HUBUNGAN KOMPETENSI PERAWAT IGD DENGAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN DI RUANG IGD RSUD KOTA TANGERANG

Veri Veri, Tita Hardianti, Ida Listiana

Abstract


Instalasi Gawat Darurat merupakan pintu pertama bagi pasien dalam memperoleh tindakan perawatan baik dalam keadaan gawat darurat maupun tidak dalam keadaan gawat darurat. Keberhasilan pelayanan di Instalasi Gawat Darurat ditandai oleh kepuasan pasien yang salah satunya dicapai melalui pelayanan keperawatan yang kompeten. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan kompetensi perawat IGD dengan tingkat kepuasan pasien di Ruang IGD RSUD Kota Tangerang. Metode penelitian. Desain penelitian ini adalah deskriptif korelatif dengan pendekatan cross sectional. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner yang berisi pertanyaan tentang kompetensi perawat dan tingkat kepuasan pasien. Teknik sampling menggunakan non probability sampling dengan pendekatan purposive sampling, dengan sampel sebanyak 280 orang responden. Analisis data menggunakan Chi Square. Hasil penelitian didapatkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara kompetensi perawat IGD dengan tingkat kepuasan pasien di ruang IGD RSUD Kota Tangerang dengan p value 0,001 (p < a 0,05). Saran diharapkan meningkatkan kemampuan dengan mengikuti pelatihan dan seminar-seminar yang bisa menambah kompetensi bagi seluruh perawat. Pihak manajemen dapat melakukan survey secara berkala mengenai kepuasan dalam pelayanan untuk memberikan evaluasi serta memberikan solusi terhadap permasalahan yang ada.


Keywords


Kompetensi Perawat, Tingkat, Kepuasan Pasien

Full Text:

PDF

References


Alya, Noor. (2021). Kompetensi dan Kedisiplinan Tenaga Kesehatan terhadap Kepuasan Pasien rawat inap Puskesmas Jasinga Kabupaten Bogor Jawa Barat. Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi Vol 4 , No. 1, Juni 2021.

Amalia, Fitri. (2018). Analisis Gambaran Peta Perjalanan Pasien di Pelayanan Rawat Jalan RS Kanker “Dharmais”. Jurnal Administrasi Kebijakan Kesehatan Volume I Nomor 1.

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta

Ariyanto, H. (2014). Indeks Kepuasan Masyarakat Terhadap Pelayanan di Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Puskesmas Cibodasari Kecamatan Cibodas Kota Tangerang. Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Asmadi. (2015). Konsep Dasar Keperawatan. Jakarta : EGC.

Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS). (2020). Buku Pegangan Sosialisasi Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) dalam Sistem Jaminan Sosial Nasional. Jakarta: BPJS.

Bustami, B. (2018). Penjaminan Mutu Pelayanan Kesehatan dan

Akseptabilitasnya. Jakarta : Erlangga.

Chang, Z. X., Yang, G. H., & Yuan, W. (2014). Competency-based management effects on satisfaction of nurses and patients. International Journal of Nursing Sciences.

Edison, Emron dan Imas Komariyah. (2017). Manajemen Sumber Daya Manusia.

Bandung: Alfabeta.

Faridah, Ida. (2022). Persepsi Perilaku Caring Perawat Terhadap Kepuasan Pasien di Instalasi Rawat Inap Kelas 3 RSU Kabupaten Tangerang. Tesis Fakultas Ilmu Keperawatan, Universitas Muhammadiyah Jakarta.

Fauzan Akbar. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap Pada Rumah Sakit Islam Ibnu Sina Pekanbaru. UIN Sultan Syarif Kasim Riau.

Hafizurrachman. (2014). Kepuasan Pasien dan Kunjungann Rumah Sakit. Jurnal

Kesehatan Masyarakat Nasional.

Hardian, Irfan. (2022). Pengaruh Kompetensi dan Fasilitas Terhadap Motivasi dan

Produktivitas Kerja Perawat Pelaksana di Ruang Rawat Inap Kelas 3 Rumah Sakit Umum Pusat Fatmawati. Fakultas lmu Keperawatan Universitas

Muhammadiyah Jakarta.

Hidayat, A. A. (2014). Metode Penelitian Keperawatan dan Teknik Analisis Data.

Jakarta : Salemba Medika

Honifa. (2021). Pengaruh Kompetensi Sumber Daya Manusia dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pasien Umum yang Berdampak Kepada Berkunjung Kembali di Klinik Andilia Kabupaten Bogor. Jurnal Ilmiah Kesehatan Vol 20 No.3 Tahun 2021.

