EVALUASI WAKTU TUNGGU PELAYANAN RESEP POLIKLINIK ANAK RAWAT JALAN DI RUMAH SAKIT CIPUTRA CITRA RAYA TANGERANG PERIODE JANUARI - MARET 2022
Abstract
ABSTRAK
Tujuan dari penelitian yang berjudul “Evaluasi Waktu Tunggu Pelayanan Resep Poliklinik Anak Rawat Jalan Di Rumah Sakit Ciputra Citra Raya Tangerang Periode Januari - Maret 2022” yaitu untuk mengetahui rata – rata waktu tunggu pelayanan resep rawat jalan di rumah sakit Ciputra Citra Raya Tangerang periode Januari - Maret 2022. Metode: Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan metode cross-sectional, dengan populasi dan sampel adalah semua resep pasien rawat jalan poliklinik anak yang dilayani di Instalasi Farmasi Ciputra Hospital Citra Raya Tangerang periode Januari – Maret 2022. Proses pengolahan data yang dilakukan pada penelitian ini terdiri dari coding, editing, entry, dan cleaning. Sedangkan analisis data dilakukan dengan analisis univariat terhadap tiap variable hasil penelitian. Hasil rata-rata waktu tunggu pelayanan resep poliklinik anak rawat jalan dengan standar mutu pelayanan di Ciputra Hospital Citra Raya Tangerang yang telah memenuhi Standar Pelayanan Minimal Rumah Sakit sebanyak 356 resep, (91,9%) yang terdiri dari 327 resep obat non racikan (≤ 15 menit), sedangkan (8.1%) yang tidak sesuai Standar Pelayanan Minimal Rumah Sakit sebanyak 29 resep obat non racikan (≥ 15 menit), dan Rata-rata waktu tunggu total dari seluruh sampel untuk obat racikan di periode Januari - Maret 2022 memiliki rata-rata selama 17.23 menit. Waktu tunggu pelayanan resep racikan poliklinik anak rawat jalan dengan standar mutu pelayanan di Ciputra Hospital Citra Raya Tangerang yang telah memenuhi Standar Pelayanan Minimal Rumah Sakit sebanyak 356 resep, (91%) yang terdiri dari 324 resep obat racikan (≤ 30 menit), sedangkan (9%) yang tidak sesuai Standar Pelayanan Minimal Rumah Sakit sebanyak 32 resep obat racikan (≥ 30 menit).
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Anonim. 2014. Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 56 Tahun 2014 tentang Klasifikasi dan Perizinan Rumah Sakit. Kementrian Kesehatan Republik Indonesia.
Anonim. 2008 Keputusan Menteri Kesehatan Nomor 129 Tahun 2008 tentang Standar Pelayanan Minimal Rumah Sakit. Jakarta: Kementrian Kesehatan Republik Indonesia.
Azwar, A. 1996. Menjaga Mutu Pelayanan Kesehatan. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan.
Erviani Dinda Mahmudah Sari, Khurin In Wahyuni, Puspita Raras Anindita. 2020 Evaluasi Waktu Tunggu Pelayanan Resep Pasien Rawat Jalan Di Rumah Sakit Anwar Medika.
Fadhilah H, Indriyani DN, Andriati R. 2019. Waktu Tunggu Pelayanan Resep Pasien Rawat Jalan di Rumah Sakit Umum Kota Tangerang Selatan Tahun 2018. Edu Masda Journal. 3(1): 41-8
Fedrini S. 2015 Analisis Sistem Formularium 2013 Rumah Sakit St. Elisabeth Bekasi. J Adm Kebijak Kesehat. (1).
Kamus Besar Bahasa Indonesia. 2018. Arti Kata Rawat Jalan. http://kbbi.web.id/rawat jalan [diakses 20 Februari 2018]
Kementerian Kesehatan. 2008 Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 129/Menkes/SK/II/2008 Tentang Standar Pelayanan Minimal Rumah Sakit.
Kementerian Kesehatan. Nomor 58. 2014. Standar Pelayanan Minimal Rumah Sakit. Jakarta: Kementerian Kesehatan RI.
Karuniawati H, Hapsari IG, Arum M, Aurora AT, Wahyono NA. 2016. Evaluasi Pelaksanan Standar Pelayanan Minimal (SPM) Farmasi Kategori Lama Waktu Tunggu Pelayanan Resep Pasien Rawat Jalan Di RSUD Kota Salatiga. Kartika: Jurnal Ilmiah Farmasi. 4(1): 20-5.
Maftuhah, A., Susilo, R. 2016. Waktu Tunggu Pelayanan Resep Rawat Jalan di Depo Farmasi RSUD Gunung Jati Kota Cirebon. Jurnal Farmasi. 14(1): 41-2
Megawati. 2015. Penurunan Waktu Tunggu Pelayanan Obat Rawat Jalan Instalasi Farmasi Rumah Sakit Baptis Batu. Skripsi. Fakultas Farmasi. Universitas Brawijaya Malang. Malang
Puspitasari, A., 2011. Analisis Waktu Tunggu Pelayanan Resep Pasien Umum di Depo Farmasi Rawat Jalan RS. Karya Bhakti Tahun 2011. Tesis. Universitas Indonesia.
Rossy Sanora Sari Damanik. 2019 Evaluasi Waktu Tunggu Pelayanan Resep Pasien Rawat Jalan Di Rumah Sakit Umum Laras Ptpn Iv Serbelawan.
Septini, R. 2012. Analisis Waktu Tunggu Pelayanan Resep Pasien Askes Rawat Jalan di Yanmasum Farmasi RSPAD Gatot Subroto tahun 2011. Tesis. Universitas Indonesia
=Sari DT, Astuti H, Susilowati A. 2019. Gambaran Kepuasan Pasien Rawat Jalan terhadap Pelayanan Unit Farmasi Rumah Sakit Santa Elisabeth Ganjuran Bantul Periode November–Desember 2017. Jurnal Kefarmasian Akfarindo. 30: 20-4.
Satibi, V. M., S. Suwarni, dan Kuswardhani. 2017. Analisis Perbedaan Implementasi Standar Pelayanan Kefarmasian Dengan Potensi Medication Error Di Beberapa Rumah Sakit Kota Semarang. Jurnal Manajemen dan Pelayanan Farmasi. 7(3): 125-6.
Wijaya, H. 2012. Analisis Pelaksanaan Standar Pelayanan Minimal (SPM) Rumah Sakit Bidang Farmasi Di Instalasi Farmasi Rumah Sakit Tugu Ibu Tahun 2012. Tesis. Fakultas Kesehatan Masyarakat. Universitas Indonesia. Depok
DOI: http://dx.doi.org/10.52031/phrase.v3i1.511
Refbacks
- There are currently no refbacks.