FAKTOR-FAKTOR PENYEBAB KECANDUAN MEDIA SOSIAL PADA MAHASISWA FAKULTAS ILMU KESEHATAN UIN SYARIF HIDAYATULLAH JAKARTA

JAMALUDIN JAMALUDIN, AULIS SYARIFAH, KARYADI KARYADI

Abstract


ABSTRACT

Social media addiction is the excessive use of social media. Social media addiction is caused by academic stress, loneliness, and self-control. The purpose of this study was to determine the level of stress and the factors that cause stress in the nursing profession of UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. This research method is quantitative research with analytical cross-sectional study design. The sampling technique selected and used in the study was purposive sampling with a sample of 103 respondents, the instrument of this research was an online questionnaire with a google form consisting of a demographic questionnaire, the level of social media addiction, and the factors causing social media addiction (academic stress, loneliness, and self-control). The research was conducted in May–June 2022. The data analysis technique used the Spearman rank method. The results showed that the respondents were dominated by female sex as many as 73 people (70.9%), the majority of respondents came from FSW as many as 35 people (34%), most of the respondents were 21 years old as many as 29 people (28.2%). The most addicted to social media are moderate level of social media addiction as many as 68 people (66%), moderate level of academic stress as many as 30 people (29.1%), moderate level of loneliness as many as 46 people (44.7%), and self-control level while as many as 55 people (53.4%). The results of the Spearman rank test show that between academic stress, loneliness, and self-control with social media addiction, the correlation coefficient values are 0.400, 0.662, -0.607 with a P-value of 0.000, 0.000, 0.000. Suggestions in this study need further treatment for students who are addicted to social media according to the factors causing it.

 

ABSTRAK

ABSTRAK

 

Kecanduan media sosial adalah penggunaan media sosial secara berlebihan. Kecanduan media sosial disebabkan oleh stres akademik, kesepian, dan kontrol diri. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat stres dan faktor- faktor penyebab stres pada mahasiswa profesi ners UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Metode penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain studi cross sectional analitik. Teknik sampling yang dipilih dan digunakan dalam penelitian yaitu purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 103 responden, instrumen penelitian ini berupa kuesioner online dengan google formulir yang terdiri dari kuesioner demografi, tingkat kecanduan media sosial, dan faktor penyebab kecanduan media sosial (stres akademik, kesepian, dan kontrol diri). Penelitian dilaksanakan pada bulan Mei–Juni 2022. Teknik analisa data menggunakan metode rank spearman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa responden didominasi oleh jenis kelamin perempuan sebanyak 73 orang (70,9%), mayoritas responden berasal dari PSF sebanyak 35 orang (34%), sebagian besar usia responden 21 tahun sebanyak 29 orang (28,2%), tingkat kecanduan media sosial paling banyak yaitu kecanduan media sosial tingkat sedang sebanyak 68 orang (66%), stres akademik tingkat sedang sebanyak 30 orang (29,1%), kesepian tingkat sedang sebanyak 46 orang (44,7%), dan kontrol diri tingkat sedang sebanyak 55 orang (53,4%). Hasil penelitian dari uji rank spearman menunjukkan bahwa antara stres akademik, kesepian, dan kontrol diri dengan kecanduan media sosial didapatkan nilai koefisien korelasi masing-masing adalah 0,400, 0,662, -0,607 dengan nilai P-value 0,000, 0,000, 0,000. Saran dalam penelitian ini perlu adanya penanganan lebih lanjut kepada mahasiswa yang kecanduan media sosial sesuai dengan faktor-faktor penyebabnya.

 


Keywords


Kecanduan media sosial; Stres akademik; Kesepian; Kontrol diri

Full Text:

PDF TURNITIN

References


Adminuniv. 2021. Pengertian Fakultas, dan Program Studi (Prodi). https://feb.umsu.ac.id/pengertian-fakultas-dan-program-studi-prodi8021-2/

Aisafitri, L., & Yusriyah, K. 2021. Kecanduan Media Sosial (FoMO) Pada Generasi Milenial. Jurnal Audience: Jurnal Ilmu Komunikasi. 4(1): 86-106.

Anggreani, N. 2018. Hubungan Stres Akademik dan Self-Regulated Learning Dengan Kecanduan Jejaring Sosial. Psikoborneo. 6(2): 158–164.

