EVALUASI TINGKAT KEPUASAN PASIEN BPJS RAWAT JALAN TERHADAP PELAYANAN DI INSTALASI FARMASI RSUD dr. SOEKARDJO TAHUN 2023

Dadi Abdilah, Kamiel Roesman Bachtiar, Eddy Suhardiana

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis kepuasan pasien BPJS rawat jalan terhadap pelayanan di instalasi farmasi RSUD dr. Soekardjo periode tahun 2023. Dalam penelitian ini metode yang dilakukan adalah penelitian non-eksperimental bersifat deskriptif dengan menggunakan kuesioner dengan jumlah sampel sebanyak 150 responden. Kuesioner bersumber dari keputusan “Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor: KEP/25/M.PAN/2/2004”. Hasil penelitian mempunyai nilai IKM 72,40, mutu pelayanan “B”, kinerja unit pelayanan “Baik” atau “Puas”. Kesimpulannya kepuasan pasien BPJS ada penurunan dibandingkan dengan penelitian sebelumnya oleh internal farmasi rawat jalan, tetapi terdapat unsur yang nilainya paling rendah yaitu unsur tentang Kejelasan dan Kepastian Petugas Pelayanan dan kecepatan  pelayanan resep.



DOI: http://dx.doi.org/10.52031/phrase.v4i1.662

Refbacks

  • There are currently no refbacks.