ANALISIS PARENTING STYLE ORANG TUA DENGAN PERILAKU ASERTIF PADA REMAJA DI DESA CIMANGGIS BOJONGGEDE BOGOR
Abstract
ABSTRACT
Parenting style is the way parents raise their children or educate their children. This is even always a different trend from time to time and is usually influenced by the culture or place of residence. While assertive behavior is defined as a person's behavior by expressing the right emotions, in communicating relatively openly and containing assertive behavior. The purpose ofstudy thiswas to determine the relationship between parenting style and assertive behavior in adolescents in RW 014, Cimanggis Village, Bojonggede Bogor. This research method is a quantitative research withresearch type descriptive analytic that uses primary data (questionnaire) using adesign cross sectional with the aim of knowing whether there is a relationship between the independent variable and the dependent variable, the data collected by using a questionnaire. The number of samples was 103 teenagers aged 12-21 years in RW 014, Cimanggis Village, Bojonggede Bogor. The results showed that the parenting authoritative style of 60 respondents (58.3%) had moderate assertive behavior. The statistical test results of parenting style of parents with assertive behavior found the results (p-value = 0.012, : 0.05) so it can be concluded that there is a significant relationship between parenting style of parents and assertive behavior. Suggestions from the results of this study are expected that parental care can better educate children with proper care so that they can increase confidence in assertive behavior in children so that it is expected that parenting style of parents in adolescents will increase high assertive behavior.
Keywords : parenting style, assertive behavior
ABSTRAK
Parenting style merupakan cara orang tua mengasuh anak atau mendidik anak mereka. Hal ini bahkan selalu menjadi tren yang berbeda dari masa kemasa dan biasanya dipengaruhi oleh budaya atau tempat tinggalnya. Sedangkan perilaku asertif didefinisikan sebagai perilaku seseorang dengan mengekspresikan emosi yang tepat, dalam berkomunikasi relatif terbuka dan mengandung perilaku yang penuh ketegasan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara parenting style orang tua dengan perilaku asertif pada remaja di RW 014 Desa Cimanggis Bojonggede Bogor. Metode penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif analitik yang menggunakan data primer (kuesioner) dengan menggunakan rancangan cross sectional dengan tujuan untuk mengetahui apakah ada hubungan antara variabel independen dengan variabel dependen, data yang dikumpulkan dengan cara menggunakan kuesioner. Jumlah sampel sebanyak 103 remaja usia 12-21 tahun di RW 014 Desa Cimanggis Bojonggede Bogor. hasil penelitian menunjukan bahwa parenting style authoritative 60 responden (58,3%) memiliki perilaku asertif sedang. Hasil uji statistik dari parenting style orang tua dengan perilaku asertif mendapati hasil (p-value = 0,012, α: 0,05) maka dapat di simpulkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara parenting style orang tua dengan perilaku asertif. Saran dari hasil penelitian ini diharapkan pengasuhan orang tua dapat lebih mendidik anak dengan baik dengan pengasuhan yang tepat sehingga dapat meningkatkan keyakinan dalam berperilaku asertif pada anak sehingga diharapkan parenting style orang tua pada remaja akan meningkatan perilaku asertif tinggi.
Kata Kunci: parenting style, perilaku asertif.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Alizadeh, S., Talib, M. B. A., Abdullah, R., & Mansor, M. (2011). Relationship between parenting style and children’s behavior problems. Asian social science, 7(12), 195-200.
Asbari, M., Nurhayati, W., & Purwanto, A. (2019). Pengaruh Parenting style dan Personality Genetic Terhadap Pengembangan Karakter Anak di Paud Islamic School. JURNAL AUDI: Jurnal Ilmiah Kajian Ilmu Anak dan Media Informasi PAUD, 4(2), 148-163.
Asni, A., Fajri, N., Astuti, S., & Chairunnisa, D. (2020, December). Pengembangan Inventori Perilaku Asertif: Analisis Rasch Model. In Seminar Nasional Daring IIBKIN 2020 (pp. 6-12).
Asysyura, S., & Rizal, G. L. (2020). Perbedaan Asertivitas Remaja Minang Ditinjau Dari Pola Asuh Orang Tua. Proyeksi: Jurnal Proyeksi, 15(2), 120-130.
Budiyono, A. (2012). Sikap asertif dan peran keluarga terhadap anak. KOMUNIKA: Jurnal Dakwah dan Komunikasi, 6(1).
Ermawaty, F. 2018. Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Sikap Remaja Putri Tentang Kesehatan Reproduksi Di Sma Negeri 10 Medan. Medan. Politeknik Kesehatan Kemenkes Ri Medan
Hurlock, M. J., Kan, Y., Lécrivain, T., Lapka, J., Nash, K. L., & Zhang, Q. (2018). Molecular association-induced emission shifts for E/Z isomers and selective sensing of nitroaromatic explosives. Crystal Growth & Design, 18(10), 6197-6203.
Khan, R. I. (2012). Perilaku asertif, harga diri dan kecenderungan depresi. Persona: Jurnal Psikologi Indonesia, 1(2).
Mensah, M. K., & Kuranchie, A. (2013). Influence of parenting styles on the social development of children. Academic Journal of Interdisciplinary Studies, 2(3), 123-123.
Niusha, B., Farghadani, A., & Safari, N. (2012). Effects of assertiveness training on test anxiety of girl students in first grade of guidance school. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 46, 1385-1389.
Notoatmodjo. (2011). Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.
Ramdhani, P. (2013). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Prokrastinasi Akademik. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 1(2).
Rofifah, Rana. (2019). “Hubungan antara pengetahuan dengan kesiapsiagaan bencana pada mahasiswa”. Universitas Diponegoro. Di akses pada tanggal 28 Januari 2020
Sarwono, S.W. 2012. Psikologi Remaja. Jakarta: PT. Rajawali Pers.
Setyaningrum, R. B., Yulianti, A., & Asra, Y. K. (2020). Pola asuh authoritative dengan perilaku asertif remaja keturunan minang di SMA Negeri 11 Pekanbaru. Psikobuletin: Buletin Ilmiah Psikologi, 1(2), 101-109.
Setyowati, P. A., & Dwikurnaningsih, Y. (2014). Meningkatkan perilaku asertif siswa kelas X SMA Kartika III-1 Banyubiru melalui layanan bimbingan kelompok. Satya Widya, 30(1), 8-16.
Siagian P. Sondang. (2016). Fungsi-fungsi Manajerial. Jakarta : Bumi Aksara.
Sriyanto, S., Abdulkarim, A., Zainul, A., & Maryani, E. (2014). Perilaku asertif dan kecenderungan kenakalan remaja berdasarkan pola asuh dan peran media massa. Jurnal Psikologi, 41(1), 74-88.
Surbakti, K. (2017). Pengaruh Game Online terhadap Remaja. Jurnal Curere, 1(1).
Tulodho, A. S. (2017). Pengaruh Pola Asuh Demokratis (Authoritative) Terhadap Perilaku Asertif Pada Remaja (Doctoral dissertation, University of Muhammadiyah Malang).
Usman, I., Djibran, M. R., & Ahsan, S. (2020). Relationship Between Students’ Self Confidence Attitude and Assertive Attitude Among Student of Grade XI at SMAN 2 Gorontalo. International Journal of Applied Guidance and Counseling, 1(2), 46-50.
Yusuf,Ahmad Dkk. (2015).Buku Ajar Keperawatan Kesehatan Jiwa. Jakarta:Salemba Medika.
Refbacks
- There are currently no refbacks.