Kartika, Imelda Rahmayunia. (2018). Kompetensi Perawat dan Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Keperawatan di Rawat Jalan. Jurnal Keperawatan, Volume 14, No. 2, Maret 2018,

Kemenkes. (2017). Infodatin Situasi Tenaga Keperawatan Indonesia. Pusat Data dan Informasi Kementerian Kesehatan RI

(2019). Peraturan Menteri Kesehatan No, 26 Tahun 2019 Tentang

Keperawatan. Berita Negara Republik Indonesia No.912, 2019

(2018). Peraturan Menteri Kesehatan RI Nomor 47 Tahun 2018 tentang Pelayanan Kegawatdaruratan. Kemenkes : Jakarta.

Kotler, P. K. L. K. (2016). Manajemen Pemasaran edisi 12 Jilid 1 & 2. Jakarta :: PT. Indeks.

Mernawati dan Zainafree. (2016). Analisis Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Jalan di Puskesmas Lamper Tengah Kecamatan Semarang Selatan Kota Semarang. Public Health Perspective Journal 1 (1).

Muhayyah, Nada Syaida. (2020). Hubungan Komunikasi Terapeutik Terhadap Kepuasan Pasien di Ruang Rawat Inap Rumah Sakit Islam Jakarta Cempaka Putih. Fakultas lmu Keperawatan Universitas Muhammadiyah Jakarta.

Nirmalarumsari, Chrecencya. (2020). Hubungan Kompetensi Perawat, etika dan Disiplin Kerja Perawat dengan Kepuasan Pasien di Puskesmas Pontap Kota Palopo. Jurnal Kesehatan Luwu Raya Vol 7 No, 1 Juli 2020.

Notoatmodjo, S. (2015). Promosi Kesehatan, Teori & Aplikasi, ed. revisi 2015.

Jakarta: Rineka Cipta.

Nursalam. (2016). Manajemen Keperawatan “Aplikasi Dalam Praktik

Keperawatan Profesional. Jakarta : Salemba Medika

(2017). Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan: Pendekatan

Praktis. Jakarta : Salemba Medika.

Pohan, I. S. (2013). Jaminan Mutu Layanan Kesehatan. Jakarta : EGC

Potter, Patricia A, Perry, Anne G. (206). Buku Ajar Fundamental Keperawatan Konsep, Proses dan Praktik Edisi 4 Volume 1. Dialih bahasakan oleh Yasmin, Asih. Jakarta : EGC.

Purwanto, M. J., Handoyo, & Utami, W. (2014). Hubungan Antara Kinerja Perawat Dengan Kepuasan Pasien Di Instalasi Gawat Darurat (IGD) RSUD Cilacap. Jurnal Ilmiah Kesehatan Keperawatan, 10(3), 137–143.

Rensi, Nika. (2019). Pengaruh Kompetensi Tenaga Medis dan Pelayanan Kesehatan terhadap Kepuasan Kasien pada Puskesmas Poncowati Kecamatan Terbanggi Besar Kabupaten Lampung Tengah. Jurnal Simplex Volume 2, Nomor 2, Agustus 2019

Simbolon, A. A. (2016). Pengaruh Kompetensi dan Pelatihan terhadap Kinerja Perawat Instalasi Gawat Darurat di RSU Dr. Fl. Tobing Kota Sibolga Tahun 2016. Universitas Sumatera Utara, Medan

Sumarwan, U. (2015). Perilaku Konsumen: Teori dan Penerapannya dalam

Pemasaran. Jakarta : Ghalia Indonesia.

Suweko, Hadi. (2019). Hubungan Perilaku Caring Perawat dengan Tingkat Kepuasan Pasien di Ruang Rawat Inap : Literatur Review. Jurnal Ilmu Keperawatan dan Kebidanan Vol.10 No.1 (2019) 243-247

Tjiptono, F. (2016). Service, Quality and Satisfaction. Yogyakarta : ANDI

Utari, Elitha M. (2016). Hubungan kenyamanan dan kompetensi tenaga medis dengan kepuasan pasien BPJS di ruang rawat penyakit dalam Rumah Sakit Dr. Abdul Moeloek Provinsi Lampung. Jurnal Medika Malahayati Vol. 3 No.

Juli 2016.

Vankar, Preeti. (2022). Level of Satisfaction With National Health Systems Worldwide By Country. Statista Global Data and Business Intelligence Platform

Wibowo. (2016). Manajemen Kinerja. Edisi Kelima. Depok: PT. Raja Grafindo Persada. Widiasari. (2019). Kepuasan Pasien Terhadap Penerapan Keselamatan Pasien di Rumah Sakit. Jurnal Keperawatan Indonesia, 2019, 22 (1), 43–52

Yustriani. (2022). Hubungan Kompetensi Perawat IGD Terhadap Tingkat Kepuasan Pasien di Ruang IGD RSUD Abdul Wahab Sjahranie Samarinda. Borneo Student Researh Vol. 3 No. 2 2022.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.