Review Artikel : Edukasi Pengetahuan Pola Hidup Bersih Dan Sehat Serta Penggunaan Vitamin Pada Smp Islam Assa’adah

Lidya Pratiwi, Dewi Indah Kurniawati, Nenden Nurhasanah, Annisa Septyana Putri, Sheima Sukmaria Nurina, Gina Aulia, Dwina Ramadhani Pomalingo, Firdha Senja Maelaningsih, LM Zulfahrin UZ, Andriyani Rahmah Fahriati, Intan Tsamrotul Fu'adah, Diah Permata Sari, Lina Nafisah, Nur Afni Syariah Nasar

Abstract


Edukasi tentang pengetahuan polahidup bersih dan sehat serta kesadaran manusia dalampenggunaanvitaminsertamelaksanakanhidupbersihdansehatkepadalingkunganmasing-masing.Pencapaian untuk pola hidupsehat harus dilakukan beberapa langkah secara konsisten, sepertiolahragayangteratur,mengkonsumsimakanansehatdanbergizi,istirahatyangcukup,menerapkanpolahidupbersihdansehatdanmengkonsumsivitaminsebagaipeningkatanimunitaseksternal.Tidaklepasjugaperhatianuntukpeningkatankesehatananakhinggaremaja,khususnyabagianakyangmungkinmemilikidefisiensisistemkekebalantubuhsangatdiperlukan. Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan edukasi pengetahuan sertaketerampilan pesertadidik dalam pengetahuan polahidupbersih dansehat.Metodeyangdigunakan adalah metode penggunaan vitamin di mana peserta berperan aktif dalam kegiatan,sehinggadenganadanyapartisipasipesertadidik maka tujuan kegiatan akan lebih mudahdiperoleh.Kegiatandilakukandenganbeberapatahapyaitukegiatandiikutiolehsatukelaspesertadidik dilakukan diSMPIAssa'adah,sebelum penyampaian materi perkenalan terlebih dahulupesertadidikagarmendapatkanperhatiansertamenciptakansuasanakelasbelajaryangrileksdannyaman. Selanjutnya penulis akan pengetahuan isivitamin dimulai dari pengertian, jenis,pengelompokan, fungsi serta pemanfaatan dalam mengonsumsi vitamin. Dalam memudahkanpesertadidikmemahami,penulismengaitkanbeberapacontohjenisvitaminmelaluicontohdaribuah-buahan. Selamakegiatan berlangsung, peserta didik pandai dalam menjaga ketentramansehingga suasana dikelas begitu nyaman dan mereka fokus mendengarkan penjelasan daripenulis.Hasilkegiataninidiharapkandapatmenjadimotivasibagipesertadidikuntukmengonsumsi berbagai jenis vitamin. Kegiatan ini lebih lanjut diharapkan dapat menginspirasipeserta didik supaya lebih pintar dalam berinovasi dan terinspirasi untuk menggunakan vitamindilingkunganmasing-masing.

Keywords


Pola Hidup Bersih dan Sehat, Vitamin

Full Text:

PDF

References


Elvira, F., Panadia, Z. F., Veronica, S., & Herdiansyah, D. (2021). Penyuluhan cuci tangan pakai sabun (CTPS) dan pemberian vitamin untuk anak-anak. Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ, 1(1).

Anam, K. (2016). Pendidikan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat Dalam Presfektif Islam. Jurnal Sagacious, 3(1).

Harahap, M. H., Fibriasari, H., Ihsan, M., Irfand, I., Panggabean, D. D., & Syah, D.

H. (2020). Upaya Peningkatan Pola Hidup Bersih Sehat Di Desa Ibus Melalui Diseminasi Teknologi Tepat Guna Filter Air, Cuci Tangan Digital Dan Mesin Pembuat Sabun Untuk Menghadapi Pandemi Covid-19. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 26(4), 236–240.

Indriastuti, D. R., & SE, Ms. (2021). Buku Saku Membangun Kepedulian Masyarakat Untuk Berperilaku Pola Hidup Bersih Sehat. Unisri Press.

Dekye. (2021). SOSIALISASI PENTINGNYA MENJAGA KEBERSIHAN LINGKUNGAN GUNA MENINGKATKAN KESADARAN TERHADAP

LINGKUNGAN. National Conference for Community Service Project, 635-636.

Leo, R., & Daulay, A. S. (2022). Penentuan Kadar Vitamin C Pada Minuman Bervitamin Yang Disimpan Pada Berbagai Waktu Dengan Metode Spektrofotometri UV. Journal of Health and Medical Science, 106.

PratiwI, T. D. (2019). Perbedaan Antara Asupan Vitamin B1, B6 dan B12 dengan Kejadian Dysmenorrhea pada Remaja Putri di SMAN 8 Kota Malang dan MA Nurul Ulum Munjungan Kabupaten Trenggalek. Journal of Issues in Midwifery, 2-3




DOI: http://dx.doi.org/10.52031/jam.v5i2.927

Refbacks

  • There are currently no refbacks.