PERBEDAAN PERKEMBANGAN BAHASA DAN SOSIAL PADA ANAK PRA SEKOLAH YANG MENGIKUTI DAN TIDAK MENGIKUTI PAUD
Abstract
ABSTRACT
Kemenkes RI (2016) Development is the result of the interaction of the maturation of the central nervous system of organs that are affected, namely system development, speech, emotion and socialization. All of these functions play an important role in a complete human life. The purpose of this study was to determine the differences in languange and social development in preschool children who attend and do not attend preschool at RW 02 Cempaka Putih. This research method is a quantitative research, using primary data (questionnaire), using a comparative research method using a Mann-Whitney design, data collected using a questionnare. The number of samples as many as 74 respondents, where each 37 respondents for preschool an non preschool children. The result of the study obtained that the characteristics of the respondents, the age of children in early childhood and non-preschool children were 4-5 years old (54,1%) and 3-4 years old (51,45). Gender in early childhood and non-preschool children are female (62,2%) and male (56,8%). The age of parents in early childhood and non-preschool children are 30-40 years old (54,1%) and (48,6%). Parental education for pre-school and non-preschool children, namely tertiary education (35,1%) and high school education (27,0%). The description of social development in early childhood and non-preschool children was obtained in good category (37,8%) and sufficient category (37,8%). The description of language development between preschool and non-preschool children was obtained in good category (43,2%) and sufficient category (37,8%). The result of the Mann-Whitney stastical test on social development between preschool and non-preschool children were obtained p = 47.05 (p>0,000), p = 27.95 (p>0,000). Language development between early childhood and non-preschool children obtained p = 56.00 (p>0,000), p = 19.00 (p>0,000).
Keywords : preschool children, language development, social development
ABSTRAK
Kemenkes RI (2016) Perkembangan merupakan hasil interaksi kematangan susunan saraf pusat organ yang dipengaruhi, yaitu perkembangan sistem, kemampuan bicara, emosi dan sosialisasi. Semua fungsi tersebut berperan penting dalam kehidupan manusia yang utuh. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perbedaan perkembangan bahasa dan sosial pada anak prasekolah yang mengikuti dan tidak mengikuti paud di RW 02 Cempaka Putih. Metode penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, menggunakan data primer (kuesioner), memakai metode penelitian komparatif dengan menggunakan rancangan Mann-Whitney, data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner. Jumlah sampel sebanyak 74 responden, dimana masing-masing 37 responden untuk anak PAUD dan tidak PAUD. Hasil penelitian diperoleh karakteristik responden, usia anak pada anak PAUD dan tidak PAUD yaitu usia 4-5 tahun (54,1%) dan usia 3-4 tahun (51,4%), jenis kelamin pada anak PAUD dan tidak PAUD yaitu perempuan (62,2%) dan laki-laki (56,8%), usia ortu pada anak PAUD dan tidak PAUD yaitu usia 30-40 tahun (54,1%) dan (48,6%), pendidikan ortu pada anak PAUD dan tidak PAUD yaitu berpendidikan Perguruan Tinggi (35,1%) dan berpendidikan SMA (27,0%). Gambaran perkembangan sosial pada anak PAUD dan tidak PAUD didapatkan dengan kategori baik (37,8%) dan kategori cukup (37,8%). Gambaran perkembangan bahasa pada anak PAUD dan tidak PAUD didapatkan dengan kategori baik (43,2%) dan kategori cukup (37,8%). Hasil uji statistik Mann-whitney pada perkembangan sosial antara anak PAUD dan tidak PAUD diperoleh p = 47,05 (p>0,000), p = 27,95 (p>0,000). perkembangan bahasa antara anak PAUD dan tidak PAUD diperoleh p = 56,00 (p>0,000), p = 19,00 (p>0,000). Maka disimpulkan bahwa ada perbedaan perkembangan bahasa dan sosial pada anak PAUD dan tidak PAUD.
Kata Kunci: anak pra sekolah, perkembangan bahasa, perkembangan sosial
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Anggarwati, S. K., Kusumawati, Y., & Werdani, K. E. (2018). Quality Time Ibu Bekerja dan Perkembangan Bahasa Anak Usia Toddler Di Day Care Kota Surakarta, 9–21.
Barbu, dkk. 2015. Sex Difference in Language Across Early Childhood : Family Sosioeconomic status does not Impact Boys and Girls Equally.
Eriksson, M., Marschik, P.B., Tulviste, T., Almgren, M., Perez Pereira, M., Wehberg, S.,…, gallego, C. 2012. Differences between girls and boys in emerging language skills: Evidance from 10 language communities. The British journal of Developmental Psychology, 30 (2). 326-343.
Kemenkes RI. 2016 . Infodatin Situasi Blaita Pendek. Jakarta Selatan: Kementrian Kesehatan RI.
Latifa, U. 2017 . Aspek Perkembangan pada Anak Sekolah Dasar: Masalah dan Perkembangannya. Journal of multidisciplinary studies. Volume 1.
Mubarak, WI. 2012 . Ilmu Kesehatan Masyarakat. Jakarta : Salemba Medika.
Putri, Dixy F. T. P., dan Kusbaryanto. 2012 . Perbedaan Hubungan Antara Ibu Bekerja dan Ibu Rumah Tangga Terhadap Tumbuh Kembang Anak Usia 2-5 Tahun. Mutiara Medika. Vol. 12 No. 3 : 143-149.
Nursalam. 2015 . Metodologi ilmu keperawatan edisi 4. Jakarta: Salemba Medika.
Roben, C. K. P., Cole, P. M.,& Armstrong, L.M. 2013. Longitudinal relations among language skills, anger expression, and regulatory strategies in early childhood. Child Development, 84 (3), 891-905.
Seotjinngsing & Ranuh, U. N 2014 . Tumbuh Kembang Anak Edisi 2. Jakarta : Buku Kedokteran EGC
Silawati, E. 2016. Simulasi Guru Pada Pembelajaran Anak Usia Dini. Ilmu Pendidikan.
Tomasello, M. 2009. The used-based theory of language acquistion. In Bavin, E. L. (Ed.), Cambridge handbook of child language (pp. 69-87). Cambridge, United Kingdom: cambridge University Press.Volume 1.
Wulandari, Septiani&Irdawati. 2018 .Gambaran Kemampuan berbahasa pada anak Prasekolah di TK Islam Nur Rahman Slogohimo Kabupaten Wonogiri.
Yektiningsih. 2010. Hubungan Pemberian Stimulasi Oleh Orang Tua Dengan Perkembangan Bahasa Pada Anak Usia Pra Sekolah(3–5 Tahun) Di Taman Kanak Kanak Al Fath Pare.
Zuhri, Mughniyanti. 2015. Pengaruh Tingkat Pendidikan Orang Tua dan Pendapatan Keluarga Terhadap Risiko Gangguan Perkembangan Anak dengan Metode Peds di TK dan PAUD Gampong Banda Safa Kabupaten Aceh Besar. Banda Aceh.
Refbacks
- There are currently no refbacks.