HUBUNGAN KOMUNIKASI TERAPEUTIK DAN CARING DENGAN KEPUASAN PASIEN TERHADAP PERAWAT RUANG RAWAT INAP PENYAKIT DALAM RUMAH SAKIT UMUM MULTAZAM MEDIKA BEKASI TIMUR
Abstract
ABSTRAK
Komunikasi terapeutik merupakan komunikasi interpersonal yang dilakukan antara perawat dan petugas kesehatan lainnya dengan pasien yang berfokus pada kesembuhan pasien. Pelayanan professional oleh perawat dapat dilakukan oleh perawat dengan memperlihatkan perilaku caring. Komunikasi terapeutik dan caring akan memungkinkan terjadinya hubungan interpersonal yang harmonis antara perawat – klien dapat membantu dan memenuhi kebutuhan klien sehingga dapat memberikan kepuasan kepada klien. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan komunikasi terapeutik dengan kepuasan pasien dan untuk mengetahui hubungan caring dengan kepuasan pasien ruang rawat inap penyakit dalam RSU Multazam Medika Bekasi Timur. penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain cross sectional, jumlah sampel pada penelitian ini adalah 40 pasien dengan menggunakan teknik total sampling, instrument penelitian berupa kuesioner. Hasil bivariat dari uji statistic chi-squere diperoleh ada hubungan komunikasi terapeutik dengan kepuasan pasien dengan Ha1 diterimadan Ho1 ditolak dengan nilai p = 0,005 < α = 0,05artinyaada hubungan yang signifikan antara komunikasi terapeutik dengan kepuasan pasien, sedangkan untuk hubungan caring dengan kepuasan pasien dengan Ha2 diterima dan Ho2 ditolak dengan nilai p = 0,001 < α = 0,05 artinya ada hubungan yang signifikan antara caring dengan kepuasan pasien. Hasil multivariate dengan uji analisis regresi logistic antara variabel komunikasi terapeutik dan caring yang paling berpengaruh terhadap variabel kepuasan adalah caring dengan nilai sig 0,023 kekuatan hubungan dapat dilihat dari nilai OR = 0,058
Kata kunci : Komunikasi Terapeutik, Caring , Kepuasan Pasien Ruang Rawat Inap
Kepustakaan : 33 (2005-2017)
ABSTRACT
Therapeutic communication is an interpersonal communication performed between nurses and other health care providers with patients which use focused on the patient's recovery. Professional services can be performed by nurses by showing caring behavior. Therapeutic and caring communication will allow for a harmonious interpersonal relationship between nurses - clients and also be able to help and meet client needs so as to provide satisfaction to clients. This study aims to determine the relationship of therapeutic communication with patient’s satisfaction and to know the relationship of caring with patient satisfaction in RSU Multazam Medika Bekasi Timur. This research is a quantitative research with cross sectional design, the number of samples in this study was 40 patients using total sampling technique, research instrument in the form of questionnaire. The result of bivariate of chi-squere statistic test showed that there was correlation between therapeutic communication with patient’s satisfaction with Ha1 accepted and Ho1 was rejected with p = 0,005 <α = 0,05 meaning that there was significant correlation between therapeutic communication with patient satisfaction, while for caring relationship with patient satisfaction with Ha2 accepted and Ho2 rejected with value p = 0,001 <α = 0,05 meaning there was significant relation between caring with patient’s satisfaction. Multivariate result with logistic regression analysis test between therapeutic communication and caring variable that most influence to satisfaction variable is caring with sig 0,023 strength of relation can be seen from OR = 0,058
Keywords: Therapeutic Communication, Caring, Patient Satisfaction
Bibliography: 33 (2005-2017)
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
DAFTAR PUSTAKA
Buku :
Abdul Nasir, Abdul Muhith, Sajidin, Wahitiqbal Mubarak . 2011 Komunikasi Dalam Keperawatan Teori Dan Aplikasi . Salemba Medika Jakarta
Dahlan, Sopiyudin, M. 2016. Statistik Untuk Kedokteran Dan Kesehatan. Seri 1 Edisi 6.Epidemiologi Indonesia Jakarta
Nursalam .2011 .Proses Dan Dokumentasi Keperawatan, Konsep Dan Praktek . Jakarta Salemba Medika
Nursalam. 2014. Manajemen Keperawatan Aplikasi dalam Praktik Keperawatan Profesional Edisi 4. Jakarta Salemba Medika
Potter, Perry .2005 . Buku Ajar Fundamental Keperawatan Konsep Proses dan Praktik .Jakarta :Erlangga
Simamora . 2012. Buku Ajar Manajemen Keperawatan. Jakarta : EGC
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D.Alfabeta Bandung
Suryani. 2016. Komunikasi Terapeutik :Teori Dan Praktik, ED.2. Kedokteran EGC Jakarta
Wulan Kencana Hastuti . 2011 Pengantar Etika Keperawatan . PT Prestasi Pusat karaya Jakarta
Jurnal :
Abdullah Samina, Kousar Robina, Azhar ,Waqas Ali . 2017 .Nurse’s And Patient’s Perception Regarding Nurse Caring Behaviors And Patients Satisfaction .
