HUBUNGAN POSISI KERJA MENGGUNAKAN METODE REBA DENGAN KELUHAN NYERI PUNGGUNG BAWAH PADA PENJAHIT RUMAHAN DI KECAMATAN PAMULANG

Nurfajriah Safitri, Sucipto Sucipto, Tri Okta Ratnaningtyas

Abstract


Low back pain is a diseasse of the musculoskeletal system due to incirrect ergonomics. The causes of low back pain thata cause serious pain are sitting for too long, the wrong sitting posture, and excessive activity. Based on data from the World Health Organization (WHO) and the International Labor Organization (ILO) in 2016, 183 countries monitored work-related health ontcomes, around 13,7% experienced back and neck pain caused by ergonomic factors and in the United States throught a survey there are about 62% of respndents feel pain in the lower back, 53% in the neck, 38% in the shoulder, 33% in the wrist, and 31% in the upper back. The study aims to determine the reationship between work positions uisng the REBA method with complaints of low back pain in home tailors. This Study Used a cross-sectional method to 96 home tailors in Pamulang district with quota sampling technique. The Statistical test used is the chi-square test. There was a significant relationship between work position the results of the chi-square test ((P value = 0.000) <0.05). There was significant relationship between work position using the REBA mothod and complaints of low back pain in home tailors.

ABSTRAK

Nyeri punggung bawah merupakan penyakit pada sistem muskuloskeletal akibat ergonomi yang tidak tepat. Penyebab nyeri punggung bawah yang menyebabkan nyeri serius adalah duduk terlalu lama, postur duduk yang salah, dan aktivitas yang berlebihan. Berdasarkan data World Health Organization (WHO) dan International Labour Organization (ILO) tahun 2016, 183 negara yang memantau pencapaian kesehatan terkait pekerjaan, sekitar 13,7% mengalami nyeri punggung dan leher yang disebabkan oleh faktor ergonomis dan di Amerika Serikat Berdasarkan survei terdapat sekitar 62% responden merasakan nyeri pada punggung bawah, 53% pada leher, 38% pada bahu, 33% pada pergelangan tangan, dan 31% pada punggung atas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara posisi kerja dengan metode REBA dengan nyeri punggung bawah pada penjahit rumahan. Penelitian ini menggunakan metode cross sectional terhadap 96 penjahit rumah di Kecamatan Pamulang dengan teknik quota sampling. Uji statistik yang digunakan adalah uji chi-square. Ada hubungan yang signifikan antara posisi kerja hasil uji chi-square ((P value = 0,000) < 0,05). Ada hubungan yang signifikan antara posisi kerja menggunakan metode REBA dengan keluhan nyeri pinggang pada penjahit rumahan.


Keywords


Low Back Pain;REBA;Work Position

References


Andini, F. (2015) ‘Risk factors of low back pain in workers’, 4, pp. 12–19.

Defriyan (2011) ‘Faktor-faktor Yang Berhubungan Dengan Keluhan Nyeri Punggung Bawah Pada Proses Penyulaman Kain Tapis Di Sanggar Family ART Bandar Lampung Tahun 2011’.

Efendi, A. S., and Hafiza, S. (2017) ‘Faktor yang Berhubungan dengan Keluhan Nyeri Punggung Bawah pada Karyawan Redaksi Bagian Kantor di PT. Riau Pos Intermedia Pekanbaru’.

Kamariah, Arifin and Setiadi, G. (2020) ‘Posisi Kerja Dengan Keluhan Nyeri Punggung Bawah Pada Penjahit Pakaian’, 17(1), pp. 5–10.

Maizura, F. (2015) ‘Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Keluhan Nyeri Punggung Bawah (NPB) Pada Pekerja Di Pt. Bakrie Metal Industries Tahun 2015’.

Mulfianda, R. et al. (2021) ‘Faktor-faktor yang Berhubungan dengan Kejadian Nyeri Punggung Bawah ( NPB ) pada Karyawan di Kantor PLN Wilayah Aceh Factors Associated with Lower Back Pain ( NPB ) in Employees at the PLN Office Aceh region’, 7(1), pp. 253–262.

Prastuti, B. et al. (2019) ‘Hubungan Lama Kerja dan Posisi Duduk terhadap Kejadian Low Back Pain pada Penjahit di Kota Pekanbaru’. 5(2). pp. 375-382

Rahmat, N. et al. (2019) ‘Hubungan Lama Duduk dan Sikap Duduk Terhadap Keluhan Nyeri Punggung Bawah Pada Penjahit Rumahan Di Kecamatan Tasikmadu’.

Saputra, A (2020) ‘Sikap Kerja, Masa Kerja, dan Usia terhadap Keluhan Low back pain pada Pengrajin Batik’, 4(1), pp. 147-157.

Sjarifah, I. (2016) ‘Kajian Keluhan Low Back Pain Pada Pekerja Konveksi Di Desa Bangsri Kecamatan Karangpandan’.

Umboh, B. et al. (2017) ‘Hubungan Antara Karakteristik Individu Dengan Keluhan Nyeri Punggung Bawah Pada Perawat Di Ruangan Rawat Inap Rsu Gmim Pancaran Kasih Manado’.

WHO (2016) WHO/ILO Joint Estimates of the Work-related Burden of Disease and Injury, 2000–2016.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Nurfajriah Safitri, Sucipto Sucipto, Tri Okta Ratnaningtyas