HUBUNGAN TINGKAT STRES SISWA TENTANG PEMBELAJARAN ONLINE PADA PANDEMI COVID-19 DENGAN PRESTASI BELAJAR DI MI KHOIRUL HUDA TANGERANG

R TRI RAHAYUNING LESTARI, TRIA MONJA MANDIRA, DHIA DIANA FITRIANI

Abstract


ABSTRACT

The learning process has changed from face-to-face to distance learning with the Covid-19 virus. Problems that arise during learning with online media if they cannot be adapted by students can cause stress. The purpose of this study was to determine the relationship between students' stress levels regarding online learning during the covid-19 pandemic on learning achievement at MI Khoirul Huda Tangerang. This research method is a quantitative design that uses primary data (questionnaire) with a descriptive approach that aims to describe the relationship between student stress levels regarding online learning during the COVID-19 pandemic and learning achievement at MI Khoirul Huda Tangerang. The population in this study were all students in grades 4,5 and 6 at MI Khoirul Huda Tangerang, totaling 133 students with a total sample of 79 respondents. The technique used is probability sampling with a simple random sampling method. Data analysis using Chi Square test. Based on data analysis with Chi Square test with a significance degree of p < 0.05 (5%). The results of the statistical test obtained a value (p-value = 0.001), so it can be concluded that there is a relationship between students' stress levels regarding online learning during the COVID-19 pandemic with learning achievement at MI Khoirul Huda Tangerang. Suggestions for educational institutions are expected as material for consideration to educational institutions in providing material on the relationship between students' stress levels regarding online learning and learning achievement.

ABSTRAK

Metode belajar mengajar menjadi berubah, sebelumnya  tatap muka menjadi dalam karingan atau pembelajaran jarak jauh akibat pengaruh virus Covid-19. Masalah-masalah yang timbul selama pembelajaran dengan media daring jika tidak dapat diadaptasi oleh siswa maka dapat menimbulkan stres. Tujuan Penelitian ini adalah Untuk mengetahui adanya hubungan tingkat stres siswa mengenai pembelajaran dalam jaringan pada masa pandemi covid-19 terhadap prestasi belajar di MI Khoirul Huda Tangerang. Metode penelitian ini merupakan desain kuantitatif yang menggunakan data primer (kuesioner)dengan pendekatan deskriptif yang bertujuan untuk mendeskripsikan Hubungan Tingkat Stres Siswa mengenai Pembelajaran Daring di masa pandemi covid-19 terhadap Prestasi belajar di MI Khoirul Huda Tangerang. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa/i kelas 4,5 dan 6 di di MI Khoirul Huda Tangerang yang berjumlah 133 siswa/i dengan jumlah sampel 79 responden. Teknik yang digunakan adalah probability sampling dengan metode simpel random sampling. Analisa data menggunakan uji Chi Square. Berdasarkan analisis data dengan uji Chi Square dengan derajat kemaknaan p < 0,05 (5%). Hasil uji statistik didapatkan nilai (p-value = 0,001) maka dapat disimpulkan bahwa ada hubungan tingkat stres siswa mengenai pembelajaran daring dimasa pandemi covid-19 terhadap prestasi belajar di MI Khoirul Huda Tangerang. Saran bagi institusi pendidikan diharapkan sebagai bahan pertimbangan kepada institusi pendidikan dalam pemberian materi hubungan tingkat stres siswa mengenai pembelajaran dalam jaringan terhadap prestasi belajar.


Keywords


Stress Level Online Learning Learning Achievement

Full Text:

PDF HASIL CEK TURNITIN

References


Afdila, J. N. (2016). Pengaruh Terapi Guided Imagery Terhadap Tingkat Stres: (Doctoral dissertation, Universitas Airlangga).

Agnihotri. K.A. 2018. Stress and Students. Laxmi Book Publication. Solapur.

Ananditasari. D. dkk. 2015. Faktor- Faktor yang Mempengaruhi Tingkat Stres pada Siswa SMA Negeri X Depok Akibat Penerapan Kurikulum 2013. Depok: Skripsi Universitas Indonesia.

Anggraini. V.D. 2018. Faktor Penyebab Stres Akademik pada Siswa. Skripsi Program Studi Bimbingan Dan Konseling. Jurusan Ilmu Pendidikan Universitas Sanata Dharma Yogyakarta.

Bariyyah. K. 2013. Menurunkan Tingkat Stres Akademik Siswa dengan Teknik Cognitive-Behavioural Stres Management”. Proseding Kongres XII, Konvensi XVIII Asosiasi Bimbingan Konseling Indonesia dan Seminar Internasional Konseling. Denpasar Bali.

Barseli. M. dkk. 2017. Konsep Stres Akademik Siswa. Padang : Jurnal Konseling dan Pendidikan.

Benny, A Pribadi. Model Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: PT Dian Rakyat, 2009.

Beni, K. N., Nursalam, N., & Hasinuddin, M. (2020). Uji Validitas dan Reliabilitas Leadership Behavior Inventory, Personal Master Questionnaire dan Kuesioner Kinerja Perawat di Rumah Sakit.

SUARA FORIKES (Journal of Health Research Forikes Voice), 11(3), 313-318.

Chairudin,Achmad. (2020). "Pengaruh Pembelajaran online terhadap prestasi siswa kelas 5 dan 6 MI Ma'arif Gedangan Kec. Tuntang, KAB. Semarang Tahun Ajaran 2020/2021."

