HUBUNGAN MUTU PELAYANAN KESEHATAN DENGAN KEPUASAN PASIEN DI PUSKESMAS GUNUNG SINDUR

Tasya Khoerunnisa, Lela Kania Rahsa Puji, Rita Dwi Pratiwi

Abstract


The quality of health services is the end result of the interaction between various components or aspects of service.  Patient satisfaction is a feeling of pleasure or disappointment after comparing expectations with the reality received by the patient. This study aims to determine whether there is a relationship between the quality of health services and patient satisfaction at the Gunung Sindur Public Health Center.  This research is a quantitative approach and cross sectional design with Chi Square Test.  The sampling used is incidental sampling with a sample of 99 patients. The results that P-Value <0.05 then Ho is rejected, that there is a relationship between the quality of health services and patient satisfaction at the Gunung Sindur Public Health Center. The conclusion is the quality of good health services will enhance the patient satisfaction so that health services are expected to be able to maintain and improve the quality of health services. The Patient will have confidence if the health services provided are of quality. The public health center can improve and pay attention to the quality of health services, especially responsiveness and patient satisfaction, the relationship between patients and public health center officers.


ABSTRAK

Mutu pelayanan kesehatan merupakan hasil akhir dari interaksi antara berbagai aspek komponen atau aspek pelayanan. kepuasan pasien merupakan perasaan senang atau kecewa setelah membandingkan antara harapan dengan kenyataan yang diterima pasien. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui adakah hubungan antara mutu pelayanan kesehatan dengan kepuasan pasien di Puskesmas Gunung Sindur. Jenis penelitian ini merupakan pendekatan kuantitatif dan desain penelitian ini adalah cross sectional dan uji statistik yang digunakan adalah uji Chi Square. Sampel yang digunakan yaitu sampling insidental dengan jumlah sampel 99 pasien. Hasil penelitian ini diketahui P-Value < 0,05 maka Ho ditolak, terdapat hubungan antara mutu pelayanan kesehatan dengan kepuasan pasien di Puskesmas Gunung Sindur. Kesimpulan mutu pelayanan kesehatan yang baik akan meningkatkan kepuasan pasien sehingga diharapkan pelayanan kesehatan dapat menjaga dan meningkatkan kualitas mutu pelayanannya. Pasien akan memiliki kepercayaan jika pelayanan kesehatan yang diberikan baik. Pihak puskesmas dapat meningkatkan dan memperhatikan mutu pelayanan kesehatan terutama daya tanggap (responsiveness) dan kepuasan pasien hubungan pasien dengan petugas puskesmas.


Keywords


Quality Of Health Services;Patient Satisfaction;Public Health Center

References


Anonimity (2019) Akreditasi Puskesmas, Apakah Menjamin Peningkatan Mutu Pelayanan ?, Dinas Kesehatan Daerah Istimewah Yogyakarta. Tersedia pada: https://www.dinkes.jogjaprov.go.id/berita/detail/akreditasi-puskesmas--mutu-pelayanan--akreditasi-puskesmas-apakah-menjamin-peningkatan-mutu-pelayanan- (Diakses: 14 September 2021).

Bunet, G. C. E., Lolo, W. A. dan Rumondor, E. M. (2020) “Analisis Kepuasan Pasien Rawat Jalan Terhadap Mutu Pelayanan Kefarmasian Di Puskesmas Tanawangko,” Pharmacon, 9(3), hal. 397. doi: 10.35799/pha.9.2020.30024.

Eninurkhayatun, B., Suryoputro, A. dan Fatmasari, E. Y. (2017) “Analisis Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Kualitas Pelayanan Rawat Jalan Di Puskesmas Duren Dan Puskesmas Bergas Kabupaten Semarang Tahun 2017,” Jurnal Kesehatan Masyarakat (e-Journal), 5(4), hal. 33–42.

Etlidawati dan Handayani, D. Y. (2017) “Hubungan Kualitas Mutu Pelayanan Kesehatan Dengan Kepuasan Pasien Peserta Jaminan Kesehatan Nasional,” MEDISAINS: Jurnal Ilmiah Ilmu-Ilmu Kesehatan, 15(3), hal. 142–147.

