HUBUNGAN KOMUNIKASI TERAPEUTIK DAN CARING DENGAN KEPUASAN PASIEN TERHADAP PERAWAT RUANG RAWAT INAP PENYAKIT DALAM RUMAH SAKIT UMUM MULTAZAM MEDIKA BEKASI TIMUR

Rita Dwi Pratiwi

Abstract


ABSTRAK

Komunikasi terapeutik merupakan komunikasi interpersonal yang dilakukan antara perawat dan petugas kesehatan lainnya dengan pasien yang berfokus pada kesembuhan pasien. Pelayanan professional oleh perawat dapat dilakukan oleh perawat dengan memperlihatkan perilaku caring. Komunikasi terapeutik dan caring akan memungkinkan terjadinya hubungan interpersonal yang harmonis antara perawat – klien dapat membantu dan memenuhi kebutuhan klien sehingga dapat memberikan kepuasan kepada klien. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan komunikasi terapeutik dengan kepuasan pasien dan untuk mengetahui hubungan caring dengan kepuasan pasien ruang rawat inap penyakit dalam RSU Multazam Medika Bekasi Timur. penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain cross sectional, jumlah sampel pada penelitian ini adalah 40 pasien dengan menggunakan teknik total sampling, instrument penelitian berupa kuesioner. Hasil bivariat dari uji statistic chi-squere diperoleh ada hubungan komunikasi terapeutik dengan kepuasan pasien dengan Ha1 diterimadan Ho1 ditolak  dengan nilai p = 0,005 < α = 0,05artinyaada hubungan yang signifikan antara komunikasi terapeutik dengan kepuasan pasien, sedangkan untuk hubungan caring dengan kepuasan pasien dengan Ha2 diterima dan Ho2 ditolak dengan nilai p = 0,001 < α = 0,05 artinya ada hubungan yang signifikan antara caring dengan kepuasan pasien. Hasil multivariate dengan uji analisis regresi logistic antara variabel komunikasi terapeutik dan caring yang paling berpengaruh terhadap variabel kepuasan adalah caring dengan nilai sig 0,023 kekuatan hubungan dapat dilihat dari nilai OR = 0,058

Kata kunci    : Komunikasi Terapeutik, Caring , Kepuasan Pasien Ruang Rawat Inap

Kepustakaan : 33 (2005-2017)

 

 

 

ABSTRACT

Therapeutic communication is an interpersonal communication performed between nurses and other health care providers with patients which use focused on the patient's recovery. Professional services can be performed by nurses by showing caring behavior. Therapeutic and caring communication will allow for a harmonious interpersonal relationship between nurses - clients and also be able to help and meet client needs so as to provide satisfaction to clients. This study aims to determine the relationship of therapeutic communication with patient’s satisfaction and to know the relationship of caring with patient satisfaction in RSU Multazam Medika Bekasi Timur. This research is a quantitative research with cross sectional design, the number of samples in this study was 40 patients using total sampling technique, research instrument in the form of questionnaire. The result of bivariate of chi-squere statistic test showed that there was correlation between therapeutic communication with patient’s satisfaction with Ha1 accepted and Ho1 was rejected with p = 0,005 <α = 0,05 meaning that there was significant correlation between therapeutic communication with patient satisfaction, while for caring relationship with patient satisfaction with Ha2 accepted and Ho2 rejected with value p = 0,001 <α = 0,05 meaning there was significant relation between caring with patient’s satisfaction. Multivariate result with logistic regression analysis test between therapeutic communication and caring variable that most influence to satisfaction variable is caring with sig 0,023 strength of relation can be seen from OR = 0,058

Keywords: Therapeutic Communication, Caring, Patient Satisfaction

Bibliography: 33 (2005-2017)


 


References


DAFTAR PUSTAKA

Buku :

Abdul Nasir, Abdul Muhith, Sajidin, Wahitiqbal Mubarak . 2011 Komunikasi Dalam Keperawatan Teori Dan Aplikasi . Salemba Medika Jakarta

Dahlan, Sopiyudin, M. 2016. Statistik Untuk Kedokteran Dan Kesehatan. Seri 1 Edisi 6.Epidemiologi Indonesia Jakarta

Nursalam .2011 .Proses Dan Dokumentasi Keperawatan, Konsep Dan Praktek . Jakarta Salemba Medika

Nursalam. 2014. Manajemen Keperawatan Aplikasi dalam Praktik Keperawatan Profesional Edisi 4. Jakarta Salemba Medika

