PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN METODE SNOWBALL THROWING TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN PENCEGAHAN ISPA PADA ANAK USIA SEKOLAH DI SDN CIBINONG 01 GUNUNG SINDUR

Susi Dewiasih Kusumawati, Ratumas Ratih Puspita, Gita Ayuningtyas, Roska Leonita

Abstract


Latar belakang: ISPA merupakan penyakit infeksi yang menyerang lebih dari satu bahkan lebih pada bagian sistem saluran pernapasan, termasuk sinus, rongga telinga tengah, dan pleura, mulai dari hidung hingga alveolus, biasanya klien yang mengalami penyakit tersebut mengalami sakit selama 14 hari dan sering dijumpai pada anak-anak. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh pendidikan kesehatan metode snowball throwing terhadap tingkat pencegahan pengetahuan ISPA pada anak usia sekolah di SDN Cibinong 01 Gunung Sindur. Metode penelitian merupakan penelitian kuantitatif yang merupakan data primer (kuesioner) dengan metode pre-eksperimen dengan rancangan one group pretest-postest design, pada desain ini terdapat pretest sebelum diberi perlakuan dan post-test sesudah diberi perlakuan, lokasi penelitian dilakukan di SDN Cibinong 01 Gunung Sindur, populasi dalam penelitian ini dengan jumlah populasi 120 siswa/i, Sempel pada penelitian ini 92 Responden. Teknik yang digunakan non-probability sampling yakni rancangan purposive sampling. Analisa data menggunakan uji Wilcoxon. Berdasarkan analisa data uji Wilcoxon dengan derajat kemaknaan P<0,05(5%). Hasil uji statistik di dapatkan hasil nilai (p-value=0,000). Kesimpulan penelitian ini berdasarkan hasil uji statistik didapatkan adanya pengaruh pendidikan kesehatan metode snowball throwing terhadap tingkat pencegahan pengetahuan ISPA pada anak usia sekolah di SDN Cibinong 01 Gunung Sindur. Saran bagi pelayanan kesehatan di harapkan untuk bisa lebih mengembangkan metode yang nanti akan digunakan agar bisa lebih menarik bahkan bisa digunakan di platform manapun dan hasil penelitian ini diharapkan dapat dijadikan sebagai bahan kajian perkembangan ilmu pengetahuan untuk menambah informasi dan data tambahan serta menjadi dasar dalam pengembangan penelitian selanjutnya mengenai edukasi ISPA.


Keywords


Pendidikan Kesehatan; Pengetahuan; ISPA; Snowball Throwing

Full Text:

PDF

References


Abdul, Majid. 2017. Perencanaan Pembelajaran: Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. Bandung; Remaja Rosdakarya.

Jhon M. Echol dan Hasan Sadhily, Kamus Inggris Indonesia (Jakarta: Gramedia)

Amelia, S. 2024. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Keluarga Dalam Pencegahan ISPA Pada Anak. Globalhealth.

Arta Januardana, dkk, 2022. Pengaruh Metode Snowball Throwing. Yogyakarta; Insan Madani.

Astin. 2023. Analisis Faktor yang Mempengaruhi Pengetahuan anak tentang Pencegahan ISPA di Puskesmas Bandarharjo Semarang. Prosiding Seminar Nasional UNIMUS. Vol. 6, 18 Oktober 2023.

Azmi masykur ulul, e. (2022). Pengaruh Media Video Animasi melalui Whatsapp Group Pengetahuan terhadap tentang Penatalaksanaan Ispa oleh Ibu di Wilayah Kerja Puskesmas Muara Bangkahulu Kota Bengkulu.

Azri. (2020). Hubungan jenis kelamin dan usia anak dengan kejadian ISPA. UPT Publikasi Ilmiah universitas Islam bandung vol. 3 no. 1.

Bella, S. (2023). Gambaran Ingkat Pengetahuan dan Sikap Ibu Terhadap ISPA Pada Balita di Puskesmas Tanah Jawa Kabupaten Simalungun. Jurnal Repositori Institusi USU.

