GAMBARAN FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KEPATUHAN MINUM OBAT PADA PASIEN HIPERTENSI DALAM MENJALANKAN PENGOBATAN DI KLINIK DR NORMALA HASAN

Ayu Werawati, Sayyidah Sayyidah, Mochammad Hasan, Bheta Sari Dewi, Fitriya Yuni Aryanti

Abstract


Hipertensi adalah hal penting yang biasa ditemui dalam masalah kesehatan masyarakat secara global. Diperkirakan bahwa hipertensi mempengaruhi sekitar 1 miliar orang di seluruh dunia, dan merupakan faktor risiko utama bagi penyakit kardiovaskular lainnya. Kepatuhan minum obat pada pasien hipertensi merupakan faktor penting dalam mengelola hipertensi secara efektif dan mencegah komplikasi terkait. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang berhubungan dengan kepatuhan minum obat pada pasien hipertensi dalam menjalankan pengobatan di Klinik Dr Normala Hasan. Populasi dalam penelitian ini semua penderita hipertensi yang telah melakukan pengobatan pada bulan Mei 2020 berjumlah 50 orang. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif analitik kualitatif dan teknik sampling dengan cara accidental sampling, besar sampel menggunakan rumus Slovin didapatkan sebanyak 44 responden. Alat pengumpul data menggunakan kuesioner serta Analisis data menggunakan analisis univariat. Dari hasil penelitian diperoleh gambaran faktor-faktor yang berhubungan dengan kepatuhan minum obat pada pasien hipertensi dalam menjalankan pengobatan di klinik dr. Normala Hasan periode Mei 2020 adalah  29 responden (65,9%) dengan jenis kelamin Perempuan, karakteristik pendidikan terakhir responden yaitu 33 responden (75,0%) masuk kedalam kategori tinggi, karakteristik pekerjaan yaitu 37 responden (84,1%) tergolong dalam kategori bekerja, karakteristik lama menderita hipertensi yaitu 29 responden (65,9%) menderita hipertensi kurang dari 5 tahun, karakteristik keikutsertaan asuransi kesehatan yaitu 32 resonden (72,7%) menyatakan ikut serta/memiliki asuransi kesehatan, karakteristik pengetahuan tentang hipertensi yaitu 25 responden (56,8%) memiliki pengetahuan rendah tentang hipertensi, karakteristik dukungan keluarga yaitu 34 responden (77,7%) memiliki dukungan keluarga yang tinggi.

Keywords


Kepatuhan minum obat; Hipertensi; Klinik dr. Normala Hasan

References


Anthony D. Heymann MB BS; Revital Gross PhD; Hava Tabenkin MD; Boaz Porter MD;Avi Porath MD, 2011. Factors associated with Hypertensive Patients’ compliance with recommended lifestyle Behaviors.

Bachtiar, I., Pratama, A., Fathnin, H., Budiono, I., 2019. Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Hipertensi Di Wilayah Kerja Puskesmas Kedungmundu. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana UNNES.

Boima, V., Ademola, A.D., Odusola, A.O.,Agyekum, F., Nwafor, C.E., Cole, H.,

Werawati et al_Gambaran Faktor Yang Berhubungan Dengan Kepatuhan

Salako, B.L., Ogedegbe, G., Tayo, B.O., 2015. Int J Hypertens 2015. Dhar, L., Dantas, J., Ali, M., 2017. Open Journal of Epidemiology.Scientific Research Publishing 07, 211–250.

Eldawati, E., Mohd Said, F., Syazana Umar, N., 2022. Knowledge E Life

Sciences. The International Virtual Conference on Nursing.

Faduyile, F., Soyemi, S., Sanni, D., Wright, K., 2019. Nigerian Medical Journal 60, 13.

Falah, M., 2019. Hubungan Jenis Kelamin Dengan Angka Kejadian Hipertensi Pada Masyarakat Di Kelurahan Tamansari Kota Tasikmalaya.

Irawan, D., Siwi, A.S., Susanto, A., 2020. Analisis Faktor-Faktor Yang

Memengaruhi Kejadian Hipertensi, Jurnal of Bionursing.

Krousel-Wood, M., Thomas, S., Muntner, P., Morisky, D., 2004. Medication adherence: a key factor in achieving blood pressure control and good clinical outcomes in hypertensive patients, Curr

Opin Cardiol. Rahmawati, R., Bajorek, B., 2018. Chronic

Illn 14, 212–227.

Setiadi, A.P., Widiyastuti, S., Mariati, I.D., Sunderland, B., Wibowo, Y.I., 2022. Pharmacia 69, 143–149.

Song, J.J., Ma, Z., Wang, J., Chen, L.X., Zhong, J.C., 2020. Gender Differences in Hypertension. J Cardiovasc Transl Res.

Sundari, L., Bangsawan, M., Jurusan Keperawatan Tanjungkarang, A.,

Jurusan Keperawatan Poltekkes Tanjungkarang, D., 2015. Penelitian

Faktor-faktor Yang Berhubungan Dengan Kejadian Hipertensi, Jurnal

Keperawatan.

Turana, Y., Tengkawan, J., Soenarta, A.A., 2020. Asian management of hypertension: Current status, home blood pressure, and specific concerns in Indonesia. J Clin Hypertens.

Werawati, A., Senja Maelaningsih, F., Dwi Kristiyowati, A., Annisa Kusmiyati STIKes Widya Dharma Husada Tangerang, E., Selatan, T., 2023. Literature Review Analisis Hubungan Kepatuhan Penggunaan

Obat Antiasma Dengan Kualitas Hidup Pasien Asma, PHRASE Pharmaceutical Science Journal




DOI: http://dx.doi.org/10.52031/phrase.v3i2.612

Refbacks

  • There are currently no refbacks.