EFEKTIVITAS ALAT PERMAINAN EDUKASI MERONCE TERHADAP PERKEMBANGAN MOTORIK HALUS ANAK USIA PRA SEKOLAH DI PAUD AL-IKHSAN

Putri Handayani Setyaningsih, andriyani Rahmah Fahriati, Muayah Muayah, Annisa Amalia Hanifa, Yollin Noviana Sari, R Tri Rahayuning Lestari, Siti Aisyah, Neng Zikra Marsela

Abstract


                                            ABSTRACT

Background: The Word Health Organization (WHO) reports that as many as 52.9 million children in the world experience developmental delays. According to UNICEF, while in Indonesia as many as 13-18% experience various developmental problems such as delays in motor, language, behavior, autism and hyperactivity. Data in West Java shows that children who experience gross motor delays are 32.48%, while fine motor delays are 7.26%. Research Objectiv: This is to analyze the existence of "The Effectiveness of Meronce Educational Game Tools on Fine Motor Development of Preschool Age Children at Paud Al-ikhsan Kp. Iwul Kab. Bogor". Research method: This is a quantitative study with an Pre-Experimental approach aimed at determining the effect of the independent variable with the dependent in the form of one group pre-test and post-test design as many as 30 respondents using the Wilcoxon statistical test with a significant level α = 0.05. Research Results: Using the wilcoxon test shows the results (p-value=0.000<0.05). It was obtained that before the educational game was done more than half of the fine motor development of preschool children in the undeveloped category as many as 21 respondents (70%). Whereas after the educational game was done, most of the fine motor development of preschool children in the category of very well developed as many as 28 respondents (93%). Conclusion: There is an Effectiveness of Meronce Educational Game Tools on Fine Motor Development of Preschool Children at Paud Al-Ikhsan.

                                               ABSTRAK

Latar Belakang: Word Health Organization (WHO) melaporkan bahwa sebanyak 52,9 juta anak didunia mengalami keterlambatan perkembangan. Menurut UNICEF Sementara di Indonesia sebanyak 13-18% mengalami berbagai masalah perkembangan seperti keterlambatan pada motorik, bahasa, prilaku, autisme dan hiperaktif. Data di Jawa Barat menunjukan anak yang mengalami keterlambatan motorik kasar yaitu sebesar 32,48%, sedangkan keterlambatan motorik halus sebesar 7,26%. Tujuan Penelitian ini adalah menganalisis adanya “ Efektivitas Alat Permainan Edukasi Meronce Terhadap Perkembangan Motorik Halus Anak Usia Prasekolah di Paud Al-Ikhsan Kp. Iwul Kab. Bogor”. Metode penelitian: Ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan Pre-Eksperimen bertujuan untuk mengetahui pengaruh variabel independen dengan dependen dalam bentuk one group pre-test and post-test design sebanyak 30 responden menggunakan uji statistik wilcoxon dengan tingkat signifikan α=0,05. Hasil Penelitian: Menggunakan uji wilcoxon menunjukan hasil (p-value=0,000<0,05). Diperoleh sebelum dilakukan permainan edukasi meronce lebih dari setengahnya perkembangan motorik halus anak usia prasekolah dalam kategori belum berkembang sebanyak 21 responden (70%). Sedangkan setelah dilakukan permainan edukasi meronce sebagian besar perkembangan motorik halus anak usia prasekolah dalam kategori berkembang sangat baik sebanyak 28 responden (93%). Kesimpulan: Terdapat Efektivitas Alat Permainan Edukasi Meronce Terhadap Perkembangan Motorik Halus Anak Prasekolah di Paud Al-Ikhsan.

 


Full Text:

PDF

References


Baan, A, B., Rezeki, H, S & Nurhayati. 2020. Perkembangan Motorik Kasar Anak Usia Dini: Jurnal Bungam Puti. Vol.6, No.1, pp. 14- 21.

Fauzi, L. dkk. 2021. Anak Usia Pra Sekolah, Bermain, dan Media Digital. Semarang: LPPM Universitas Negeri Semarang.

