HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN IBU DAN PENERAPAN PENDIDIKAN AGAMA DENGAN KEJADIAN TEMPERTANTRUM PADA ANAK PRA SEKOLAH DI RW 002 DESA BOJONG SEMPU PARUNG BOGOR

Uswatun Hasanah, RITA DWI PRATIWI, Farida Farida

Abstract


ABSTRACTTempertantrum can be interpreted in a language that is easily tempered. Tempertantrum behavior is followed by behavior such as crying loudly, rolling on the floor, screaming, throwing, hitting, kicking and various other activities. The cause of tempertrums is the obstruction of the desire to get something, the inability of children to express themselves, parenting parents and various other factors that can cause temperament. The purpose of this study was to determine the relationship between mother's level of knowledge and application of religious education with tempertantrum events in preschool children in Bojong Sempu Parung Village, Bogor. Research Methods The type of research used is quantitative research with analytic descriptive research plans with cross-sectional approach. In this study the tool used in this study is a closed questionnaire sheet, to determine the relationship between independent and dependent variables. The sampling technique uses the Total Sampling sample technique but is calculated using the two proportion lemeshow formula using software. The sample in this study amounted to 53 respondents. Research Results Statistical test results using the Chi Square test obtained p-value = 0.002 <a = 0.05 for the Mother's Knowledge Level and obtained p-value = 0.012 <a 0.05 for Religious Education. Then it can be concluded that there is a relationship between the level of mother's knowledge and religious education with the occurrence of tempertantrum in preschool children in Bojong Sempu Parung Village Bogor. From this research it is hoped that it can expand information about tempertantrum with other causes or factors.

ABSTRAK

Secara bahasa Tempertantrum dapat diartikan dengan perilaku yang mudah marah. Perilaku tempertantrum diikuti oleh tingkah laku seperti menangis dengan keras, berguling dilantai, menjerit, melempar , memukul, menendang dan berbagai kegiatan lainnya. Penyebab dari tempertantrum adalah terhalangnya keinginan untuk mendapatkan sesuatu, ketidakmampuan anak untuk mengungkapkan diri, pola asuh orang tua dan berbagai macam faktor lain yang dapat menyebabkan tempertanrum.Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui hubungan tingkat pengetahuan ibu dan penerapan pendidikan agama dengan kejadian tempertantrum pada anak prasekolah Di Desa Bojong Sempu Parung Bogor. Metode Penelitian Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian kuantitatif dengan rencana penelitian dekskriptif analitik dengan pendekatan Cross-Sectional.Pada penelitian ini alat yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar kuesioner tertutup, untuk mengetahui hubungan antara variabel independen dan dependen. Tekhnik pengambilan sample menggunakan tekhnik sampel Total Sampling namun dihitung dengan rumus lemshow uji dua proporsi menggunakan software. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 53 responden. Hasil Penelitian Hasil uji statistik dengan menggunakan uji Chi Squarediperoleh nilai p-value = 0.002 < a = 0.05 untuk Tingkat Pengetahuan Ibu dan diperoleh nilai p-value = 0.012 < a 0.05 untuk Pendidikan Agama. Maka dapat di simpulkan bahwa ada hubungan antara tingkat pengetahuan ibu dan penerapan pendidikan agama dengan kejadian tempertantrum pada anak prasekolah di Desa Bojong Sempu Parung Bogor. Dari penelitian ini diharapkan dapat memperluas informasi tentang tempertantrum dengan penyebab atau faktor lainnya


Keywords


Tempertantrum, Tingkat Pengetahuan Ibu, Penerapan Pendidikan Agama , Anak Prasekolah

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik.Jakarta: Rineka Cipta.

Notoatmodjo, Soekidjo. 2012. Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta. Notoatmodjo, Soekidjo. 2014. Metedologi Penelitian Kesehatan.Jakarta: Rineka Cipta.

Nursalam. 2014. Metodelogi Penelitian Ilmu Keperawatan. Jakarta: Salemba Medika.

Sugiyono. 2018. Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & DBandung: Alfabeta CV.

Fatmaningtyas, Rosi dkk. 2019. Hubungan Tingkat Pengetahuan Ibu Dengan Pola Asuh Anak Tempertantrum Pada Usia Toddler Di Posyandu Balita Grogiol Ponorogo, Agustus 2019. Fakultas Ilmu Kesehatan. Ponorogo: Universitas Muhammadiyah Ponorogo. Diakses dari

Heriyanto, Hendri dkk. 2015. Hubungan Tingkat Pengetahuan Ibu Terhadap Kejadian Tempertantrum Pada Balita Di Kelurahan Talang Benih Wilayah Kerja Puskesmas. Program Studi Keperawatan. Bengkulu: Poltekkes Kemenkes Bengkulu.

