HUBUNGAN POSISI ANGKAT BEBAN BERAT DAN USIA PEKERJA DENGAN KELUHAN NYERI PUNGGUNG BAGIAN BAWAH PADA PEKERJA KULI ANGKAT DI PANGKALAN BATU ALAM UI JAKARTA SELATAN

Sukma Nur Insani Abdillah, Ayatun Fil Ilmi, Junaida Rahmi

Abstract


Low back pain (LBP) is a common health problem for workers, especially for workers who use physical labor, natural stone lifters can also experience lower back pain problems which can be caused by lifting porters who use a lot of extra physical energy, repetitive movements and a lot of bending and lifting. The purpose of this study was to determine the relationship between the position of lifting heavy weights and the age of workers with complaints of lower back pain porters at the Natural Stone Base (UI) Jakarta. This type of research is quantitative analytic with cross sectional design, using total sampling technique, data collection techniques used are questionnaires, observations and cameras. The data were analyzed using the chi square test. The results showed that there were 15 respondents aged 25-39 years who showed frequent complaints of low back pain with statistical test results (p = 0.025). the results of observations obtained 20 respondents who did not lift weights ergonomically with fisher exact test results (p = 0.053). So can be concluded there is a relationship between the age of workers with complaints of low back pain and there is no relationship between the position of lifting weights with complaints of low back pain. The advice given in this study is for porters to pay attention to ergonomic lifting positions, pay attention to physical conditions, the weight of load being lifted, and is recommended to stretch the muscles before activities, and get enough rest avoid the risk low back pain.  



ABSTRAK 

Nyeri Punggung Bawah (NPB) adalah masalah kesehatan yang umum terjadi pada pekerja terutama pada pekerja yang menggunakan tenaga fisik, kuli angkat batu alam juga dapat mengalami masalah nyeri punggung bawah yang dapat diakibatkan karena pekerjaan kuli angkat yang menggunakan banyak tenaga fisik ekstra gerakan yang berulang serta gerakan yang banyak membungkuk dan mengangkat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan posisi angkat beban berat dan usia pekerja dengan keluhan nyeri punggung bagian bawah pada pekerja kuli angkat di pangkalan batu alam (UI) Jakarta selatan. Jenis penelitian ini adalah analitik kuantitatif dengan rancangan cross sectional, menggunakan teknik Total sampling, Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuisioner, observasi dan kamera. Data di analisis menggunakan uji chi square. Hasil penelitian didapatkan adanya 15 responden yang berusia 25-39 tahun yang menunjukan sering mengalami keluhan nyeri punggung bawah dengan hasil uji statistik (p= 0,025). Sedangkan hasil observasi didapatkan 20 responden yang melakukan posisi angkat beban yang tidak ergonomis dengan hasil uji fisher exact (p=0,053). Maka dapat disimpulkan bahwa ada hubungan antara usia pekerja dengan keluhan nyeri punggung bawah dan tidak ada hubungan antara posisi angkat beban dengan keluhan nyeri punggung bawah. Saran yang diberikan dalam penelitian ini untuk para pekerja kuli angkat agar memperhatikan posisi angkat beban yang ergonomis, memperhatikan kondisi fisik, berat beban yang diangkat, dan dianjurkan untuk melakukan peregangan otot sebelum beraktivitas, serta istirahat cukup untuk menghindari resiko nyeri punggung bawah.


Keywords


Weight lifting position;Working age;Low back pain

References


Bahari, I, 2019, Tingkat nyeri low back pain pada kuli panggul, Surabaya di perum bulog buduran, STIKes hang tuah Surabaya.

Benynda, T, 2016, hubungan cara kerja angkat angkut dengan keluhan low back pain pada porter di pasar Tanah abang blok A Jakarta pusat tahun, Jurnal Kesehatan Masyarakat tahun 2016, 1-37.

Larasaty, K, 2020, Pengaruh posisi kerja terhadap frekuensi low back pain pada perawat instalasi gawat darurat (IGD) di rumah sakit tingkat II pelamonia Makassar, Universitas muhammadiyah Makassar.

Pamungkas, G, 2016, Hubungan antara kejadian NPB dengan dimensi kursi yang menjadi fasilitas duduk mahasiswa undip. Jurnal kedokteran dipnegoro, vol.5, No.4, 926-933.

Samsul, E, 2018, Ergonomic dalam bekerja dengan nyeri punggung bawah pada pekerja buruh kasar di aceh besar. Jurnal ilmiah mahasiswa fakultas keperawatan, vol. 3, No.3.

Saputra, A, 2020, hubungan usia, sikap kerja dan masa kerja dengan keluhan low back pain pada pengrajin batik semarang, Universitas Negeri semarang.

Y, Catur, 2015, Hubungan antara teknik mengangkat beban dengan keluhan nyeri pinggang pada buruh gendong di pasar buah johar semarang, Jurnal visikes, Vol.11, No.1 :26-36

Nurzannah, 2015, hubungan faktor resiko dengan terjadinya LBP pada tenaga kerja bongkar muat di pelabuhan belawan medan, Repository USU. 1-10

Sahara, R, 2020, Faktor resiko yang berhubungan dengan kejadian Low Back Pain pada pekerja. Jurnal ilmiah kesehatan, Vol.19, No.3, hal 92-99.

Maulidatul, E, 2020, hubungan posisi kerja dengan kejadian Ilow back pain pada petani di kecamatan panti kabupaten jember, Universitas Jember.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Frame of Health Journal