PENINGKATAN PENGETAHUAN, SIKAP, DAN PERILAKU IBU DALAM PENCEGAHAN KEKERASAN SEKSUAL ANAK (KSA) MELALUI PROGRAM EDUKASI PENA

Anisa Peba Marzika, Vira Aprilia Cahyadi, Amalia Rahma Fitri, Tarischa Yunieta Fiva, Andini Restu Marsiwi, Irfan Hardian

Abstract


Kekerasan seksual terhadap anak (KSA) merupakan masalah global yang mendesak, dengan data KemenPPPA tahun 2022 mencatat 9.588 kasus, meningkat tajam dari tahun sebelumnya. Dampaknya merusak perkembangan fisik, psikis, sosial, dan kognitif anak. Program Intervensi Paket Edukasi (PENA) dirancang untuk mengatasi urgensi ini dengan meningkatkan pengetahuan, sikap, dan perilaku ibu dalam pencegahan KSA di SDN Gandaria Utara 03, yang merupakan area dengan tingkat kerentanan tinggi di Jabodetabek. Metode: Program PENA dilaksanakan selama lima minggu, dengan satu pertemuan per minggu. Metode yang digunakan meliputi ceramah, diskusi, tanya jawab, dan pemutaran video animasi. Evaluasi dilakukan melalui pre-test dan post-test untuk mengukur perubahan pengetahuan, sikap, dan perilaku ibu. Kuesioner digunakan sebagai alat pengumpul data. Hasil: Hasil pengukuran base-line menunjukkan bahwa sebagian besar ibu memiliki pengetahuan yang kurang tentang pencegahan KSA, sikap yang negatif terhadap pencegahan KSA dan perilaku yang kurang baik dalam mencegah KSA. Intervensi berupa edukasi definisi, jenis, bentuk, faktor, dampak, pencegahan, dan penanganan KSA diberikan. Evaluasi sumatif dilakukan untuk mengukur peningkatan pengetahuan, sikap, dan perilaku ibu setelah intervensi. Kesimpulan: Program PENA diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan, sikap, dan perilaku ibu dalam pencegahan KSA. Luaran program berupa buku panduan pelaksanaan program intervensi dan video animasi diharapkan dapat memberikan dampak positif dalam melindungi anak-anak dari kekerasan seksual

Keywords


Kekerasan Seksual Anak; Pengetahuan; Sikap; Perilaku

Full Text:

PDF

References


Alfianto, A. G. (2022). Kekerasan Seksual. www.medsan.co.id

Anjani, F. D., Raharjo, S. T., & Fedryansyah, M. (2022). Faktor Individu Dan Lingkungan Sosial Sebagai Penyebab Perilaku Sexting Di Kalangan Remaja. Share : Social Work Journal, 12(1),12. https://doi.org/10.24198/share.v12i1.33684

Apriningrum, N., Rahayu, M. A., Rahayu, S., Yanti, I., Widianingsih, N., Rofiyah, O., Juniasari, T., & Meilawathie, A. R. (2022). Program Pemberdayaan Masyarakat dalam Pencegahan Kekerasan Seksual Terhadap Anak di Kabupaten Karawang. Jurnal Kreativitas Pengabdian Kepada Masyarakat (Pkm), 5(5), 1419–1427. https://doi.org/10.33024/jkpm.v5i5.5706

Cecillia Heni Agustinawati, Asnet Leo Bunga, & Indriati Kusumaningsih. (2022). Studi Fenomenologi Peran Perawat pada Pelaksanaan Discharge Planning dalam Asuhan Keperawatan di RS X. Media Publikasi Promosi Kesehatan Indonesia(MPPKI),5(4),410–420. https://doi.org/10.56338/mppki.v5i4.2253

Dania, I. A. (2020). Kekerasan Seksual Pada Anak Child Sexual Abuse.

Hayati,F., Neviyarni, I. (2021). Karakteristik Perkembangan Siswa Sekolah Dasar : Sebuah Kajian Literatur (Vol. 5).

Hendarwati, E., Wahyuni, H. I., & Azmi, F. (2024). Aksiologiya : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Edukasi dan Upaya Preventiv Kasus Child Grooming di Sekolah Dasar Education and Preventive Measures for Child Grooming Cases in Elementary Schools. 8(3), 483–489.

Hirasti, A. A., Prameswari, Y., Chairunnisa, A., Fitri, N. H., & Nabilla, S. (2024). Sosialisasi Pendidikan Seksual Guna Mencegah Kekerasan Seksual pada Anak Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat, 4(1), 133–142. https://doi.org/10.53621/jippmas.v4i1.301

Indonesia Cyber Crime Combat Center. (2024, April). Indonesia Cyber Crime Combat Center. https://ic4.id/media/waspada-dan-cegah-kejahatan-sexortion- bagi-anak

Jalal, N. M., Istiqamah, H. N., & Idris, M. (2021). Program untuk Mencegah Kekerasan Seksual Anak Usia Dini. Seminar Nasional PAUD Holistik Intergratif, September, 109–116.

