STATUS GIZI TERHADAP USIA MENARCHE PADA SELURUH SISWI DI SMP NEGERI 5 PASAR KEMIS KABUPATEN TANGERANG

Bambang Mardisentosa, septi nurhasanah, Ayu Pratiwi, Dewi Nur Puspita Sari, Imas Sartika

Abstract


ASBTRACT

The first menstrual period that usually occurs in the age range of 10-16 years in the middle of puberty before entering the reproductive period. The purpose of the study was to find out the effect of age on nutritional status on all students at SMPN 5 Pasar Kemis, Tangerang Regency. The research method in this study uses Pre-Experimental Desaign (aondesigns) and is carried out in One-Shot Case Study. The population is all student in SMP Negri 5 Pasar Kemis Tangerang Regency as many as 502 respondents. The sampling technique in this study using Slovin formula the instrument used was an observation sheet. The analysis technique above uses Univariate and Bivariate analysis. The results of the study have a significant effect between nutritional status and age of menarche, because of significance value (0,000 < 0,05). So in this case it can be concluded that nutrritional status has a positive effect on the age of menarche in students at SMPN 5 Pasar Kemis, Tangerang Regency. Conclusions and suggestions of the results of the study there is an influence between nutritional status and age of manarche. And advise students to eat healthy foods, not to eat instant food too often.


ABSTRAK

Menarche merupakan menstruasi pertama yang biasa terjadi dalam rentang usia 10-16 tahun atau pada masa awal remaja di tengah masa pubertas sebelum memasuki masa reproduksi.Tujuan penelitian Untuk mengetahui adanya pengaruh status gizi terhadap usia menerche pada seluruh siswi  di SMP N 5 Pasar Kemis Kabupaten Tangerang. Metode penelitian dalam penelitian ini menggunakan Pre-Experimental Desaign (nondesigns) dan dilakukan secara One-Shot Case Study. populasi adalah seluruh siswi di SMP Negri 5 Pasar Kemis Kabupaten Tangerang sebanyak 502 responden. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini dengan menggunakan rumus slovin. Instrumen yang digunakan berupa lembar observasi. Teknik analisa diatas menggunakan analisa Univariat dan Bivariat. Hasil penelitian ada pengaruh secara signifikan antara status gizi dengan usia menarche, karena nilai signifikansi (0,000<0,05), Jadi dalam kasus ini dapat disimpulkan bahwa status gizi berpengaruh positif terhadap usia menarche pada siswi di SMPN 5 Pasar Kemis Kabupaten Tangerang. Kesimpulan dan saran hasil penelitian ada pengaruh antara status gizi dengan usia menarche. Dan menyarankan siswi untuk makan-makanan yang sehat jangan terlalu sering makan-makanan instan.


Keywords


Status Gizi, Usia Menarche, Remaja

Full Text:

PDF

References


Purba Devi RR. 2015. Resiliensi Narapidana Dewasa di Lembaga Pemasyarakatan Klas IIA Sragen.

Anik Malikahah. 2013. Hubungan Status Gizi Dengan Usia Menarche pada Remaja Putri di SMP Negri 01 Pringapus Kabupaten Semarang.

Fahmi Fuadah. 2016. Hubungan Status Gizi dengan Usia Menarche Dini pada Remaja Putri di SMP Umi Kulsum Banjaran Kab. Bandung Provinsi Jawa Barat

Hemi Fitriani, Riryn Yulia Rohman. 2016. Pengaruh Konseling Terhadap Kecemasan Remaja Putri yang Mengalami Menarche.

Icemi Sukarni K, Wahyu P. 2013. Buku ajaran keperawatan maternitas, Yogyakarta : Nuha Medika

Dewa Nyoman Suparasia, Bachyar Bakri, dan Ibnu Fajar. 2012. Penilian status gizi. editor, Monica. Jakarta: EGC

Lenny Irawati. 2013. Hubungan Pengetahuan Tentang Menarche dengan Tingkat Kecemasan pada Remaja Putri di SMPN Tambun Selatan Tahun 2013.

Lestari,T. 2015. Kumpulan Teori Untuk Kajian Pustaka Penelitian Kesehatan. Yogyakarta: Nuha Medika

Ning Setiowati. 2015. Hubungan Dukungan Ibu dengan Kesiapan Menghadapi Menarche pada Siswi Kelas V dan VI MI Muhammadiyah Bonjor Tretep Temanggung.

Notoatmodjo, Soekidjo. 2012. Metodologi Penelitian Kesehatan.Jakarta : Rineka Cipta

Syamsu Yusuf . 2016.Psikologis perkembangan anak dan remaja. Bandung : PT REMAJA ROSDAKAYA

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta

Rahmat Nurul Putra Yuda, Ermawati, Arni Amir. 2014. Hubungan Indek Massa Tubuh (IMT) dengan Usia Menarche pada Siswi SMP 1 Padang.

Rika Herawati. 2013. Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Usia Menarche pada Remaja Putri di SMP 8 Tambunsai Utara tahun 2013.

Sarah Stevany Munda, Freddy W Waege, Jhon Watania,2012. Hubungan Antara IMT dengan Usia Menarche pada Siswi SD dan SMP di Kota Manado.

Septiana Wulandai. 2013. Satus Gizi, Aktivitas Fisik dan Usia Menarche Remaja Putri.

Sumy Dwi Antono. 2014. Hubungan Antara Status Gizi (IMT) dengan Usia Menarche pada Remaja Putri Usia 13-14 Tahun di SMP 1 Pace Kecamatan Pace Kabupaten Nganjuk.

Syilvia V, Fitria Saftarina. 2012. Hubungan Status Gizi dengan Usia Menarche Pada Remaja Putri di SMP Negri 22 Bandar Lampung.




DOI: http://dx.doi.org/10.52031/edj.v4i2.65

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Bambang Mardisentosa, Septi Nurhasanah, Ayu Pratiwi, Dewi Nur Puspita Sari, Imas Sartika

License URL: http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/

Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Widya Dharma Husada Tangerang
Pajajaran Street Number 1 Pamulang,
South Tangerang City, Banten Province, Indonesia, 15417
Telephone: 021-74716128 / Handphone : 089529263441


Lisensi Creative Commons

Edu Dharma Journal: Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat by the Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Widya Dharma Husada Tangerang is distributed under the Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0).
Based on the work at http://openjournal.wdh.ac.id/.