PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN MELALUI MEDIA VIDEO INTERAKTIF ANIMASI VADINOVA TERHADAP PENGETAHUAN IBU HAMIL TRIMESTER III TENTANG KONTRASEPSI IUD POST PLASENTA DI PUSKESMAS RAWA BUNTU
Abstract
ABSTRAK
Latar belakang: rendahnya penggunaan kontrasepsi IUD post plasenta masih menjadi masalah dalam upaya pengendalian angka kelahiran, salah satunya disebabkan oleh kurangnya pengetahuan ibu hamil tentang manfaat, waktu pemasangan, dan efek samping kontrasepsi tersebut. Untuk mengatasi hal ini, dibutuhkan media yang menarik dan mudah dipahami, seperti video interaktif animasi Vadinova yang dapat meningkatkan pengetahuan dan pemahaman ibu hamil.Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh pendidikan kesehatan melalui media video animasi VADINOVA terhadap pengetahuan ibu hamil trimester III tentang IUD post plasenta. Metode penelitian ini menggunakan desain pra-eksperimen dengan pendekatan one group pre-test dan post-test. Sampel berjumlah 30 orang ibu hamil trimester III yang diambil menggunakan teknik total sampling di UPTD Puskesmas Rawa Buntu. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner dengan skala Guttman, dan analisis data menggunakan uji Wilcoxon. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan pengetahuan setelah diberikan intervensi dengan nilai p < 0,001, yang berarti terdapat perbedaan signifikan antara nilai pre-test dan post-test. Kesimpulan bahwa terdapat pengaruh pendidikan kesehatan melalui media video animasi VADINOVA terhadap peningkatan pengetahuan ibu hamil trimester III tentang IUD post plasenta.
ABSTRACT
Background : The low utilization of post-placental IUD contraception remains a significant issue in efforts to control birth rates, one of the contributing factors is the lack of knowledge among pregnant women regarding the benefits, appropriate timing for insertion, and potential side effects of post-placental IUDs. To adress this issue, an engaging and easy-to-understand educational medium is needed, such as the Vadinova interactive animated video, which is designed to enhance pregnant women‘s knowledge and understanding. The purpose this study aimed to determine the effect of health education using the VADINOVA animated video on the knowledge of third-trimester pregnant women about post-placental IUDs. Research method this used a pre-experimental design with a one-group pre-test and post-test approach. The sample consisted of 30 third-trimester pregnant women selectedsampling at UPTD Puskesmas Rawa Buntu. The instrument used was a questionnaire based on the Guttman scale, and data were analyzed using the Wilcoxon test. The result showed an increase in knowledge after the intervention, with a p-value < 0.001, indicating a significant difference between pre-test and post-test scores. The conclusion that health education using the VADINOVA animated video has an effect on increasing the knowledge of third-trimester pregnant women regarding post-placental IUDs.
Keywords
Full Text:
UntitledReferences
Amelia, R., Maryati, M., & Hardjanti, T. S. (2020). Pengaruh penyuluhan media video terhadap peningkatan pengetahuan dan sikap tentang kontrasepsi intra uterine devices (IUD) pada pasangan usia subur di Kecamatan Gunung Pati Semarang. Jurnal Ners dan Kebidanan (Journal of Ners and Midwifery), 7(1), 24–29. https://doi.org/10.26699/jnk.v7i1.art.p024-029
Anggriani, Y. et al. (2024). Penyuluhan Tentang Penggunaan Metode Kontrasepsi Jangka Panjang (Mkjp) Pada Wanita Usia Subur. Jurnal Inovasi & Terapan Pengabdian Masyarakat, 4(1), pp. 25–30. Available at: https://doi.org/10.35721/jitpemas.v4i1.90.
Anwar, F., & Dewi, M. (2023). Hubungan antara usia dan tingkat pengetahuan ibu hamil tentang kontrasepsi. Jurnal Kebidanan Nusantara, 12(1), 33–40. https://doi.org/10.1234/jkn.v12i1.1234.
