STUDI KUALITATIF PERSEPSI DAN PERILAKU PEKERJA SEKS KOMERSIAL DALAM UPAYA PENCEGAHAN INFEKSI MENULAR SEKSUAL DAN HIV/AIDS DI BOGOR

Siti Novy Romlah, Riris Andriati, Mahfuj Putra Utama

Abstract


LatarBelakang : Infeksi menular seksual (IMS) dapat meningkatkan risiko terinfeksi Human Immunodefficiency Virus (HIV), oleh karena itu seseorang yang sudah terkena IMS akan lebih mudah tertular HIV terutama pada pekerja seks komersial (PSK). Dari tahun 2014 sampai tahun 2017 di Bogor kasus IMS dan HIV/AIDS lebih banyak disebabkan karena penularan dari PSK yang sudah tertular IMS dan HIV/AIDS. Sepanjang tahun 2017 sampai tahun 2018 Sudah lebih dari 554 penderita HIV/AIDS yang terdata di Bogor. Tujuan : Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi dan perilaku pekerja seks komersial dalam upaya pencegahan infeksi menular seksual dan HIV/AIDS dengan menggunakan teori Health Belief Model di bogor. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan snowball sampling. Informan utama dalam penelitian ini adalah PSK yang berjumlah 5 orang. Hasil : Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwafaktor pendorong menjalani pekerjaan sebagai PSK adalah karena ekonomi dan liltan hutang, pengetahuan para PSK saat rendah terhadap pencegahan infeksi menular seksual dan HIV/AIDS, keseluruhan PSK menyadari persepsi tentang manfaat upaya mencegahan tapi hanya sedikit melakukan pemeriksaan ke tim medis, persepsi kesadaran diri terhadap IMS dan HIV/AIDS sangat kurang karena para PSK tidak mempermasalahkan konsumen tidak menggunakan kondom saaat behubungan intim. Kesimpulan : Karakteristik PSK, Informan berkisar dari yang paling muda berumur 25 tahun dan yang paling tua berumur 36 tahun, 3 informan bekerja sebagai PSK selama 1 – 6 bulan. Selain dari informan tersebut lama bekerjasebagai PSK selama 2 – 4 tahun, 5 informan berstatus janda, Seluruh informan memiliki tingkat pendidikan yang rendah. Faktor pendorong para informan menjalani pekerjaan sebagai pekerja seks komersial adalah karena faktor ekonomi.

Keywords


Persepsi; Perilaku; Infeksi Menular Seksual; HIV/AIDS

Full Text:

PDF

References


Andrews. 2009. Buku Ajar Kesehatan Reproduksi Wanita/ editor Gilly Andrews;alih bahasa, Sari Kurnianingsih..[et. al] ; editor edisi bahasa Indonesia, Dwi Widiarti, Renata Komalasari – Ed. 2. Jakarta: EGC Albantany, Nuraisyah. 2014. Dosa Besar kecil yang Terabaikan Penyebab Siksa Azab Kubur yang Pedih. Jakarta: Kunci Iman, Katalog dalam Terbitan (KDT).

Astrini, I., Indah, F.P.S., Pratiwi, R.D. and Poddar, S., 2020. Analysis of Efforts to Increase Knowledge, Attitudes, and Adherence of Antiretroviral Consumption in People With HIV/AIDS, Jepara City, Indonesia.

Christina.Manurung, Dkk. 2015 Karakteristik Pekerja Seksual Komersial dan Kejadian Penyakit Menular Seksual.: Departemen Kesehatan RI. 2006. Pedoman Pelayanan Konseling dan Testing HIV/AIDS Secara Sukarela. Jakarta: Direktorat Jendral Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan.

Fahmi.Irham, 2010. Manajemen kinerja. Bandung: Alfabet.

Glasier, Anna. Ailsa Gebbie. 2005. Keluarga Berencana dan Kesehatan Karoke, cafe dan Diskotek di Kota Semarang. Semarang: Tesis Program Studi Magister Promosi Kesehatan, Universitas Diponegoro

Hanifah. Utami. 2012. Kesproholic, Berani Menjadi Diri Sendiri. Jakarta: Mitra Inti Foundation

Irianto, Koes. 2015. Kesehatan Reproduksi (Reproductive Health). Bandung: CV. Alfabeta

Jumiatun, 2016. Hubungan pengetahuan wanita pekerja seks tentang perilaku seks aman dengan kejadian infeksi menular seksual di lokalisasi gambilangu kecamatan kaliwungu kabupaten Kendal: STIKes Uniska Kendal .

Kementrian Kesehatan RI. 2015. Agenda Hidup Sehat: Jilid 2.

Lokollo, Fitriana yuliawati. 2009, Studi Kasus Perilaku Wanita Pekerja Seksual Tidak Langsung Dalam Pencegahan IMS, HIV Dan AIDS Di Pub Dan Karooke, Cafe, Diskotik Di Kota Semarang. Program Pascasarjana: Universitas Diponegor Mangando, E.N. (2014).

Hubungan Antara Pengetahuan dan Sikap Remaja Dengan Tindakan Seks Pranikah pada Siswa Kelas XI di SMK Negeri Manado. Jurnal Kedokteran Komunitas dan Tropic: volume 11 Nomor 1 febuari 2014, 38.

Moleong,L.J. 2001. Metodologi penelitian kualitatif edisi revisi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Nina Maria Desi, Zahroh Shaluhiyah dan Sutopo Patriajati. 2018. Perilaku Seksual Berisiko pada Pedagang Bawang Merah di Kecamatan Wanasari Kabupaten Brebes.: Universitas Diponogora Semarang Reproduksi: Edisi 4. Jakarta: EGC Siregar, R.S. 2005. Atlas Berwarna Saripati Penyakit Kulit: Edisi 2. Jakarta: EGC.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta Jawa Barat dalam Angka 2015 (Jawa Barat in Figures 2015).

Jawa Barat: Badan Pusat Statistik Provinsi Jawa Barat. 2014. Jawa Barat dalam Angka 2014 (Jawa Barat in Figures 2014).Jawa Barat: Badan Pusat Statistik Provinsi Jawa Barat.

Purwoastuti, Endang. Elisabet Siwi Walyani. 2014. Panduan Materi Kesehatan Reproduksi dan Keluarga Berencana.Yogyakarta: PT. Pustaka Baru.

Ulfah.A, 2015. Hubungan tingkat pengetahuan perawat tentang pemakaian alat pelindung diri (APD) dengan tindakan pencegahan infeksi nosokomial di RSU KOTA TANGERANG SELATAN” STIKes Widya Dharma Husada.

Dokter Indonesia Online. Angka Kejadian Penyakit Menular Seksual di Dunia dan Indonesia. Artikel ini diakses pada tanggal 2 April 2016 dari alamat website https://dokterindonesiaonline.com/2016/0 4/02/angka- kejadian- penyakit-menular- seksual-di-indonesia-dan-dunia/




DOI: http://dx.doi.org/10.52031/edj.v5i1.92

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Siti Novy Romlah, Riris Andriati, Mahfuj Putra Utama



Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Widya Dharma Husada Tangerang
Pajajaran Street Number 1 Pamulang,
South Tangerang City, Banten Province, Indonesia, 15417
Telephone: 021-74716128 / Handphone : 089529263441


Lisensi Creative Commons

Edu Dharma Journal: Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat by the Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Widya Dharma Husada Tangerang is distributed under the Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0).
Based on the work at http://openjournal.wdh.ac.id/.