PENGARUH PEMBERIAN EDUKASI VIDEO ANIMASI TENTANG KEGAWATDARURATAN HIPERTENSI TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN PADAPENDERITA HIPERTENSI DI UPTD PUSKESMAS DUREN SERIBU KOTA DEPOK
Abstract
ABSTRACT
Hypertension is a serious health problem faced by people all over the world. According to WHO, in 2023, it is estimated that around 1.28 billion adults aged 30-79 years worldwide will suffer from hypertension. Hypertension that is not treated properly can result in a hypertensive crisis, which is a form of life-threatening hypertension. The purpose of this research was to determine the effect of providing animated video education about hypertension emergencies on the level of knowledge among hypertension sufferers at the UPTD Duren Seribu Community Health Center, Depok City. The research method used was Pre Quasi Experiment with a one group pre test post test design. The instrument is a questionnaire. The total sample was 48 respondents, with a purposive sampling technique. The results of the study obtained and average pre test value before the animated video educationwas 16.42 and the average post test after being given the animated video education was 21.90, and a P value 0.000<0.05 was obtained, so it can be concluded that there is an effect of providing animated video education about hypertension emergencies on the level of knowledge of hypertension sufferers at the UPTD Duren Seribu Community Health Center, Depok City. The Suggestions from the results of this study are expected that after being given education about hypertension emergencies, it can be an effort to anticipate hypertension emergency conditions.
ABSTRAK
Hipertensi merupakan salah satu masalah kesehatan serius yang dihadapi oleh orang di seluruh dunia. Menurut WHO pada tahun 2023, diperkirakan sekitar 1,28 miliar orang dewasa berusia 30-79 tahun diseluruh dunia menderita hipertensi. Hipertensi yang tidak mendapatkan penangangan dengan baik dapat berakibat menjadi krisis hipertensi yang merupakan salah satu hipertensi yang mengancam jiwa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pemberian edukasi video animasi tentang kegawatdaruratan hipertensi terhadap tingkat pengetahuan pada penderita hipertensi di UPTD Puskesmas Duren Seribu Kota Depok. Metode penelitian penelitian yang digunakan adalah Pre Quasi Eksperimen dengan rancangan one group pre test post test design. Instrumen yang kuesioner. Jumlah sampel sebanyak 48 responden, dengan teknik pengambilan sampel purposive sampling. Hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pre test sebelum dilakukan edukasi video animasi sebesar 16,42 dan nilai rata-rata post test sesudah diberikan edukasi video animasi sebesar 21,90, dan diperoleh nilai P value yaitu 0,000<0,05 jadi dapat disimpulkan terdapat pengaruh pemberian edukasi video animasi tentang kegawatdaruratan hipertensi terhadap tingkat pengetahuan pada penderita hipertensi di UPTD Puskesmas Duren Seribu Kota Depok. Saran dari hasil penelitian ini diharapkan setelah diberikan edukasi mengenai kegawatdaruratan hipertensi dapat menjadi upaya untuk mengantisipasi kondisi kegawatdaruratan hipertensi.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aditama, M. D. P. (2023). Pengaruh Media Edukasi Video Animasi Terhadap Pengetahuan Pola Tidur Sehat Untuk Pencegahan Hipertensi Pada Remaja. Jurnal Kesehatan Siliwangi, 3(3), 539-543. https://doi.org/10.34011/jks.v3i3.1043
Agustien, R., Umamah, N., & Sumarno, S. (2018). Pengembangan media pembelajaran video animasi dua dimensi situs Pekauman di Bondowoso dengan model ADDIE mata pelajaran Sejarah kelas X IPS. Jurnal edukasi, 5(1), 19-23. https://doi.org/10.19184/jukasi.v5i1.8010.
Abdullah, A., Firmansyah, A., Rohman, A. A., & Etc. (2020). Health Education; The Comparison Between With Leaflet and Video Using Local Language In Improving Teenager’s Knowledge of Adverse Health Effect of Smoking. Falatehah Health Journal, 7(1). https://doi.org/https://doi.org/10.3 3746/fhj.v7i1.50
Aisah, S., Ismail, S., & Margawati, A. (2021). Edukasi kesehatan dengan media video animasi: Scoping review. Jurnal Perawat Indonesia, 5(1), 641-655.
Damayanti, R., Sabar, S., Lestari, A., & Nurarifah, N. (2022). Pengaruh Pemberian Edukasi Terhadap Perubahan Tekanan Darah Pada Lansia Dengan Hipertensi. Lentora Nursing Journal, 2(2).
Dinkes Kota Depok. Profil Kesehatan 2020.
Dinkes Provinsi Jawa Barat (2020). Laporan Kerja Instansi Pemerintah.
Fahriah, K. (2021). Hubungan Tingkat Pendidikan, Pengetahuan Dan Sikap Terhadap Pencegahan Penyakit Hipertensi Pada Usia Produktif Di Wilayah Kerja Puskesmas Melati Kuala Kapuas Tahun 2021 (Doctoral dissertation, Universitas Islam Kalimantan MAB).
Hidayatullah, A., & Rokhmiati, E. (2023). Edukasi kegawatdaruratan hipertensi dalam meningkatkan pengetahuan lansia dengan hipertensi. Jurnal Masyarakat Mengabdi Nusantara, 2(3), 175-182. https://doi.org/10.58374/jmmn.v2i3.189
Manogu, A. (2022, November). Penerapan Media Video Pembelajaran Sebagai Aplikasi Pendekatan Contekstual Teaching Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V. In Proseding Didaktis: Seminar Nasional Pendidikan Dasar (Vol. 7, No. 1, pp. 690-702).
Pangestika, I., Kp, S. A. S., & Rahayuningsih, F. B. (2022). Hubungan Pekerjaan Orang Tua Dengan Tingkat Pengetahuan Orang Tua Tentang Penyakit Kanker Pada Anak Di Wilayah Puskesmas Baki Sukoharjo (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).
Pramana, D. (2020). Penatalaksanaan krisis hipertensi. Jurnal Kedokteran, 5(2), 91-96. http://dx.doi.org/10.36679/kedokteran.v5i2.243.
Rejo, R., & Nurhayati, I. (2021). Hubungan Tingkat Pengetahuan Keluarga Tentang Hipertensi Dengan Klasifikasi Hipertensi. Profesi (Profesional Islam): Media Publikasi Penelitian, 18(2), 72-80.
Rosa, R. D., & Natalya, W. (2023, August). Hubungan Usia Dan Pendidikan Klien Hipertensi Dengan Pengetahuan Mengenai Diet Rendah Natrium. In Prosiding Seminar Nasional Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat (Snppm) Universitas Muhammadiyah Metro (Vol. 5, No. 1, pp. 120-128).
Safitrin, N. Q. (2021). Hubungan Jenis Kelamin, Obesitas, Dan Pengetahuan Dengan Kejadian Hipertensi Di Wilayah Kerja Puskesmas Cempaka Kota Banjarmasin Tahun 2021 (Doctoral dissertation, Universitas Islam Kalimantan MAB).
Tursilowati, S. Skm, Msc.Ph. (2022). Pemberian Edukasi Gizi Dengan Media Video Animasi Terhadap Pengetahuan Dan Sikap Tentang Hipertensi Pada Kelompok Prolanis Di Puskesmas Tlogosari Wetan Kota Semarang. Semarang:DIV Gizi Semarang
WHO. W,H,O (2023). Hypertension. March. https://www.who.int/news-room/fact-sheet/detail/hypertension. Diakses 19 Januari 2024.
Refbacks
- There are currently no refbacks.