HUBUNGAN INTENSITAS BERMAIN GAME ONLINE DI ERA PANDEMI COVID-19 DENGAN NYERI PERGELANGAN TANGAN PADA SISWA SMK INSAN KAMIL TARTILA

Bilqis Logika Perspektif Sains, Sucipto Sucipto, Rita Dwi Pratiwi, Ida Listiana

Abstract


The intensity of using online games is a measure of the frequency or number of units of time (duration) used in online game usage activities. a person who plays online games if they have played continuously with too frequent intensity of play can be at risk of developing symptoms of musculoskeletal disease, namely pain in the wrist. This study aims to determine the relationship between the intensity of playing online games in the era of the Covid-19 pandemic with wrist pain in vocational high school students. This research is a quantitative research with a cross-sectional research design. The population in this study was students at SMK Insan Kamil Tartila Class X, XI, and XII which consisted of two majors, namely Computer and Network Engineering (TKJ) and Office Automation and Governance (OTKP) which totaled 179 people. The sample was 122 students with purposive sampling techniques. The sample data on wrist pain was obtained through the Boston Carpal Tunnel Questionnaire, which consisted of 11 questions. Data analysis using the chi square test. The results showed a significant association between the relationship of intensity of playing online games with wrist pain (p =0.000).

 

ABSTRAK

Intensitas penggunaan game online adalah tingkatan ukuran frekuensi atau jumlah satuan waktu (durasi) yang digunakan pada aktivitas penggunaan game online. seseorang yang bermain game online apabila sudah bermain secara terus-menerus dengan intensitas bermain yang terlalu sering dapat berisiko terkena gejala penyakit muskuloskeletal yaitu nyeri pada pergelangan tangan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan intensitas bermain game online di era pandemi covid-19 dengan nyeri pergelangan tangan pada siswa SMK insan kamil tartila. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain penelitian cross sectional. Populasi dalam  penelitian ini yakni siswa yang ada di SMK Insan Kamil Tartila Kelas X, XI, dan XII yang terdiri dari dua jurusan yaitu Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ) dan Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran (OTKP) yang berjumlah 179 orang. Sampel berjumlah 122 siswa dengan teknik pengambilan sampel purposive sampling. Data sampel yang mengalami nyeri pergelangan tangan diperoleh melalui kuesioner Boston Carpal Tunnel Questionnaire yang terdiri dari 11 pertanyaan. Analisis data menggunakan uji chi square. Hasil penelitian menunjukan terdapat hubungan signifikan antara hubungan intensitas bermain game online dengan nyeri pergelangan tangan (p=0,000).


Keywords


Intensity of playing online games;Wrist pain;Boston Carpal Tunnel Questionnaire

References


Aprianto, B et al. 2021. ‘Faktor Risiko Penyebab Musculoskeletal Disorders (MSDS) pada Pekerja: A Systematic Review’, Jurnal Kesehatan Tambusai, 2(2), p. 10.

Hardiyanty, N., Am.Ramli, N.R. and Tang, A. 2020. ‘Hubungan Intensitas Penggunaan Game Online Terhadap Resiko Kejadian De Quervain Syndrome Pada Pemain Games Online Smartphone di Kota Makassar’, Jurnal Fisioterapi dan Rehabilitasi, 4(1), p. 7

Kurniasari, M. 2014. ‘Hubungan Antara Kesepian dan Kontrol Diri Dengan Intensitas Bermain Game Online Siswa SMP Negeri 14 Yogyakarta Tahun Pelajaran 2013/2014’, Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta.

Lazuardi, A.I. 2016. ‘Determinan Gejala Carpal Tunnel Syndrome (CTS) pada Pekerja Pemecah Batu (Studi pada Pekerja Pemecah Batu di Kecamatan Sumbersari dan Sukowono Kabupaten Jember)’. Masyarakat Universitas Jember.

Lubis, Z.I. et al. 2021. ‘Hubungan Risiko Posisi Kerja Duduk Terhadap Keluhan Musculoskeletal Disorders (MSD) Pada Pegawai Pemerintah Kabupaten Malang’, Jurnal Ergonomi Indonesia, 07(01), pp. 57–65.

Pamungkas, N. P., Rahmanto, S., & Multazam, A. 2019. ‘Hubungan Durasi Bermain Game Online PUBG Mobile Terhadap Risiko De quervain’s Syndrome Pada Mahasiswa Di Kota Malang’. Universitas Muhammadiyah Malang.

Pramadani, N. L. M. S., & Wirawan, I. M. A. 2021. ‘Faktor Risiko Carpal Tunnel Syndrome Pada Siswa Sekolah Menengah Atas Pemain Game Online di Kota Denpasar’. ARCHIVE OF COMMUNITY HEALTH, 8(1), 91–108.

Putra, H.R. and Ratnawati, D. 2020. ‘Hubungan Perilaku Bermain Game Online dengan Carpal Tunnel Syndrome Pada Remaja’, Indonesian Journal of Health Development, 2(1), pp. 1–12.

Rohideta, M. S., Asnawi, H., & Irfanuddin, I. 2019. ‘Hubungan Durasi Penggunaan PlayStation dengan De Quervain’s Syndrome pada Pemain PlayStation di Rental PlayStation Kelurahan Puncak Sekuning Palembang Tahun 2016’. Majalah Kedokteran Sriwijaya, 49 (1), 7.

Safhira, I. and Satrya, C. 2021. ‘Kajian Tingkat Keparahan Postur Janggal yang Berkontribusi kepada Gangguan Sistem Muskuloskeletal (Studi Pustaka Naratif)’, National Journal of Occupational Health and Safety, 2, pp. 1-9.

Wuryasti, F. 2020. ‘Pengguna Internet Indonesia Hampir Tembus 200 Juta’


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Bilqis Logika Perspektif Sains, Sucipto Sucipto, Rita Dwi Pratiwi, Ida Listiana