APJII. 2020. Laporan Survei Internet APJII 2019-2020. https://apjii.or.id/survei

Aprilia, R., Sriati, A., & Hendrawati, S. 2020. Tingkat Kecanduan Media Sosial pada Remaja. JNC. 3(1): 41–53.

Ariani, M. D., Supradewi, R., Syafitri, U. 2019. Peran Kesepian dan Pengungkapan Diri Online Terhadap Kecanduan Internet Pada Remaja Akhir. Proyeksi. 14(1): 12–21.

Arifin, H. H., & Milla, M. N. 2020. Adaptasi dan properti psikometrik skala kontrol diri ringkas versi Indonesia. Jurnal Psikologi Sosial. 18(2): 179–195. https://doi.org/10.7454/jps.2020.18

Arini, D. P. 2021. Emerging Adulthood: Pengembangan Teori Erikson Mengenai Teori Psikososial Pada Abad 21. Jurnal Ilmiah Psyche. 15(1): 11–20.

Azwar, S. 2016. Metode Penelitian. Jakarta: Pustaka Pelajar.

B, H., & Hamzah, R. 2020. Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan ingkat Stres Akademik Pada Mahasiswa Stikes Graha Medika. Indonesian Journal for Health Sciences. 4(2): 59–67.

BPS. 2022. Jenis Kelamin. https://sirusa.bps.go.id/sirusa/index.php/variabel/33

Darmawan, F. H. 2020. Kecanduan Internet Pada Mahasiswa Program Studi Kebidanan (D-3) Sebagai Dampak Pembelajaran Jarak Jauh Di Era Pandemi, Mungkinkah? Prosiding Pertemuan Ilmiah Nasional Penelitian & Pengabdian Masyarakat II “Tantangan Dan Inovasi Kesehatan Di Era Society 5.0” PIN-LITAMAS II, 2(1), 146–157. http://ejournal.stikesjayc.id/index.php/PLT/article/view/27/33

Du, J., Kerkhof, P., & van Koningsbruggen, G. M. 2021. The Reciprocal Relationships Between Social Media Self-Control Failure, Mindfulness and Wellbeing: A Longitudinal Study. PLoS ONE, 16(8 August), 1–25. https://doi.org/10.1371/journal.pone.0255648

Duryat, M., Abdurohim, S., & Permana, A. 2021. Mengasah Jiwa Kepemimpinan: Peran Organisasi Kemahasiswaan. Penerbit Adab.

Ginting, R., & Yulistiyono, A. 2021. Etika Komunikasi Dalam Media Sosial: Saring Sebelum Sharing. Penerbit Insani.

Gita, B., Arimbawa, A., & Arifin, M. 2020. Analisa Kecanduan Media Sosial Pada Mahasiswa Program Studi Bimbingan Konseling Universitas PGRI Banyuwangi. 2(1). http://jurnal.icjambi.id/index.php

Hakim, S. N., Raj, A. A., & Prastiwi, D. F. C. 2017. Remaja dan Internet. Prosiding SEMNAS Penguatan Individu Di Era Revolusi Informasi, 2008, 311–319. https://publikasiilmiah.ums.ac.id/bitstream/handle/11617/9290/Siti Nurina Hakim.pdf?sequence=1&isAllowed=y

Harahap, F., & Miftahurrahmah, H. 2020. Hubungan Kecanduan Sosial Media dengan Kesepian pada Mahasiswa. Acta Psychologia. 2, 153–160.

Harahap, J. Y. 2017. Hubungan Antara Kontrol Diri Dengan Ketergantungan Internet Di Pustaka Digital Perpustakaan Daerah Medan. Jurnal Edukasi: Jurnal Bimbingan Konseling. 3(2): 131.

Hariyanti, N. R. 2020. Metodologi Penelitian Karya Ilmiah. Jakarta: Graniti.

Hartinah, S., Sriati, A., & Kosasih, C. E. 2019. Gambaran Tingkat Gejala Kecanduan Media Sosial pada Mahasiswa Keperawatan Universitas Padjadjaran. Jurnal Keperawatan BSI, VII(1). http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/jk

Hasanah, U., Pratiwi, R. D., Marsiwi, A. R., Ardi, N. B., & Nabillah, Y. (2021, January). The Correlation Between Instagram Social Media and Self-Esteem in Adolescents of Grade Xii Culinary Art Department of State Vocational High School 2 Depok. In The 1st International Conference on Research in Social Sciences and Humanities (ICoRSH 2020) (pp. 748-751). Atlantis Press.

