PENGARUH PARENTING EDUCATION TERHADAP SELF EFFICACY ORANG TUA DALAM PENGASUHAN ANAK TUNAGRAHITA DI SLB SHANTI KOSALA MASTRIP, KABUPATEN NGANJUK

Rahayu Budi Utami, Riris Andriati, Lulu’il Laila Nuzulia

Abstract


ABSTRACT

Introduction: The cause of ineffective parenting for mentally retarded children is the lack of information about parents' self-efficacy in caring for mentally retarded children. They tend to feel unsure of their abilities, so they seem unable to carry out parenting tasks in accordance with their knowledge. The purpose of this paper is to determine the effect of providing parenting education on parents' self-efficacy in caring for mentally retarded children at SLB Shanti Kosala Mastrip, Nganjuk Regency. Methods: Pre-Experiment research design with One group pre-posttest design approach, carried out on May 17-25, 2023. The population of one parent of a child with intellectual disabilities in SLB Shanti Kosala Mastrip, Nganjuk Regency was 25 respondents. Sampling using total sampling. A sample of 25 respondents. The independent variable is parenting education, the dependent variable is parental self-efficacy. Data collection using questionnaires. Statistikal analysis using Wilcoxon signed rank test with significant level α = 0.05. Results: The results showed that parents' self-efficacy in caring for children with intellectual disabilities in SLB shanti Kosala Mastrip, Nganjuk regency most of the 19 respondents (73.1%) had sufficient self-efficacy before being given parenting education, almost all of them namely 21 respondents (80.8%) had good self-efficacy after being given parenting education. The results of the statistikal test obtained p value 0.000 ≤ α (0.05) so that Ha was accepted, there was an influence of parenting education on parental self-efficacy in caring for children with intellectual disabilities at SLB Shanti Kosala Mastrip, Nganjuk Regency. Conclusions: Providing parenting education can increase knowledge and skills about parental self-efficacy so that there is an increase in good self-efficacy in caring for mentally retarded children.

 

ABSTRAK

Pendahuluan: Penyebab pola asuh yang tidak efektif bagi anak keterbelakangan mental adalah kurangnya informasi tentang self efficacy orang tua dalam merawat anak keterbelakangan mental. Mereka cenderung merasa tidak yakin dengan kemampuannya, sehingga terkesan tidak mampu menjalankan tugas pengasuhan sesuai dengan ilmunya. Tujuan penulisan ini adalah untuk mengetahui pengaruh pemberian edukasi parenting terhadap tentang self efficacy orang tua dalam merawat anak keterbelakangan mental di SLB Shanti Kosala Mastrip Kabupaten Nganjuk. Metode: Desain penelitian Pre-Eksperimen dengan pendekatan desain pre-posttest One group, dilaksanakan pada tanggal 17-25 Mei 2023. Populasi salah satu orang tua dari anak penyandang disabilitas intelektual di SLB Shanti Kosala Mastrip, Kabupaten Nganjuk sebanyak 25 responden. Pengambilan sampel menggunakan total sampling. Sampel 25 responden. Variabel independen adalah pendidikan parenting, variabel dependen adalah self efficacy orang tua. Pengumpulan data menggunakan kuesioner. Analisis statistikal menggunakan Wilcoxon signed rank test dengan taraf signifikan α = 0,05. Hasil: Hasil penelitian menunjukkan bahwa self efficacy orang tua dalam mengasuh anak penyandang disabilitas intelektual di SLB shanti Kosala Mastrip, Kabupaten Nganjuk sebagian besar dari 19 responden (73,1%) memiliki efikasi diri yang cukup sebelum diberikan pendidikan parenting, hampir semuanya yaitu 21 responden (80,8%) memiliki self efficacy yang baik setelah diberikan parenting education. Hasil uji statistik diperoleh p value 0,000 ≤ α (0,05) sehingga Ha diterima, terdapat pengaruh pendidikan parenting terhadap self efficacy orang tua dalam mengasuh anak penyandang disabilitas intelektual di SLB Shanti Kosala Mastrip Kabupaten Nganjuk. Kesimpulan : Memberikan pendidikan parenting dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan tentang efikasi diri orang tua sehingga terjadi peningkatan efikasi diri yang baik dalam merawat anak keterbelakangan mental.


Keywords


Edukasi Parenting; Self Efficacy; Keterbelakangan Mental

Full Text:

PDF

References


Ahriana, A., Yani, A., & Maruf, M. (2016). Studi analisis hubungan antara self efficacy dengan hasil belajar fisika siswa kelas XI MIA SMA Negeri 1 Takalar. Jurnal Pendidikan Fisika, 4(2), 223–238.

Aprilia, A. (2021). Pengaruh Tingkat Pendidikan Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Siswa MTs N 4 Lombok Timur. At-Tarbawi: Jurnal Kajian Kependidikan Islam, 6(2), 109–122.

