EDUKASI BAHAYA NAPZA SEBAGAI UPAYA PENCEGAHAN DINI DI KALANGAN REMAJA SMP

M Yuristiawan, Irvan Bastian, Annisa Septyana Putri

Abstract


Penyalahgunaan Narkotika, Psikotropika, dan Zat Adiktif (NAPZA) menjadi ancaman serius bagi generasi muda Indonesia. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dilakukan oleh mahasiswa Program Studi S1 Farmasi Klinik dan Komunitas STIKes Widya Dharma Husada, dengan tujuan memberikan edukasi mengenai bahaya penyalahgunaan NAPZA serta upaya pencegahannya kepada siswa/i SMP swasta X di wilayah Pamulang. Metode yang digunakan meliputi ceramah interaktif, diskusi kelompok, kuesioner pre-test dan post-test, serta sesi tanya jawab. Materi yang disampaikan mencakup jenis dan penggolongan NAPZA, dampak negatif penyalahgunaan, serta strategi pencegahan. Hasil kegiatan menunjukkan adanya peningkatan pemahaman siswa terhadap bahaya NAPZA dan pentingnya menjauhi lingkungan pergaulan yang berisiko. Para siswa juga menunjukkan antusiasme tinggi selama kegiatan berlangsung. Diharapkan kegiatan ini dapat memperkuat ketahanan diri generasi muda terhadap pengaruh buruk narkoba serta mendorong terbentuknya komunitas pelajar yang bebas dari penyalahgunaan zat adiktif

Keywords


NAPZA; Generasi muda; Narkoba; Edukasi; Pencegahan; Penyuluhan

Full Text:

Untitled

References


Ang, H. M., & Mohamad, M. S. (2021). Effectiveness of interactive drug education on youth awareness: A community-based approach. Journal of Substance Use and Prevention, 18(2), 89–97.

Azmiyati, S. R., Maulidya, N., & Rachmawati, S. (2014). Gambaran penggunaan NAPZA pada anak jalanan di Kota Semarang. Jurnal Kesehatan Masyarakat (KEMAS), 9(2), 137–143.

Badan Narkotika Nasional. (2020). Laporan tahunan BNN 2020. Jakarta: Badan Narkotika Nasional.

Departemen Kesehatan Republik Indonesia. (2016). Pedoman pencegahan penyalahgunaan NAPZA di lingkungan sekolah. Jakarta: Departemen Kesehatan RI.

Nugroho, H., & Indrawati, R. (2020). Peningkatan pengetahuan remaja tentang bahaya NAPZA melalui media interaktif. Jurnal Promkes: The Indonesian Journal of Health Promotion and Health Education, 8(1), 25–32. https://doi.org/10.20473/jpk.v8.i1.2020.25-32

Purnama, D. (2019). Mengenal bahaya penyalahgunaan NAPZA pada remaja. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Setyaningsih, R., Widyaningsih, S., & Fitria, R. (2019). Pengaruh media presentasi terhadap efektivitas pembelajaran kesehatan di sekolah menengah pertama. Jurnal Pendidikan Kesehatan Indonesia, 7(2), 134–140. https://doi.org/10.31290/jpki.v7i2.1071

Sugiyono. (2017). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suryani, T. (2021). Psikologi remaja dan penyalahgunaan NAPZA. Bandung: Alfabeta.

World Health Organization. (2022). Global status report on preventing substance abuse among youth. Geneva: WHO Press. https://www.who.int/publications/i/item/9789240055277


Refbacks

  • There are currently no refbacks.