Diakses dari

Inawati, Asti. 2017. Strategi Pengembangan Moral dan Nilai Agama Untuk Anak Usia Dini. Volume 3 no 1, April 2017. Pengajar di SMP Sunan Averous Yogyakarta. Diakses dari http://ejournal.uin-suka.ac.id/tarbiyah/index.php/alathfal/article/download/1422/1257

Jasuri, 2015. Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Pada Anak Usia Dini : Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan UIN Walisongo Semarang.

Kirana, Sekar, Rizkia. 2013. Hubungan Pola Asuh Orang Tua Dengan Tempertantrum Pada Anak Prasekolah. Semarang : Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Semarang.

Naswati, 2015. Hubungan Peran Ibu Dalam Pendidikan Moral Agama Dengan Kejadian Tempertantrum Anak Usia 2-3 Tahun Di PAUD Kecamatan Unggaran Barat Kabupaten Semarang.

Prastiwi, Nining. 2017. Analisis Data Kuantitatif Univariat, Bivariat Dan Multivariat. Diakses dari http://niningprastiwi27.blogspot.com/2017/01/analisis-data-kuantitatif-univariat.html?m=1

Rostini, Rosi. 2018. Peran Pola Asuh Orang Tua Dalam Menghadapi Anak Berperilaku Tempertantrm Usia 2-4 Tahun Di Kelompok Bermain Arvardia Bandung, Volume 4 no 2, 2018. Fakultas Tarbiyah dan Keguruan. Bandung: Universitas Islam Bandung. Diakses dari http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/paud/article/view/12992

Rokhmiati, Eka. 2019. Tantrum Pada Anak Usia Pra Sekolah, Volume 8 no 1, Maret 2019. Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Indonesia Maju. Kudus: STIKes Cendekia Utama Kudus. Diakses dari http://jurnal.stikescendekiautamakudus.ac.id/index.php/stikes/article/view/309

Saputra, Ali. 2014. Penanaman Nilai-Nilai Agama Pada Anak Usia Dini Di R.A DDI Addariyah Kota Palopo. Volume 20 no 2, Agustus 2014. Balai Penelitian dan Pengembangan Agama Makassar. Diakses darihttp://jurnalalqalam.or.id/index.php/Alqalam/article/download/190/173

Sholihah, Maratun. 2019. Hubungan Pola Asuh Dan Komunikasi Orang Tua Dengan Kejadian Tempertantrum Pada Anak Pra Sekolah (3-6 tahun) Di RW 04 Cipondoh Kota tangerang. Skripsi. Tangerang : STIKes Widya Dharma Husada Tangerang.

Sulistyorini, Lantin. 2016. Pengaruh Permainan Kooperatif Terhadap Reaksi Tempertantrum Pada Anak Usia Pra Sekolah (3-6 Tahun). Volume 1 no 2, November 2016. Program Studi Ilmu Keperawatan Universitas Jember.

Suwarni, Maria, Rosa. 2017. Hubungan Pola Komunikasi Dengan Kejadian Tempertantrum Pada Anak Usia Pra Sekolah Di TK Islamic Center Manado, Volume 5 no 1, Februari 2017. Program Studi Ilmu Keperawatan Fakultas Kedokteran. Manado: Universitas Sam ratulangi Manado. Diakses dari

Yani, Ahmad. 2013. Pendidikan agama Pada Anak Oleh Orangtua : Tinjauan Psikologi Islam : Dosen Tetap Fakultas Ushuluddin dan Pemikiran Islam IAIN Raden Fatah Palembang.




DOI: http://dx.doi.org/10.52031/edj.v4i2.59

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Uswatun Hasanah, RITA DWI PRATIWI, Farida Farida

License URL: http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/

Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Widya Dharma Husada Tangerang
Pajajaran Street Number 1 Pamulang,
South Tangerang City, Banten Province, Indonesia, 15417
Telephone: 021-74716128 / Handphone : 089529263441


Lisensi Creative Commons

Edu Dharma Journal: Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat by the Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Widya Dharma Husada Tangerang is distributed under the Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0).
Based on the work at http://openjournal.wdh.ac.id/.