Kadafi, A., Dewi, N. K., Wardani, S. Y., Pratama, B. D., Suharni, S., & Maharani,

S. (2023). Pencegahan Kekerasan pada Anak Usia Dini melalui Metode Prompts berbasis nilai Religius. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(5), 5232–5239. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i5.4993

Karimah, A. F., Julia, J., Iswara, P. D., Ismail, A., Gusrayani, D., & Isrokatun, I. (2024). Penggunaan Video Animasi untuk Meningkatkan Pengetahuan dan Kesadaran Siswa Sekolah Dasar Terhadap Perundungan. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9(1), 416–424. https://doi.org/10.51169/ideguru.v9i1. 841

Kayowuan Lewoleba, K., & Helmi Fahrozi, M. (2020). Studi Faktor-Faktor Terjadinya Tindak Kekerasan Seksual Pada Anak-Anak (Vol.2, Issue 1). Bulan. https://journal.upnvj.ac.id/index.php/esensihukum/index

KemenPPPA. (2024). KemenPPPA.

Mutmainah, F. (2024). Pengaruh Pemberian Edukasi Dengan Video Animasi Terhadap Pengetahuan Dan Sikap Tentang Perilaku Seksual Pranikah Pada Siswa Di SMK Darul Ulum Bojongsari Depok.

Neherta, N. M., Kep, S., & Biomed, M. (2017). Modul Modul Intervensi Pencegahan Kekerasan Seksual Terhadap Anak

Ninawati, M. (2020). Keefektifan buku pendidikan seks untuk siswa sekolah dasar. EduTech: Jurnal Teknologi Pendidikan, 19(3), 279–286.

Nursahid, M. A. Y., Muyana, S., & Dahlan, U. A. (2024). Mereduksi Kecanduan Pornografi Menggunakan Teknik Restrukturisasi Kognitif, 7(2), 235–247.

Octaviani, F., & Nurwati, N. (2021). Analisis Faktor Dan Dampak Kekerasan Seksual Pada Anak.

Paramastri, I. (2019). KAKSA Orang Tua Siswa TK : Komunitas Anti Kekerasan Seksual pada Anak. Gadjah Mada Journal of Professional Psychology (GamaJPP), 5(1), 83. https://doi.org/10.22146/gamajpp.48589

Pratiwi, Eka. (2020). Efektivitas Promosi Kesehatan Dengan Media Video Animasi Terhadap Pengetahuan Dan Sikap Tentang Pencegahan Kekerasan Seksual Pada Anak Di Sd Negeri 5 Kota Bengkulu. Politeknik Kesehatan Kemenkes Bengkulu.

PUSDATINKPAI. (2023). bit.ly/PermintaanDataKPAI.

Rahman, A., & Marchira, D. (2019). Peran dan motivasi perawat kesehatan jiwa dalam program : studi. BKM Journal of Community Medicine and Public Health, 32(8), 287–294.

Richardo Napitupulu, Y., & Astro Julio, B. (2023). Pelecehan Seksual Anak Di Bawah Umur Pada Anak Indonesia.

Rizky Bastian, E., & Thohir, M. (2024). Mencegah Pelecehan Seksual Digital: Strategi Meningkatkan Literasi Digital dalam Perspektif Pendidikan Islam. Pendidikan Dan Humaniora, 8(1), 1078–

https://doi.org/10.36526/js.v3i2.3943

Sembiring, S. B., & Kurniawan, M. (2022). Pengembangan Instrumen Elektronik Supervisi Akademik Berbasis Spreadsheet untuk Jenjang TK. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 5220–5232. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.2913

Septiani, R. D. (2021). Pentingnya Komunikasi Keluarga dalam Pencegahan Kasus Kekerasan Seks pada Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak, 10(1), 50–58. https://doi.org/10.21831/jpa.v10i1.40031

Siletty, Y., Strategi Pencegahan Kekerasan Seksual Terhadap Anak melalui Sosialisasi No, S. U., Tindak Pidana Kekerasan Seksual bagi Remaja Negeri Lumoli, T., Seram Bagian Barat, K., & A Hehanussa, D. J. (2024). Socialization of strategies for preventing sexual violence against children through Socialization of Law no. 12 of 2022 concerning Crimes of Sexual Violence for Lumoli State Youth, West Seram Regency. 2(1), 34–43. https://doi.org/10.59024/jnb.v2i1.295

Solehati, T., Kharisma, P. A., Nurasifa, M., Handayani, W., Haryati, E. A., Nurazizah, S. A., Pertiwi, F. R. C., & Kosasih, C. E. (2023). Metode Pencegahan Kekerasan Seksual pada Anak Berbasis Orang Tua: Systematic Review. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(4), 4128–4143. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i4.5139


Refbacks

  • There are currently no refbacks.