PENGARUH BRAIN GYM TERHADAPTINGKAT STRES PADA MAHASISWA S1 KEPERAWATAN YANG MENYUSUN SKRIPSI DI STIKes WIDYA DHARMA HUSADA TANGERANG

RITA DWI PRATIWI, Ni Bodro Ardi, Tita Hardianti, Shely Mariska

Abstract


ABSTRAK Stres adalah respon individu, baik berupa respon fisik maupun psikis, terhadap ancaman yang dihadapi sepanjang hidup, yang dapat menyebabkan perubahan pada diri individu, baik perubahan fisik, psikologi maupun spiritual. Sedangkan skripsi adalah sebuah karya ilmiah berupa hasil penelitian yang dibuat sebagai tuntutan agar para mahasiswa dapat lulus dari sebuah perguruan tinggi. Mahasiswa rentan mengalami stress ketika menyelasaikan skripsi, hal ini dibuktikan dengan sebuah penelitian yang dilakukan oleh National Union of Students (NUS) menemukan satu 1/3 dari mahasiswa, yang menjadi populasi penelitian, mengaku pernah berpikir untuk bunuh diri dan 78% diantaranya disebabkan karena mental health problem, seperti stres karena penyusunan skripsi, maka dari itu ini merupakan sebuah hal yang perlu ditangani. Tujuan umum penelitian ini untuk mengetahui pengaruh brain gym terhadap tingkat stress pada mahasiswa S1 keperawatan yang menyusun skripsi di STIKes Widya Dharma Husada Tangerang. Penelitian ini menggunakan pendekatan rancangan penelitian One-Group Pretest-Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa S1 keperawatan yang sedang menyusun skripsi yang berjumlah 51 mahasiswa, dengan sampel 45 mahasiswa dan menggunakan teknik purposive sampling. Alat pengumpulan data adalah kuesioner dan lembar observasi. Berdasarkan analisis data dengan uji analisis Wilcoxon dengan tingkat kepercayaan 95%, didapatkan nilai sig = ,000 maka disimpulkan ada pengaruh brain gym terhadap tingkat stress pada mahasiswa S1 keperawatan yang sedang menyusun skripsi di STIKes Widya Dharma Husada Tangerang. Diharapkan hasil penelitian ini menjadi sumber pustaka dan informasi baru, sumber pengetahuan baru, dan sumber wawasan bagi mahasiswa maupun dosen di berbagai instansi pendidikan mengenai gerakan Brain Gym dalam memanajemen tingkat stress. Kata kunci : Brain Gym, tingkat stress . ABSTRACT Stress is response of individual, in the form of response both physically and psychologically to the threat faced in his whole life, which can cause change in individual either psychology and psychology or spirit. While the mini thesis is a scientific paper such a result of research written as a prerequisite for students to graduate from a high-educational institution or college. Students are vulnerable to have stress when they accomplish their mini thesis. This has been proven through research made by National Union of Students (NUS) found that 1/3 of the students that became the population of the research confessed that they once thought of committing suicide and 78% of them were caused by mental health problem such as stress because of mini thesis writing therefore it must become our concern. The aim of this research is to find out the correlation of brain gym with the level of stress on strata one-nursing students who are writing a mini thesis at the School of Health Sciences of Widya Dharma Husada Tangerang. This research used design approach, One-Group Pretest-Posttest Design Research. The population of this research were all the nursing students who were writing mini thesis as many as 51 students, with the sample of 45 students and used Purposive Sampling Technique. The instrument of collecting data was questionnaires and observation sheets. Based on the data analysis with Wilcoxon analysis test with confidence level 95%, it was found that value sig = ,000, therefore it was concluded that there was influence of brain game to the level of stress on strata-one nursing students who were writing mini thesis at the school of health sciences of Widya Dharma Husada Tangerang. It is expected that the result of this research becomes the source of literature and new information, the source of new knowledge for both students and lecturers in various educational institution on Brain Gym movement in managing the level of stress. Keywords : Brain Gym, level of stress

Keywords


Bryn Gym; Tingkat Stress

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Batavia, Nur Ronia. 2017. Hubungan Antara Stres Dengan Insonia Pada Lansia Di Daerah Duri Kosambi

Cengkareng Jakarta Barat. Diaskes pada Mei 2017.