Dr.Jenita Doli Tine Donsu,.SKM.,Msi. 2019. Psikologi Keperawatan. PT.PUSTAKA BARU. Yogyakarta.

Fauziah, N. H. (2015). Pengaruh Fasilitas dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas IV SD Negeri Saren 2 Kalijambe Kabupaten Sragen Tahun Ajaran 2014/2015 (Doctoraldissertation Universitas Muhammadiyah Surakarta).

Feder, A., Parides, M. K., Murrough, J. W.,

Perez, A. M., Morgan, J. E., Saxena, S., ... & Charney, D. S. (2014). Efficacy of intravenous ketamine for treatment of chronic posttraumatic stress disorder: a randomized clinical trial. JAMA psychiatry, 71(6), 681-688.

Jannah, R., & Santoso, H. (2021). Tingkat Stres Mahasiswa Mengikuti Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Riset dan Pengabdian Masyarakat, 1(1), 130-146.

Ohariyah, A., & Mariati, T. (2018). Efektivitas penyuluhan kesehatan reproduksi remaja dengan pemberian modul terhadap perubahan pengetahuan remaja. Jurnal Manajemen Kesehatan Yayasan RS. Dr. Soetomo, 4(1), 38-46.

Kompri. (2017). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya . Yogyakarta: Media Akademi

Listyanti, Heni, and Ristia Wahyuningsih.(2021). "Manajemen Stres Orangtua Dalam Pendampingan PembelajaranDaring." Literasi: Jurnal Kajian Keislaman Multi-Perspektif 1.1

Maya Rahmatia, Monawati, Said Darnius. “Pengaruh Media E-Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas X SDN 20 Banda Aceh” Jurnal Lmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2017.

Menteri Pendidikan. 2020. Surat Edaran Nomor 4 Tahun 2020 Tentang Pelaksanaan Pendidikan dalam Masa Darurat CoronaVirus (COVID-19).

Morgan. N. 2014. Panduan Mengatasi Stres Bagi Remaja. Jakarta: Penerbit Gemilang Munir. 2007. Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Bandung: Alfabeta.

Nadatien, I., & Mulayyinah, M. (2019). Hubungan Mekanisme Koping Dengan Tingkat Stres Pada Pasien Kanker Di Yayasan Kanker Indonesia Cabang Jawa Timur. JI-KES (JurnalIlmu Kesehatan), 2(2). Nasir. A., Abdul. M. 2011. Dasar-Dasar Keperawatan Jiwa : Pengantar dan Teori. Jakarta: Salemba Medika.

Notoadmdjo. S. 2012. Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta : Rineka Cipta.

Oktariani, O. (2018). Peranan Self Efficacy Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Psikologi Kognisi, 3(1), 41 - 50.

Oktawirawan, Dwi Hardani. (2020). "Faktor pemicu kecemasan siswa dalam melakukan pembelajaran daring di masa pandemi covid-19." Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi 20.2: 541-544.

PALUPI, Tri Nathalia. Tingkat Stres pada Siswa-Siswi Sekolah Dasar dalam Menjalankan Proses Belajar di Rumah Selama Pandemi Covid-19. JURNAL PSIKOLOGI PENDIDIKAN DAN PENGEMBANGAN SDM, 2020, 9.2: 18-29.

Purba, S. A. (2020). Tingkat Stres pada Siswa yang Bersekolah dengan Media Daring di Madrasah Aliyah Negeri 2 Model Medan.

Putri, S. A., Agustina, T., & Gizi, M. (2021). Hubungan Pola Tidur Dan Tingkat Stres Dengan Tingkat Prestasi Mahasiswa Fk Ums Selama Perkuliahan Online Pada Masa Pandemi Covid-19 (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).

Saputri, A. R. (2017). Hubungan tingkat stres, kecemasan, dan depresi dengan tingkat prestasi akademik pada santri aliyah di Pondok Pesantren Darul Ihsan Tgk. H. Hasan Krueng Kalee, Darussalam, Aceh Besar, Aceh (Bachelor's thesis, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta: Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan, 2017).

Setyaningrum, A., Mulyaningsih, M., & Imamah, I. N. (2021). TINGKAT STRES DENGAN STRATEGI KOPING PADA SISWA FULL DAY SCHOOL. Jurnal Ilmiah Kesehatan, 11(1), 1-10.

Susilowati, E., & Azzasyofia, M. (2020). The Parents Stress Level in Facing Children Study From Home in the Early of COVID-19 Pandemic Indonesia. International Journal of Science and Society, 2(3), 1-12.

WHO, 2014. Jumlah Prevalens kejadian stres di dunia https://core.ac.uk>pdf.




DOI: http://dx.doi.org/10.52031/edj.v6i1.282

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 R TRI RAHAYUNING LESTARI, TRIA MONJA MANDIRA, DHIA DIANA FITRIANI



Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Widya Dharma Husada Tangerang
Pajajaran Street Number 1 Pamulang,
South Tangerang City, Banten Province, Indonesia, 15417
Telephone: 021-74716128 / Handphone : 089529263441


Lisensi Creative Commons

Edu Dharma Journal: Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat by the Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Widya Dharma Husada Tangerang is distributed under the Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0).
Based on the work at http://openjournal.wdh.ac.id/.