Penelitian, 1–9.

Iv, B. A. B., & Penelitian, M. (2008). Gambar 4.1. Diagram Alir Penelitian 54. 54– 59.

Lely, M., & Suryati, T. (2018). Persepsi Pasien Rawat Jalan Terhadap Kualitas Pelayanan Di Rumah Sakit. Buletin Penelitian Kesehatan, 46(4), 239–246. https://doi.org/10.22435/bpk.v46i4.33

Pangerapan D, P. O. (2018). Hubungan Antara Mutu Pelayanan Dengan Kepuasan Pasien Di Poliklinik Penyakit Dalam Rumah Sakit Umum GMIM Pancaran Kasih Manado. JKK (Jurnal Kedokteran Klinik), 2(1), 9–18.

Pangestu, S. (2017). Metode Penelitian. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.




DOI: http://dx.doi.org/10.52031/phrase.v3i2.607

Refbacks

  • There are currently no refbacks.