HUBUNGAN ANTARA KONFORMITAS TEMAN SEBAYA DAN REGULASI EMOSI DENGAN KECENDERUNGAN PERILAKU BULLYING PADA REMAJA DI SMPN 16 DEPOK
Abstract
ABSTRACT
Trouble people who are weaker than them continuously. The aim of this research was to determine the relationship between peer conformity and emotional regulation with the tendency for bullying behavior in adolescents at SMPN16 Depok. This research method is quantitative research with a cross sectional design. This sampling used a probability sampling technique with a simple random sampling method. Data analysis used the Spearman rank test with a p-value <0.05. The research results showed that respondents had high peer conformity, high emotional regulation and a tendency towards bullying behavior. The results obtained were High Peer Conformity of 44 respondents (49.%4), while High Emotion Regulation was 42 respondents (47.2%), and High Bullying Behavior was 40 respondents (44.9%). The results of statistical tests using the Spearman rank test obtained a significant p-value of 0.000 < 0.05. The conclusion is that there is a relationship between peer conformity and emotional regulation with the tendency for bullying behavior in adolescents at SMPN 16 Depok. It is hoped that the suggestions from researchers can be used as reference material or references for future researchers who are interested in conducting research on peer conformity, emotional regulation, and tendencies towards bullying behavior
ABSTRAK
Bullying adalah proses cara perbuatan seseorang atau sekelompok orang yang lebih kuat untuk mengganggu atau menyusahkan orang-orang yang lebih lemah darinya secara terus menerus. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara konformitas teman sebaya dan regulasi emosi dengan kecenderungan perilaku bullying pada remaja di SMPN16 Depok. Metode penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain Cross Sectional. Pengambilan sampel ini menggunakan teknik probabbility sampling dengan metode simple random sampling. Analisis data menggunakan uji spearman rank dengan nilai p-value < 0,05. Hasil penelitian menunjukan bahwa responden yang memiliki Konformitas Teman Sebaya Tinggi, Regulasi Emosi Tinggi dan Kecenderungan Perilaku Bullying. Didapatkan hasil Konformitas Teman Sebaya Tinggi 44 responden (49,%4), sedangkan Regulasi Emosi Tinggi sebanyak 42 responden (47,2%), dan Perilaku Bullying Tinggi sebanyak 40 responden (44,9%). Hasil uji statistik menggunakan uji spearman rank diperoleh nilai signifikan p-value 0,000 < 0,05. . Kesimpulan bahwa terdapat hubungan antara konformitas teman sebaya dan regulasi emosi dengan kecenderungan perilaku bullying pada remaja di SMPN 16 Depok. Saran dari peneliti diharapkan dapat dijadikan bahan referensi atau acuan bagi peneliti selanjutnya yang tertarik untuk melakukan penelitan mengenai konformitas teman sebaya, regulasi emosi, dan kecenderungan perilaku bullying.
Keywords
Full Text:
UntitledReferences
Arianty, R. (2018). Pengaruh Konformitas dan Regulasi Emosi Terhadap Perilaku Cyberbullying. 6(4), 505–512.
Ceilindri, R. A., & Santi Budiani, M. (2016). Harga Diri dan Konformitas dengan Perilaku Bullying Pada Siswa Sekolah Menengah Pertama. In Jurnal Psikologi Teori dan Terapan (Vol. 6, Issue 2).
Fajariani Fauzia, T., & Ratri Rahmiaji, L. (2019). Memahami Pengalaman Body Shaming Pada Remaja Perempuan.
Makmuroch. (2014). Skizofrenia Di Rumah Sakit Jiwa Daerah Surakarta (Vol. 6, Issue 11). https://jurnalwacana.psikologi.fk.uns.ac.id/index.php/wacana/article/view/2/4
Ma’rufah, S., Matulessy, A., & Noviekayati, I. (2014). Persepsi terhadap Kepemimpinan Kiai, Konformitas dan Kepatuhan Santri terhadap Peraturan Pesantren. Persona:Jurnal Psikologi Indonesia, 3(02). https://doi.org/10.30996/persona.v3i02.374
Nurhaedah, D. R. T. A. I. (2020). Upaya Guru dalam Menangani School Bullying Siswa di Sekolah Dasar. 10(1). http://ojs.unm.ac.id/index.php/
Oktapiani, E., & Fatimah, S. (n.d.). Penerapan Teknik Role Playing Dalam Mengurangi Perilaku Bullying Pada Peserta Didik MTS.
DOI: http://dx.doi.org/10.52031/edj.v9i1.1049
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Muhamad Al Azhary, Uswatun Hasanah, Aida Shopi Lutfia Nurafni

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Widya Dharma Husada Tangerang
Pajajaran Street Number 1 Pamulang,
South Tangerang City, Banten Province, Indonesia, 15417
Telephone: 021-74716128 / Handphone : 089529263441
Edu Dharma Journal: Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat by the Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Widya Dharma Husada Tangerang is distributed under the Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0).
Based on the work at http://openjournal.wdh.ac.id/.