Potter, Perry .2005 . Buku Ajar Fundamental Keperawatan Konsep Proses dan Praktik .Jakarta :Erlangga

Simamora . 2012. Buku Ajar Manajemen Keperawatan. Jakarta : EGC

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D.Alfabeta Bandung

Suryani. 2016. Komunikasi Terapeutik :Teori Dan Praktik, ED.2. Kedokteran EGC Jakarta

Wulan Kencana Hastuti . 2011 Pengantar Etika Keperawatan . PT Prestasi Pusat karaya Jakarta

Jurnal :

Abdullah Samina, Kousar Robina, Azhar ,Waqas Ali . 2017 .Nurse’s And Patient’s Perception Regarding Nurse Caring Behaviors And Patients Satisfaction .

Akhmawardani Luvi, Sukesi Niken, Kusuma Bayu Argo. 2012 .Hubungan Komunikasi Terapeutik Perawat Dengan Tingkat Kepuasan Pasien.

Anwar Khairul .2017 .Hubungan Komunikasi Terapeutik Perawat Dengan Kepuasan Pasien

Departemen Kesehatan Republik Indonesia .2005 .Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Tentang Registrasi Dan Praktik Perawat

Darmawan Ngurah Komp.AA. 2012. Hubungan Perilaku Caring Perawat Dengan Tingkat Kepuasan Pasien

Febriana Nancy .2009 . Pengaruh Nursing Round Terhadap Kepuasan Pasien

Gurusinga Rahmad. 2013. Perilaku Caring Perawat Dan Kepuasan Pasien

Hery Retno . 2012 Hubungan Komunikasi Terapeutik Dengan Tingkat Kepuasan Pasien Post Operasi

Ikafah, Harniah .2017. Perilaku Caring Perawat Dengan Kepuasan Pasien

Imelda . 2015. Hubungan Antara Mutu Pelayanan Keperawatan Degan Kepuasan Pasien

Joharotun Lilis. 2017. Hubungan Pelayanan Komunikasi Terapeutik Perawat Dengan Tingkat Kepuasan Pasien

Kalsum Ummi .2016 .Hubungan Perilaku Caring Perawat Dengan Kepuasan Pasien

Kusuma Prasetyo Mahendro, Hastuti .2011 .Pengaruh Komunikasi Terapeutik Perawat Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Jalan.

Lubis Imanurohman Zidni .2016 .Hubungan Antara Komunikasi Terapeutik Dengan Tingkat Kepuasan Pasien .

Oviani Rhisa .2016 .Pengaruh Komunikasi Terapeutik Perawat Terhadap Kepuasan Pasien

Pratiwi Herlina, Abdilah Husni, Huda Akmal Ihsan, Supriatin Titin. 2010. Hubungan Komunikasi Terapeutik Perawat Dengan Tingkat Kepuasan Klien

Purwasari Triani .2015 . Hubungan Komunikasi Perawat Dengan Kepuasan Pasien di Ruang Rawat Inap.

Putra Pratama Panji .2011 .Hubungan Perilaku Caring Perawat Dengan Tingkat Kepuasan Pasien .

Puspitasari Eka. 2012. Hubungan Perilaku Caring Perawat Dengan Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Inap

Respati Diane Rurry .2012 .Studi Diskriptif Perilaku Caring Perawat

Sari Puspa .2015. Gambaran Pelaksanaan Komunikasi Terapeutik Oleh Perawat Pelaksana Pada Pasien

Santi Fauziah Nura’ini .2017 .Hubungan Mutu Pelayanan Kesehatan Dengan Tingkat Kepuasan Pasien

Turangan Charles B. dkk. 2015. Analisis Faktor-Faktor yang Berhubungan Dengan Kepuasan Pasien

Zulphiyana Siti, Indrayana Sofyan .2015 .Komunikasi Terapeutik Perawat Berhubungan Dengan Kepuasan Pasien




DOI: http://dx.doi.org/10.52031/edj.v2i2.22

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Edu Dharma Journal



Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Widya Dharma Husada Tangerang
Pajajaran Street Number 1 Pamulang,
South Tangerang City, Banten Province, Indonesia, 15417
Telephone: 021-74716128 / Handphone : 089529263441


Lisensi Creative Commons

Edu Dharma Journal: Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat by the Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Widya Dharma Husada Tangerang is distributed under the Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0).
Based on the work at http://openjournal.wdh.ac.id/.