Kementrian Kesehatan RI. 2016. Pedoman Pelaksanaan Stimulasi, Deteksi dan Intervensi Dini Tumbuh Kembang Anak.

Khadijah & Amalia, N. 2020. Perkembangan Fisik Motorik Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana.

Khoerunnisa, S, R., Muqodas I., Justicia R., 2023. Pengaruh Bermain Puzzle Terhadap Perkembangan Motorik Halus Anak Usia 5-6 Tahun: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, Vol. 4, No. 2.

Kuswanto, dkk., 2021. Kegiatan Meronce Untuk Perkembangan Motorik Halus Anak Usia 5-6 Tahun: Jurnal Ilmiah PTK PNF. Vol 16 No.1.

Lutfiana A, 2020. Pengaruh Alat Permainan Edukasi Meronce Terhadap Perkembangan Motorik Halus Anak Pra Sekolah di RA Al- Hikmah Trondowolan Plandaan Jombang, [Skripsi]: Program Sarjana Sekolah Tinggi Ilmu kesehatan Insan Cendikia Medika.

Munawaroh S., Nurwijayanti, A., & Indrayati,

N. 2019. Gambaran Perkembangan Motorik Halus Pada Anak Usia Prasekolah dengan Metode Mengambar: Community of Publishing In Nursing. Vol. 7, No. 1.

Noordiati., 2018. Asuhan Kebidanan Neonatus, Bayi, Balita dan Anak Pra Sekolah. Malang: Wineka Media.

Nurjannah & Nurdiana., 2023. The Influence Of Meronce Educational Game On Motor Development In Learning Colors: Jurnal Real Riset. Vol 5, No 1.

Putri, N, P & Sulistyawati, E. 2024. Peningkatan Perkembangan Motorik Halus Pada Anak Usia Prasekolah Melalui Penerapan Terapi Bermain Papercraft: Holistic Nursing Care Approach. Vol. 4, No.1.

Pramono, T. 2023. Mengoptimalkan Penggunaan Alat Peraga Dalam Setiap Kegiatan Pembelajaran: Universitas Terbuka UPBJJ Yogyakarta.

Rohayati. 2021. Stunting Mempengaruhi Perkembangan Motorik Kasar, Motorik Halus dan Bahasa Anak Usia 0-5 Tahun. Jurnal Endurance: Kajian Ilmiah Problema Kesehatan. Vol.6, NO.3

Sa’adah, L., Martadi, L., & Taqiyuddin, A. 2021. Analisis Perbedaan Kinerja Karyawan Pada PT Surya Indah Food Multrasa Jombang: Jurnal Inovasi Penelitian. Vol. 2, No.2.

Taib, B., Arfa, U & hasbin, H. 2021. Analisis Kesehatan Meronce Menggunakan tutup Botol Bekas Terhadap Keterampilan Motorik Halus Anak

Usia Dini 5-6 Tahun: Jurnal Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini.

Taqfani, A. W. & Utami, R. W. 2023. Pengaruh Bermain Alat Permainan Edukatif (APE) Meronce Terhadap Perkembangan Motorik Halus Anak ADHD di TK Saymara Kartasura: Universitas Kususma Husada.

UNICEF. 2020. Situasi Anak di Indonesia: Unicef Indonesia. 1-67

WHO. 2023. Caring For Choldren with Development Delay: Reaching The

Wulandari, A. Dkk. 2023. Pentingnya Media Pembelajaran Dalam Proses Belajar Mengajar: Jurnal On Education. Vol.5, No.2.

Yusuf, B, S., dkk., 2022. Deteksi Dini Tumbuh Kembang dan Stimulasi pada Balita Berbasis Masyarakat dalam Kegiatan Fisioterapi Komunitas di Desa Lulut Kabupaten Bogor: Jurnal Pengabdian Masyarakat Fisioterapi dan Kesehatan Indonesia. Vol 1, No 1.




DOI: http://dx.doi.org/10.52031/map.v5i1.1139

Refbacks

  • There are currently no refbacks.