Darsono, P. V. (2018). Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Kejadian ISPA Pada Balita di Puskesmas Binuang. Jurnal Kebidanan dan Keperawatan.

Devitha, R. (2024). The Influence of ARI (Acute Respiratory Infection) Poster Educational Media on. Jurnal Mandala Masyarakat.

Dito, M. (2020, 07 09). Rumah Sehat: Kriteria Sesuai Standar Kemenkes & WHO. Diambil kembali dari komunitasikatabis.com: Rumah Sehat: Kriteria Sesuai Standar Kemenkes & WHO • Sikatabis.com

Fakarina, F. (2023). Faktor Risiko Kejadian ISPA pada Balita di Indonesia: Studi Literatur. Graha Medika Public Health Journal

Geograf. (2024, 04 19). Pengertian Ispa Menurut Depkes 2018. Retrieved from geograf.id: Pengertian Ispa Menurut Depkes 2018: Definisi dan Penjelasan Lengkap Menurut Ahli (geograf.id)

depkes, pengobatan ispa 2018

Hassen et al., (2020); Hidayanti et al., 2019; Jd et al., 2017; Qi et al., 2016, 2016; Retnowati, 2019; Savitha and Gopalakhrisnan, 2018 Infection prevention and control of epidemic- and pandemic-prone acute respiratory infections in health care. Jenewa: World Health Organization; 2019

Ismail, S. (2021). Edukasi Kesehatan Dengan Media Video Animasi: Scoping Review. Jurnal Perawat Indonesia, 643.

Kemenkes. (2023). Kelompok usia anak. Retrieved from kemenkes: ayo sehat https://ayosehat.kemkes.go.id/kategori-usia/anak-anak

Kemenkes. (2023). Kelompok Usia Anakanak. Retrieved from kemkes.go.id: Bayi dan Balita (kemkes.go.id)

Kementerian Kesehatan RI. (2021). Laporan Riskesdas 2021. Laporan Nasional Riskesdas 2021, 53 (9), 181–222

Kemkes. (2023) Mengenali Gejala Ispa dan tindakan yang perlu dilakukan. ayosehat.kemkes.go.id:, https://ayosehat.kemkes.go.id/men genali-gejala-ispa-dan-tindakanyang-perlu-dilakukan

Kemkes. (2024). Infeksi Saluran Atas dan bawah. Retrieved from Sehatnegriku.kemkes.go.id.

Ketut. (2020). Hubungan tingkat pengetahuan dengan perilaku anak sekolah dengan hidup bersih dan sehat di sekolah dasar negri wilayah puskesmas selemadeg timur II. Jurnal Lingkungan, Vol. 4.

Lestari, S. (2023). Hubungan Tingkat Pengetahuan Ibu Terhadap Kejadian ISPA Pada Balita. jurnal keperawatan PPNI Jawa Barat.

Magdalena Nainggolan, e. a. (2023). pengaruh pendidikan kesehatan terhadap pengetahuan keluarga tentang pencegahan ispa pada anak balita diwilayah puskesmas paal v kotajambi.Repositori.stikes.garuda putih, 1.

Mandenas et.al, Pendidikan (2022). Kesehatan Pengaruh Melalui Media Video Tentang Penanganan ISPA Terhadap Pengetahuan Ibu di Puskesmas Lolo Wano Kabupaten Sumba Barat. Rinjani.unitri, 1.

Meva, D. (2024, 02 13). ISPA. Diambil kembali dari allodokter.com: https://www.alodokter.com/ispa

Miniharianti. (2023). Hubungan Tingkat Pengetahuan Orang Tua Dengan Kejadian . Journal of Healtcare Technology and Medicine Vol. 9 No. 1.

Moehji. (2022). Konsep Anak Usia Sekolah. repositori Institusi ITSK Rs dr soepraoen malang, 7.