Dahlan, Sopiyudin. 2016. Statistik Untuk Kedokteran dan Kesehatan Ed 6: Epidemiologi Indonesia. Jakarta Pusat.

Dennison, Paul E. 2002. Brain Gym Senam Otak. PT Gramedia Widiasarana Indonesia: Jakarta Pusat.

Dikir, Yunita. Badi’ah Atik dkk. 2016. The Effect of Brain Gym on Stress Levels in School-Age Children of Fifth Grade at SD Negeri Pokoh 1 Wedomartani Ngemplak Sleman Yogyakarta. Diaskes pada tanggal 23

April 2016

Gunawati, Rindang. Hartati, Sri dkk. 2006. Hubungan Antara Efektivitas Komunikasi Mahasiswadosen

Pembimbing Utama Skripsi Dengan Stres Dalam Menyusun Skripsi Pada Mahasiswa Program Studi Psikologi Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro. Diaskes pada tanggal 2 Desember 2006.

Hidayat, A.A dan Uliyah, M. 2014. Pengantar Kebutuhan Dasar Manusia. Jakarta: Salemba Medika

Sugiyono. 2015. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Nurdin. 2015. Pengaruh Senam Otak Terhadap Stres Pada Santri Madrasah Mu’alimin Yogyakarta. Diaskes pada tanggal 15 Agustus 2015.

Priambodo, Gunanggoro,M. 2016. Efektivitas Senam Otak (Brain Gym) Dalam Menurunkan Tingkat

Kejenuhan (Burnout) Belajar Pada Siswa Kelas Xi Sma Negeri 11 Yogyakarta. Diaskes pada tanggal

Juni 2016.

Putri, Ade Chintya. (2017). Hubungan Stress Remaja Dengan Sindrom Dyspepsia Fungsional Pada

Mahasiswa Tingkat Akhir Program Studi S1 Keperawatan STIKes Widya Dharma Husada Tangerang.

Diaskes pada tanggal 12 Juli 2017.

Rahayu, Nur Ika. 2017. Brain Gym Terhadap Tingkat Stres Pada Mahasiswa Program Studi Ilmu

Keperawatan Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Kadiri. Diaskes pada Maret 2017.

Rahayu, Putri Rizka. 2017. Hubungan Antara Dukungan Sosial Keluarga Dengan Stress Pada Mahasiswa Tingkat Akhir Program Studi S1 Keperawatan Dalam Menyusun Tugas Akhir Di STIKes Widya Dharma Husada Tangerang Tahun 2017. Diaskes pada tanggal 02 juli 2017.

Rubianto, Bayu. 2017. Hubungan Antara Stres Akademik Dengan Penurunan Konsentrasi Belajar Pada

Mahasiswa S1 Keperawatan Semester IV STIKes Widya Dharma Husada Tangerang. Diaskes pada tanggal 10 Juli 2017.

Widianti, Ririn.C. 2011. Pengaruh Senam Otak Terhadap Kecemasan Akibat Hospitalisasi Pada Anak Usia Prasekolah Di Rumah Sakit Panti Rapih Yogyakarta. Diaskes pada tanggal 12 Juli 2011.

Wulandari, Putri Restu. 2012. Hubungan Tingkat Stres Dengan Gangguan Tidur Pada Mhasiswa Skripsi Di Salah Satu Fakultas Rumpun Science -Technology UI. Diaskes pada tanggal 10 Juli 2012




DOI: http://dx.doi.org/10.52031/edj.v1i1.116

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 RITA DWI PRATIWI, Ni Bodro Ardi, Tita Hardianti, Shely Mariska



Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Widya Dharma Husada Tangerang
Pajajaran Street Number 1 Pamulang,
South Tangerang City, Banten Province, Indonesia, 15417
Telephone: 021-74716128 / Handphone : 089529263441


Lisensi Creative Commons

Edu Dharma Journal: Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat by the Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Widya Dharma Husada Tangerang is distributed under the Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0).
Based on the work at http://openjournal.wdh.ac.id/.