Hamidiyah, A. (2013) Hubungan Persepsi Pasien Tentang Kualitas Pelayanan Dengan Minat Kunjungan Ulang Di Klinik Umum Rumah Sakit Bhineka Husada Kota Tangerang Selatan Tahun 2012. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.

Hidayati, A. N., Suryawati, C. dan Sriatmi, A. (2014) “Analisis Hubungan Karakteristik Pasien Dengan Kepuasan Pelayanan Rawat Jalan Semarang Eye Center (Sec) Rumah Sakit Islam Sultan Agung Semarang,” Jurnal Kesehatan Masyarakat (e-Journal), 2(1), hal. 9–14.

Latupono, A., Maidin, M. A. dan Zulkifli, A. (2015) “Hubungan Mutu Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Jalan Di RSUD Masohi Tahun 2014,” JST Kesehatan, 5(1), hal. 74–81.

Muzer, A. (2020) Pengaruh Kualitas Pelayanan, Usia, Tingkat Pendidikan, Jenis Kelamin, Dan Status Perkawinan Terhadap Kepuasan Pasien Dan Kepercayaan Pasien Rawat Inap Di Rumah Sakit Paru dr. Ario Wirawan Salatiga. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Peratiwi, N. I. et al. (2021) “Hubungan Empati Dengan Kepuasan Pasien Di Instalasi Gawat Darurat Rumah Sakit Umum Sri Pamela Tebing Tinggi,” Nuevos sistemas de comunicación e información, X No.2, hal. 2013–2015.

Purwanto, J. E. dan Furiandini, P. G. (2012) “Tinjauan Kepuasan Pelayanan Pasien Rawat Jalan Di Balai Besar Kesehatan Paru Masyarakat (BBKPM),” Apikes Citra Medika Surakarta, 2(1), hal. 28–39.

Sari, F. P. (2018) Hubungan Persepsi Mutu Pelayanan Dengan Kepuasan Pasien Di Ruang Rawat Inap Rumah Sakit TK IV Madiun Tahun 2018. STIKes Bhakti Husada Mulia Madiun.

Sukesi, N. (2013) “Upaya Peningkatan Caring Perawat Terhadap Kepuasan Rs Permata Medika,” Jurnal Managemen Keperawatan, 1(1), hal. 15–24.

Sulistyo, P. B. (2016) Hubungan Kualitas Pelayanan Kesehatan Dengan Tingkat Kepuasan Pasien BPJS Di Puskesmas Delanggu Kabupaten Klaten. STIKes Kusuma Husada Surakarta.

Suratman, D. R. dan Widiyanto, I. (2016) “Pengaruh Diskualitas Pelayanan Terhadap Negative Word Of Mouth (WOM) Dengan Ketidakpuasan Pasien Sebagai Variabel Intervening,” 5, hal. 1–14.

Utami, Y. T. (2018) “Pengaruh Karakteristik Pasien Terhadap Kualitas Pelayanan Rawat Jalan Di Uptd Puskesmas Penumping Surakarta,” Infokes, 8(1), hal. 57–65. Tersedia pada: https://ejurnalinfokes.apikescm.ac.id/index.php/infokes/article/view/197.

Widiasari, Handiyani, H. dan Novieastari, E. (2019) “Kepuasan Pasien Terhadap Penerapan Keselamatan Pasien Di Rumah Sakit,” Jurnal Keperawatan Indonesia, 22(1), hal. 43–52. doi: 10.7454/jki.v22i1.615.

Yustisia, B. (2017) Kualitas Pelayanan Puskesmas Dengan Kepuasan Pasien Lanjut Usia, STIK Jombang. Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Insan Cendekia Medika Jombang. Tersedia pada: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstream/123456789/37953/1/RIZQIANA ADAWIYAH-FKIK.pdf.

Zulfiana dan Ernawati (2013) “Analisa Kepuasan Pasien Terhadap Aspek Mutu Pelayanan Di Bagian Tpprj Rumah Sakit Banyumanik Semarang,” Jurnal VISIKES, 12(2), hal. 100–106.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Frame of Health Journal