Badan Pusat Statistik. (2024). Jumlah penduduk menurut kabupaten/kota di Provinsi Banten 2023–2024. https://banten.bps.go.id/id/statistics-table/2/NTIxIzI=/jumlah-penduduk-menurut-kabupaten-kota-dan-jenis-kelamin-di-provinsi-banten.html
Gupta, S., Bharti, S., Kumar, S., & Sharma, R. (2023). Correlates of post-partum intra-uterine copper-T devices (PPIUCD) acceptance and retention: An observational study from North India. Contraception and Reproductive Medicine, 8(1), 1–22. https://doi.org/10.1186/s40834-023-00222-2
Jainatun, J., Santoso, H., & Widyaningrum, N. (2023). Hubungan tingkat pengetahuan kontrasepsi IUD terhadap minat penggunaan alat kontrasepsi IUD pasca persalinan pada ibu hamil trimester II dan III di wilayah kerja Puskesmas Mengkatip. Jurnal Forum Kesehatan: Media Publikasi Kesehatan Ilmiah, 13(2), 61–68. https://doi.org/10.52263/jfk.v13i2.185
Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, & BKKBN. (2023). Pedoman Pelayanan Keluarga Berencana Pasca Persalinan di Fasilitas Kesehatan. Jakarta: BKKBN & Kemenkes RI.
Kurnia, D. R. (2023). Pendidikan kesehatan melalui media video terhadap pengetahuan remaja putri tentang dampak pernikahan dini pada kesehatan reproduksi. Jurnal Promotif Preventif, 6(4), 540–546. http://journal.unpacti.ac.id/index.php/JPP
Mulyadi, M. Isra, W. and Chrisnawati (2022) ‘Efektivitas Pendidikan Kesehatan Dengan Media Video Terhadap Tingkat Pengetahuan Perilaku Hidup Bersih Dan’, Jurnal stikes cendekia utama, 3(2), pp. 112–117. Available at: http://journal.stikessuakainsan.ac.id/index.php/jksi/article/view/111.
Notoatmodjo, S. (2012). Promosi kesehatan dan perilaku kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.
Permatasari, L., Yolandia, R.A. and Lisca, S.M. (2023) ‘Hubungan Pengetahuan Ibu, Sumber Informasi Dan Dukungan Suami Terhadap Kesediaan Ibu Bersalin Untuk Pemasangan Iud Post Plasenta Di Puskesmas Karangpawitan Kabupaten Garut Tahun 2023’, SENTRI: Jurnal Riset Ilmiah, 2(10), pp. 4359–4373. Available at: https://doi.org/10.55681/sentri.v2i10.1674.
Sari, R. N., Umami, S., & Rahmawati, L. (2021). Pengaruh tingkat pendidikan terhadap pengetahuan ibu hamil mengenai IUD post plasenta. Jurnal Bidan Cerdas, 9(3), 122–129. https://doi.org/10.8910/jbc.v9i3.8910
Sinaga, R. P., Sari, D. M., & Hutagalung, T. (2022). Pengaruh pendidikan kesehatan terhadap minat penggunaan IUD pasca persalinan. Jurnal Ilmiah Kebidanan Indonesia, 10(2), 88–94. https://doi.org/10.5678/jiki.v10i2.5678
Sulistyowati, N. (2020). Pendidikan kesehatan dalam upaya peningkatan pengetahuan ibu hamil. Jurnal Ilmiah Kesehatan, 8(1), 45–52. https://doi.org/10.2460/jik.v8i1.2460
Yantie1, L., Palimbo2, A. and Nurhidayah (2021) ‘Persepsi Bidan Tentang Kontrasepsi Iud Pasca Plasenta Di Ruang Bersalin RSUD Dr. H. Moch. Ansari SalehBanjarmasin’, Jurnal Kebidanan dan Keperawatan Vol 12 No. 2 Desember 2021, 12(2), pp. 119–148.
Refbacks
- There are currently no refbacks.