Astutik, P., & Syamsidi, A. N. (2023). PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN REMAJA PUTRI DALAM MENGHADAPI MENARCHE PADA SISWI KELAS IV-VI DI SDN NGANGKATAN KECAMATAN REJOSO KABUPATEN NGANJUK. Jurnal Sabhanga, 5(1).

Bandura, A., Freeman, W. H., & Lightsey, R. (1997). Self-efficacy: The exercise of control. Springer.

Brooks, J. (2008). The Process of parenting 7th ed New York. New York: Mc Graw Hill.

Coleman, P. K., & Karraker, K. H. (2000). Parenting self‐efficacy among mothers of school‐age children: Conceptualization, measurement, and correlates. Family Relations, 49(1), 13–24.

Davis-Kean, P. E., Tighe, L. A., & Waters, N. E. (2021). The role of parent educational attainment in parenting and children’s development. Current Directions in Psychological Science, 30(2), 186–192.

Erlina, M. (2021). Parenting Self-Efficacy Pada Ibu Tunggal Dari Anak Dengan Retardasi Mental Di Jakarta Barat Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Psikologi Pendidikan Dan Pengembangan Sdm, 10(2), 30–41.

Hasanah, R. N., & Yulianingsih, W. (2020). Hubungan antara kegiatan parenting education dan kemampuan sosialisasi anak usia dini di PAUD Mutiara Hati Keputih Surabaya. Jurnal Mahasiswa Pendidikan Luar Sekolah, 9(2), 115–119.

Idris, Z. (1995). Pendidikan dan Keluarga. Jakarta: PT. Raja Grafindo.

Jones, T. L., & Prinz, R. J. (2005). Potential roles of parental self-efficacy in parent and child adjustment: A review. Clinical Psychology Review, 25(3), 341–363.

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. (2018). Hasil utama riset kesehata dasar (RISKESDAS). Journal of Physics A: Mathematical and Theoretical, 44(8), 1–200.

Kharmina, N. (2011). Hubungan Antara Tingkat Pendidikan Orang Tua dengan Orientasi Pola Asuh Anak Usia Dini [Universitas Negeri Semarang]. https://lib.unnes.ac.id/6585/1/7836.pdf

Lambrechts, G., Van Leeuwen, K., Boonen, H., Maes, B., & Noens, I. (2011). Parenting behaviour among parents of children with autism spectrum disorder. Research in Autism Spectrum Disorders, 5(3), 1143–1152.

Lestari, N. G. A. M. Y. (2019). Program parenting untuk menumbuhkan kesadaran pentingnya keterlibatan orang tua di PAUD. Pratama Widya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 8–17.

Mansur. (2011). Pendidikan Anak Usia Dini Dalam Islam. Yogyakarta : Pustaka Belajar.

Mardhotillah, A., & Desiningrum, D. R. (2020). Hubungan antara parenting self-efficacy dengan persepsi terhadap kompetensi sosial anak tunarungu. Jurnal Empati, 7(1), 227–237.

Nair, R., Chen, M., Dutt, A. S., Hagopian, L., Singh, A., & Du, M. (2022). Significant regional inequalities in the prevalence of intellectual disability and trends from 1990 to 2019: a systematic analysis of GBD 2019. Epidemiology and Psychiatric Sciences, 31, e91.

Notoatmodjo, S. (2011). Kesehatan Masyarakat: Ilmu dan Seni. Jakarta: Rineka Cipta.

Rahmawati, R. A., & Ratnaningsih, I. Z. (2020). Hubungan antara parenting self-efficacy dan konflik pekerjaan-keluarga pada ibu bekerja yang memiliki anak usia sekolah dasar di pt.“x” cirebon. Jurnal Empati, 7(2), 582–590.

Tumbol, F. A., & Kho, R. (2022). Pengaruh Parenting Self-Efficacy, Keterlibatan Orang Tua dalam Pembelajaran Online dan Tiingkat Pendidikan Orang Tua terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan, 23(2), 118–130.

Yuliana, M. S., & Hartati, E. (2017). Hubungan Antara Dukungan Sosial Keluarga dan Self Efficacy dengan Stres Pengasuhan pada Ibu yang Memiliki Anak Retardasi Mental di SLB Negeri Semarang. Faculty of Medicine.




DOI: http://dx.doi.org/10.52031/edj.v8i1.761

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Rahayu Budi Utami, Riris Andriati, Lulu’il Laila Nuzulia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Widya Dharma Husada Tangerang
Pajajaran Street Number 1 Pamulang,
South Tangerang City, Banten Province, Indonesia, 15417
Telephone: 021-74716128 / Handphone : 089529263441


Lisensi Creative Commons

Edu Dharma Journal: Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat by the Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Widya Dharma Husada Tangerang is distributed under the Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0).
Based on the work at http://openjournal.wdh.ac.id/.