Muflihatunnisa, A. (2020). Pengaruh Pendidikan kesehatan terhadap upaya pencegahan ispa pada baita diposyandu kagongan wilayah kerja puskesmas kalibawang kulonprogo. digilib.unisayogya.

Mulyati, S. S. (2024). Faktor-faktor Risiko yang Berhubungan dengan Kejadian ISPA di Permukiman Sekitar Bandara. Jurnal Kesehatan Lingkungan Indonesia.

Nessia Rahma Belinda danLeny Sang Surya. 2021. Media Edukasi dalam Pendidikan Kesehatan Gigi dan Mulutpada Anak-anak.Jurnal Riset Intervensi Pendidikan(JRIP), Vol.3(1),55-60

Ni Putu, e. a. (2020). pendidikan kesehatan dengan metode booklet anti ISPA (Bookis) terhadap perilaku pencegahan ispa pada ibu balita.

Nimatillah, L. (2023). Pengaruh Kombinasi Rebusan Jahe Merah dan Madu Terhadap Skor Batuk Pada Balita ISPA. Repository Poltekkes Tasikmalaya, 1-4.

Notoatmodjo, Soekidjo. 2018. Metodologi Penelitian Kesehatan. Rineka Cipta. Jakarta:

Novina, S. B. (2022). Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Kejadian Ispa pada Balita. Environmental Occupational Health and Safety Journal.

Nurlaela, e. a. (Vol 2 No. 1 Februari 2023). Perbedaan pengetahuan ibu tentang ISPA sebelum dan sesudah diberikan pendidikan kesehatan melalui media leaflet di yayasan harapan anak Indonesia jakarta utara. JUKEKE (Junak Kesehatan dan Kedokteran.

Nursalam. (2021). Pendidikan Kesehatan. Repository.umy, 1.

Oktavania, A. Y. (2023, 08 23). Data Polusi Udara di Indonesia 2015-2023. Retrieved from tirto.id: (P2PTM

Kemenkes RI, 2019). Oktavariany, R. (2020). Pengaruh Pendidikan kesehatan terhadap kemampuan ibu dalam perawatan ISPA pada balita. Directory of open access journal, 1. Oktaviani.et.al. (2023).

Pawiliyah. (2020). Hubungan Pengetahuan dan Sikap Ibu Dengan Penanganan ISPA Di Rumah Pada Balita di Puskesmas Tumbuan. Jurnal Vokasi Keperawatan (JVK) Volume 3 No 1.

Putra, Indra, Pratiwi, dan Yani W. 2020. Artikel Penelitian Gambaran Karakteristik Pengetahuan , Sikap dan Perilaku Risiko Covid-19 Dalam Kerangka Desa Adat di Desa. Jurnal Kesehatan Holistic. Vol 3, Hal 313– 319.

Putri, A. (2020). Pengaruh Pendidikan Kesehatan dengan Media Booklet Anti ISPA (BOOKIS) terhadap Perilaku Pencegahan ISPA pada Ibu Balita. Keperawatan. Jurnal Gema

Rahma, H. F. (2021). Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Kejadian ISPA Pada Balita (12-59 Bulan). repository.uinjkt, 1-3.

Rahman. (2022). Pendidikan, Pengertian Ilmu Pendidikan dan Unsur-unsur Pendidikan. Jurnal Al Urwatul Wutsqa: Kajian Pendidikan Islam, Volume 2, Nomor 1, 5.

RI., K. (2020). Pedoman Pengendalian Infeksi Saluran Pernapasan Akut. Kementerian Kesehatan RI.

ruth, D. G. (2023). Infeksi Saluran Pernafasan Atas. Retrieved from Alomedika: Etiologi Infeksi Saluran Pernapasan Atas (ISPA) - Alomedika etiologi

Salma. (2021). Determinan ISPA pada anak usia sekolah di prabumulih. Jurnal Kesehatan Masyarakat.