Akhmawardani Luvi, Sukesi Niken, Kusuma Bayu Argo. 2012 .Hubungan Komunikasi Terapeutik Perawat Dengan Tingkat Kepuasan Pasien.
Anwar Khairul .2017 .Hubungan Komunikasi Terapeutik Perawat Dengan Kepuasan Pasien
Departemen Kesehatan Republik Indonesia .2005 .Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Tentang Registrasi Dan Praktik Perawat
Darmawan Ngurah Komp.AA. 2012. Hubungan Perilaku Caring Perawat Dengan Tingkat Kepuasan Pasien
Febriana Nancy .2009 . Pengaruh Nursing Round Terhadap Kepuasan Pasien
Gurusinga Rahmad. 2013. Perilaku Caring Perawat Dan Kepuasan Pasien
Hery Retno . 2012 Hubungan Komunikasi Terapeutik Dengan Tingkat Kepuasan Pasien Post Operasi
Ikafah, Harniah .2017. Perilaku Caring Perawat Dengan Kepuasan Pasien
Imelda . 2015. Hubungan Antara Mutu Pelayanan Keperawatan Degan Kepuasan Pasien
Joharotun Lilis. 2017. Hubungan Pelayanan Komunikasi Terapeutik Perawat Dengan Tingkat Kepuasan Pasien
Kalsum Ummi .2016 .Hubungan Perilaku Caring Perawat Dengan Kepuasan Pasien
Kusuma Prasetyo Mahendro, Hastuti .2011 .Pengaruh Komunikasi Terapeutik Perawat Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Jalan.
Lubis Imanurohman Zidni .2016 .Hubungan Antara Komunikasi Terapeutik Dengan Tingkat Kepuasan Pasien .
Oviani Rhisa .2016 .Pengaruh Komunikasi Terapeutik Perawat Terhadap Kepuasan Pasien
Pratiwi Herlina, Abdilah Husni, Huda Akmal Ihsan, Supriatin Titin. 2010. Hubungan Komunikasi Terapeutik Perawat Dengan Tingkat Kepuasan Klien
Purwasari Triani .2015 . Hubungan Komunikasi Perawat Dengan Kepuasan Pasien di Ruang Rawat Inap.
Putra Pratama Panji .2011 .Hubungan Perilaku Caring Perawat Dengan Tingkat Kepuasan Pasien .
Puspitasari Eka. 2012. Hubungan Perilaku Caring Perawat Dengan Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Inap
Respati Diane Rurry .2012 .Studi Diskriptif Perilaku Caring Perawat
Sari Puspa .2015. Gambaran Pelaksanaan Komunikasi Terapeutik Oleh Perawat Pelaksana Pada Pasien
Santi Fauziah Nura’ini .2017 .Hubungan Mutu Pelayanan Kesehatan Dengan Tingkat Kepuasan Pasien
Turangan Charles B. dkk. 2015. Analisis Faktor-Faktor yang Berhubungan Dengan Kepuasan Pasien
Zulphiyana Siti, Indrayana Sofyan .2015 .Komunikasi Terapeutik Perawat Berhubungan Dengan Kepuasan Pasien
DOI: http://dx.doi.org/10.52031/edj.v2i2.22
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Edu Dharma Journal
Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Widya Dharma Husada Tangerang
Pajajaran Street Number 1 Pamulang,
South Tangerang City, Banten Province, Indonesia, 15417
Telephone: 021-74716128 / Handphone : 089529263441
Edu Dharma Journal: Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat by the Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Widya Dharma Husada Tangerang is distributed under the Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0).
Based on the work at http://openjournal.wdh.ac.id/.