SOSIALISASI MENGENAI BAHAYA PENYAKIT LAMBUNG PADA IBU-IBU DAN LANSIA DI DESA PENGASINAN KECAMATAN SAWANGAN

Nurwulan Adi Ismaya, Rita Dwi Pratiwi, Fenita Purnama Sari Indah, Gina Aulia, Gita Ayuningtyas, Lela Kania Rahsa Puji, Nur Hasanah, Aripin Aripin, Tri Okta Ratnaningtyas, Agung Dewantoro, Ratumas Ratih Puspita, Safitri Rahayu

Abstract


Lambung adalah salah satu organ dalam sistem percernaan pada manusia yang berfungsi untuk mencerna makan dan menyerap beberapa sari-sari makanan. Asam pada lambung sering kali menyebabkan penyakit pada lambung jika dikeluarkan secara berlebihan. Salah satu keluhan rasa sakit atau nyeri yang terasa di bagian perut adalah sakit di bagian lambung. Karena banyak orang yang tidak peduli akan hidup sehat dan terlalu stress akan kesibukannya yang menyebabkan terjadinya sakit pada lambung. Banyak masyarakat di Desa Pengasinan yang mengalami dan merasakan penyakit lambung. Namun, masyarakat banyak yang tidak tahu apa penyebab penyakit lambung tersebut terutama pada kalangan lansia. Masyarakat menganggap penyakit lambung adalah penyakit sepele. Maka dengan adanya hal tersebut, maka akan dilakukan sosialisasi mengenai bahaya penyakit lambung. Dalam program ini telah terlaksana kegiatan penyampaian materi edukasi kepada ibu – ibu dan lansia mengenai bahaya penyakit lambung baik itu terkait gejala, penyebab dan macam – macam penyakit yang ada di lambung serta upaya apa saja yang dapat dilakukan untuk menanggulanginya yang bertempat di desa pengasinan, kecamatan sawangan.

Keywords


penyakit lambung, lansia, ibu

Full Text:

PDF

References


Abdullah. (2008). Ilmu Penyakit Dalam (Internal Medical Disease). Medan: Universitas Sumatera Utara.

Almatsier, S. (2004). Prinsip Dasar Ilmu Gizi. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

BANUREA, A. C. (2022). SISTEM PAKAR DIAGNOSIS PENYAKIT LAMBUNG MENGGUNAKAN METODE DEMPSTER SHAFER. Skripsi Thesis, UNIVERSITAS KATOLIK DE LA SALLE MANADO.




DOI: http://dx.doi.org/10.52031/jam.v5i1.788

Refbacks

  • There are currently no refbacks.