Sediaoetama, A. D. (2022). Ilmu Gizi untuk mahasiswa dan profesi (Edisi Keli). Jakarta: Dian Rakyat

Sinaga, L. 2021. Pengetahuan, Perilaku Dan Lingkungan Yang Berhubungan Dengan Kejadian Kecacingan Anak Di Tempat Pembuangan Akhir Bakung. Ruwa Jurai: Jurnal Kesehatan Lingkungan, 13(1): 10-17. Sinaga, R. (2023). Radar Bogor. Diambil kembali dari Radar Bogor.id: https://www.radarbogor.id/2023/10/06/ispa-mengganas-di-kabupatenbogor-pasiennya-capai-434-ribuorang/

Siyoto, Sandu, & Sodik, M. Ali. (2018). Dasar Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Literasi Media Terbitan.

Slamet Widodo, Meningkatkan Motivasi Siswa Bertanya Melalui Metode Snowball Throwing, (Bandung: Gramedia, 2020*), Hal. 37

Sondang. (2022). Metode Ceramah dan Media Leaflet terhadap Pengetahuan anak dalam Pencegahan. Jurnal kesehatan window of health.

Statistik, B. P. (2022, 02 25). kabupaten bogor bps. kab.bogor.bps: Retrieved from https://bogorkab.bps.go.id/publicati on/2022/02/25/a22c6fe95afedd64d9 ad2599/kabupaten-bogor-dalamangka-2022.html

Tarigan, D. A. (2021). Perbedaan Kelembaban, Kepadatan Hunian, Ventilasi Rumah Terhadap Kejadian Infeksi Saluran Pernafasan Akut Pada Balita. Jurnal Health Sains: p–ISSN: 2723-4339 e-ISSN: 2548-1398 Vol. 2, No. 7, 873.

Trianto, mendesain model pembelajaran Inovatif-Progresif, (Jakarta: Kencana Pernada Media Group, 2019), Hal.56

Utami, R. D. (2023). Analisis Faktor yang Mempengaruhi Pengetahuan Masyarakat tentang Pencegahan ISPA Di Puskesmas Bandarharjo Semarang. Prosiding Seminar Nasional UNIMUS, 6, 793–800.

Viola Andareta, e. (2022). Penerapan Pendidikan Kesehatan Terhadap Pengetahuan Ibu Tentang ISPA Pada Balita di Wilayah Kerja Puskesmas Ganjar Agung Kecamatan Metro Barat. Cendikia Muda.

wea, K. B. (2020). Pengaruh Pendidikan Kesehatan Dengan Media Audio Visual Terhadap Perilaku Ibu Dalam Penanganan Infeksi Saluran Pernafasan Akut Pada Balita Di Kelurahan Lebijaga Kabupaten Ngada. respiratory.unair, 1.

WHO. 2008. Pencegahan dan pengendalian ISPA yang cenderung menjadi epidemi dan pandemi difasilitas kesehatan. In W. H. Organization, Pedoman Interim

Wira, R. (2021, 02 01). Konsep teori Ispa. Retrieved from umkt.ac.id: BAB 2 REZA WIRA.pdf (umkt.ac.id)

Yampap & Kaligis. 2022 Penerapan Metode Snowball Throwing untuk Meningkatkan Keterampilan berfikir kritis siswa sekolah dasar, hal 126.

Zulmiyetri, Safaruddin, & Nurhastuti. 2019. Penulisan Karya Ilmiah. Jakarta; Kencana.




DOI: http://dx.doi.org/10.52031/edj.v8i2.916

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 GITA AYUNINGTYAS, SUSI DEWIASIH KUSUMAWATI, RATUMAS RATIH PUSPITA, ROSKA LEONITA

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Widya Dharma Husada Tangerang
Pajajaran Street Number 1 Pamulang,
South Tangerang City, Banten Province, Indonesia, 15417
Telephone: 021-74716128 / Handphone : 089529263441


Lisensi Creative Commons

Edu Dharma Journal: Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat by the Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Widya Dharma Husada Tangerang is distributed under the Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0).
Based on the work at http://openjournal.wdh.ac.id/.