HUBUNGAN KELULUSAN AKREDITASI RUMAH SAKIT DENGAN KEPUASAN PASIEN RAWAT INAP RSUD TAMANSARI PROVINSI DKI JAKARTA

Riska Edwi Meilia

Abstract


Akreditasi adalah pernyataan untuk kualitas pelayanan yang diberikan Rumah Sakit yang sesuai dengan standar serta telah dinyatakan Rumah Sakit tersebut telah memenuhi Standar Akreditasi. Kualitas pelayanan yang baik dapat menyebabkan kepuasan pelanggan meningkat. Kualitas dapat memberikan motivasi  kepada pasien sebagai pelanggan untuk menjalin hubungan yang baik dengan Rumah sakit yang memberikan pelayanan. Kepuasan merupakan tolak ukur sebuah keputusan pembelian dimasa yang akan datang. Meningkatkan kualitas serta kinerja pelayanan sudah seyogyanya diupayakan secara berkelanjutan. Pihak independen atau pihak luar yang memberikan penilaian dibutuhkan untuk peningkatan kualitas dengan standar penilaian yang telah ditentukan pihak berwenang. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui apakah ada hubungan kelulusan akreditasi rumah sakit terhadap kepuasan Pasien Rawat Inap RSUD Tamansari Provinsi DKI Jakarta tahun 2019.  Jenis penelitian dalam penelitian ini adalah kuantitatif menggunakan pendekatan cross sectional. Penelitian ini dilakukan di Ruang Rawat Inap RSUD Tamansari Provinsi DKI Jakarta. Penelitian ini dilakukan pada bulan Febuari tahun 2019. Jumlah sampel sebanyak 79 pasien rawat inap Hasil penelitian diketahui dari 79responden yang menyatakan puas atas pelayanan pasca lulus akreditasi yaitu 51 (81%) sedangkan dari 13 responden yang menyatakan tidak puas karena indikator dalam akreditasi tidak lulus. Uji statistik menyatakan ada hubungan dengan nilai P value =0.001) < 0,05, maka Kesimpulan yang dapat diambil adalah ada hubungan antara kelulusan akreditasi rumah sakit dengan kepuasan Pasien Rawat Inap RSUD Tamansari Provinsi DKI Jakarta Saran dari hasil penelitian ini diharapkan Rumah sakit dapat berkomitmen memberikan pelayanan prima kepada pasien dengan memenuhi standar akreditasi RS.


Keywords


AKreditasi RS; Kepuasan Pasien; Standar AKreditasi

Full Text:

PDF

References


Atmawati, R dan M, Wahyudin. 2007. Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Matahari Departement Store Di Solo Grand Mall. Surakarta: Jurnal Daya Saing, Program MM-UMS

Azwar, S. 2010. Sikap Manusia Teori dan Pengukurannya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Direktorat Jendral Bina Upaya Kesehatan Kementerian Kesehatan RI. 2016.

Gibson, J.L., Ivancevich, J.M., Donnelly, J.H., Konopaske, R., Organizations: Behavior, 2012. Structure, Processes. Fourteenth Edition. New York: McGraw-Hill.

Barnadi, D., Maulana, A., Hardani. Translated by S., Wardani. Jakarta: Penerbit Erlangga,.2007..

Handayani, R. 2012. Akreditasi Rumah Sakit, Pengakuan Atas Kualitas Layanan. Mutu Pelayanan Kesehatan

Kemenkes RI. 2015. Rencana Strategis Kementerian Kesehatan tahun 2015-2019. Jakarta

Kementerian Kesehatan RI

Kemenkes R.I. 2018. Profil Kesehatan Indonesia. Jakarta

Pratiwi, R.D., 2019. Hubungan Komunikasi Terapeutik Dan Caring Dengan Kepuasan Pasien Terhadap Perawat Ruang Rawat Inap Penyakit Dalam Rumah Sakit Umum Multazam Medika Bekasi Timur. Jurnal penelitian dan pengabdian masyarakat, 2(2), pp.1-22.

Peraturan Menteri Kesehatan RI nomor 34 tahun 2017 tentang Akreditasi Rumah Sakit.2017..

Sutoto. Perubahan Paradigma SNARS Edisi 1 untuk Asesor Internal. Workshop Para Pimpinan Rumah Sakit. Jakarta, 2017

Sutoto, Atmodjo, Luwiharsih, Lumenta ., Reksoprojo,, Martoatmodjo,, Atmatyah, M., Saleh J.T.2013. Pedoman Tata Laksana Survei Akreditasi Rumah Sakit. Jakarta

UU No 44 Tahun 2009. Tentang Rumah Sakit. Jakarta : Kementerian Kesehatan




DOI: http://dx.doi.org/10.52031/edj.v5i1.93

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Riska Edwi Meilia



Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Widya Dharma Husada Tangerang
Pajajaran Street Number 1 Pamulang,
South Tangerang City, Banten Province, Indonesia, 15417
Telephone: 021-74716128 / Handphone : 089529263441


Lisensi Creative Commons

Edu Dharma Journal: Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat by the Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Widya Dharma Husada Tangerang is distributed under the Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0).
Based on the work at http://openjournal.wdh.ac.id/.