Hulu, V. T., & Sinaga, T. R. 2019. Analisis Data Statistik Parametrik Aplikasi SPSS dan Statcal : Sebuah Pengantar Untuk Kesehatan. Yayasan kita menulis.

Hulukati, W., & Djibran, M. R. 2018. Analisis Tugas Perkembangan Mahasiswa Fakultas Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. 3, 73–80.

Indra, I. made, & Cahyaningrum, I. 2019. Cara Mudah Memahami Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Deepublish.

Irawan, E., Tania, M., & Pratami, A. S. R. 2020. Hubungan Kontrol Diri Dengan Kecanduan Internet Pada Remaja di Sman 11 Bandung. Jurnal Keperawatan BSI, 8(2).

Khairun, D. Y., Hakim, I. Al, Fakultas, K., & Pendidikan, I. 2021. Pengembangan Instrumen Adiksi Media Sosial Instagram Remaja. Jurnal Hermeneutika. 7(1): 1–9.

Kuswantoro. 2020. Pendidikan Profetik untuk Anak di Era Digital: Upaya Menangani Kecanduan Gadget pada Anak. 2(1), 87–99. https://id.theasianparent.com/kasus-anak-kecanduan-gadget,

Masturoh, I., & Anggita, N. 2018. Bahan Ajar Rekam Medis dan Informasi Kesehatan (RMIK) Metodologi Penelitian Kesehatan. Pusat Pendidikan SDM Kesehatan Badan Pengembangan dan Pemberdayaan SDM Kesehatan.

Mulyati, T. 2018. Kecanduan Smartphone Ditinjau Dari Kontrol Diri dan Jenis Kelamin Pada Siswa SMA Mardisiswa Semarang. Jurnal Empati. 7(4): 1307-1316.

Napitupulu, D., Windarto, A. P., Wanto, A., Simarmata, J., Purmomo, A., Bachtiar, E., Abdilah, L. A., Sinambela, M., Kusuma, A. H. P., Muharlisiani, L. T., Ramadhani, Y. R., & Norfriansyah, D. 2020. Menulis Artikel Ilmiah Untuk Publikasi. Medan: Yayasan Kita Menulis.

Nurfadilah, S. 2021. Hubungan Kecanduan Media Sosial Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa Fakultas Ilmu Kesehatan Uin Syarif Hidayatullah Jakarta. Skripsi. UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Jakarta.

Pragholapati, A., Suparto, T. A., Puspita, A. P. W., & Sulastri, A. 2021. Indonesian Adaptation Of The Student-Life Stress Inventory: Psychometric Properties And Factor Structure. Nursing Update. 12(3): 36–47.

Putra, M. D. R. E., & Apsari, N. C. 2021. Hubungan Proses Perkembangan Psikologis Remaja Dengan Tawuran Antar Remaja. Jurnal Kolaborasi Resolusi Konflik. 3(1): 14–24.

Qomusuddin, I. F. 2019. Statistik Pendidikan: Lengkap dengan Aplikasi IBM SPSS Statistic 20.0. Yogyakarta: Deepublish.

Rahimaniar, I., & Nuryono, W. 2021. Studi Kepustakaan Tentang Faktor Penyebab dan Penanganan Kecanduan Media Sosial. Jurnal BK UNESA. 12(2):185–196.

Rahmawati, M. N., Rohaedi, S., & Sumartini, S. 2019. Tingkat Stres dan Indikator Stres pada Remaja yang Melakukan Pernikahan Dini. Jurnal Pendidikan Keperawatan Indonesia, 5(1): 25–33.

Resmadewi, R. 2019. Hubungan Antara Penyesuaian Diri Dengan Kesepian Pada Mahasiswi Prodi Kebidanan Poltekkes Surabaya Yang Tinggal Di Asrama. PSIKOSAINS (Jurnal Penelitian Dan Pemikiran Psikologi). 13(2): 122.

Rinaldi, M. R. 2021. Kesepian pada Mahasiswa selama Pandemi COVID-19. Jurnal Psikologi Teori Dan Terapan. 11(3): 267–277.

Riyanto, S., & Hatmawan, A. A. 2020. Metode Riset Penelitian Kuantitatif : Penelitian di Bidang Manajemen, Teknik, Pendidikan, dan Eksperimen. Yogyakarta: Deepublish.

Safitri, R. I., & Dewi, D. K. 2020. Perbedaan Perceived Academic Stress Ditinjau dari Tahun Angkatan Pada Mahasiswa Fakultas X. Jurnal Penelitian Psikologi. 7(2): 32–42.

Sechan, A. S. 2021. Hubungan Modal Psikologis dan Stres Akademik Pada Mahasiswa. Skripsi. Universitas Islam Indonesia. Yogyakarta.

Siregar, M. H., Susanti, R., Indriawati, R., Hanaruddin, Y. P., Adhiwijaya, A., Akbar, H., Agustiawan, Nugraha, D. P., & Renaldi, R. 2021. Metodologi Penelitian Kesehatan. Banda Aceh: Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.

Siyoto, S., & Sodik, A. 2015. Dasar Metodologi Penelitian. Literasi. Media Publishing.

Social, W. are, & Hootsuite. 2022. Digital 2022: Another Year of Bumper Growth. https://datareportal.com/reports/digital-2022-global-overview-report

Solimun, Fernandes, A. A. R., & Nurjannah. 2017. Metode Statistika Multivariat : Pemodelan Persamaan Struktural (SEM). UB Press.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Syafi’i, A., Marfiyanto, T., & Rodiyah, S. K. 2018. Studi Tentang Prestasi Belajar Siswa Dalam Berbagai Aspek Dan Faktor Yang Mempengaruhi. Jurnal Komunikasi Pendidikan. 2(2), 115. https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.114

Utami, Y. T. 2018. Pengaruh Karakteristik Pasien Terhadap Kualitas Pelayanan Rawat Jalan di UPTD Puskesmas Penumping Surakarta. 8(1), 57–65.

Wahyunindya, B. P., Silaen, S. M. J., & Diri, K. 2021. Kontrol Diri Dengan Fear of Missing Out Terhadap Kecanduan Media Sosial Pada Remaja Karang Taruna Bekasi Utara. 5(1), 51–58.

WeAreSocial, & KEPIOS. 2022. Digital 2022: Indonesia. https://datareportal.com/reports/digital-2022-indonesia

Welang, A., Pasiak, T., & Wongkars, D. 2018. Gambaran Kinerja Otak Pada Adiksi Game Online Dengan Menggunakan Isntrumen Isha. Jurnal Medik Dan Rehabilitasi. 1(2): 1–5.

Widyana, R., & Purnamasari, S. E. 2020. Do Fear of Missing-out Mediated by Social Media Addiction Influence Academic Motivation Among Emerging Adulthood?. Journal of Educational, Health and Community Psychology. 9(3): 259–275.

Xu, S., Qiu, D., Hahne, J., Zhao, M., & Hu, M. 2018. Psychometric properties of the short-form UCLA Loneliness Scale (ULS-8) among Chinese adolescents. Medicine (Baltimore), 97(38), e12373. https://doi.org/10.1097/MD.0000000000012373

Yunalia, E. M., Jayani, I., Suharto, I. P. S., & Susilowati, S. 2021. Kecerdasan emosional dan mekanisme koping berhubungan dengan tingkat stres akademik mahasiswa. Jurnal Keperawatan Jiwa (JKJ): Persatuan Perawat Nasional Indonesia. 9(4): 869–878.

Yusuf, A., PK, R. F., Nihyati, H. E., & Tristiana, R. D. 2019. Kesehatan Jiwa: Pendekatan Holistik dalam Asuhan Keperawatan. Bogor: Mitra Wacana Media.




DOI: http://dx.doi.org/10.52031/edj.v6i2.424

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 JAMALUDIN JAMALUDIN, AULIS SYARIFAH, KARYADI KARYADI



Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Widya Dharma Husada Tangerang
Pajajaran Street Number 1 Pamulang,
South Tangerang City, Banten Province, Indonesia, 15417
Telephone: 021-74716128 / Handphone : 089529263441


Lisensi Creative Commons

Edu Dharma Journal: Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat by the Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Widya Dharma Husada Tangerang is distributed under the Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0).
Based on the work at http://openjournal.wdh.ac.id/.