TINJAUAN PELAKSANAAN SISTEM INFORMASI PENDAFTARAN ONLINE PASIEN RAWAT JALAN MENGGUNAKAN METODE PIECES DI RUMAH SAKIT UMUM BUNDA MARGONDA TAHUN 2023

Miftah Parid Firmansyah, Timor Utama, Frida Kusumawati

Abstract


RSU Bunda Margonda sudah menggunakan sistem informasi manajemen sejak 2018 lalu. Dalam pelayanan pendaftaran akan dinilai mutu pelayanan meliputi kecepatan, ketepatan, kelengkapan, kejelasan informasi, kenyamanan ruang tunggu dan lain-lain. Oleh karena itu, RSU Bunda Margonda telah menerapkan sistem pendaftaran via online agar mempermudah pasien, namun terdapat kendala pada jaringan internet rumah sakit sehingga menyebabkan sistem menjadi eror dan kendala seperti double data sehingga menghambat proses pelayanan yang optimal terhadap pasien. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengindentifikasi sistem informasi pendaftaran online pasien dengan menggunakan metode PIECES. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini terdiri dari petugas pendaftaran, petugas rekam medis dan petugas IT dengan menggunakan teknik Purposive Sampling. Sedangkan Objek penelitian ini yaitu sistem informasi pendaftaran online pasien rawat jalan Rumah Sakit Umum Bunda Margonda. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dan observasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa aspek Performance dari sistem sudah berjalan dengan baik, tetapi terdapat hambatan terkait sinyal Wi-Fi rumah sakit, Information yang dihasilkan oleh sistem lengkap dan up to date, aspek Economy sistem menguntungkan rumah sakit dengan menghemat paper, aspek Control sistem informasi tersebut telah memilki hak akses log-in, aspek Efficiency sistem tersebut sudah berjalan efisien dan efektif, aspek Service terkadang terdapat kendala mengenai sistem eror dan human eror. Saran bagi rumah sakit yaitu diharapkan melakukan evaluasi terhadap sistem minimal 1 bulan sekali dan penambahan penyediaan fasilitas mesin scan barcode untuk mempermudah pasien dalam hal mendapatkan nomor antrian menuju poli.

Keywords


Metode PIECES, Pendaftaran Online, Rumah Sakit, Sistem Informasi,

Full Text:

PDF

References


Fitriya, P. A., 2021. Fitriya, Putri Aisyatul (2021) TINJAUAN PROSES PEMBUATAN DAN PELAPORAN DATA EKSTERNAL DI RUMAH SAKIT ISLAM GARAM KALIANGET SUMENEP MENGGUNAKAN METODE PIECES.. Repositori STIKes Ngudia Husada Madura.

Irfan Fadil, Atep Ruhiat, 2018. Sistem Informasi Pendaftaran dan Antrian Pasien pada Klinik Dokter Menggunakan Komunikasi Data Internet. Infoman's, pp. 83-92.

Marwati, 2021. Analisis Sistem Informasi registrasi pasien dengan menggunakan metode PIECES di rumah sakit umum daerah syekh yusuf kabupaten gowa. Repositori UIN Alauddin Makassar, pp. -.

MP Firmansyah, T. Utama, J. Rahmi, ND Srikandi, 2023. Tinjauan Pemanfaatan Sistem Informasi Manajemen Puskesmas (Simpus) Terhadap Pelayanan Pasien Rawat Jalan Di Puskesmas Benda Baru Tangerang Selatan. EDU RMIK, Volume Vol 2. No.1, pp. 33-46.

Nisa, S. R., 2021. Tinjauan Pelaksanaan Sistem Informasi pendaftaran pasien rawat jalan menggunakan metode PIECES di rumah sakit islam garam kalianget sumenep. Repositori STIKes Ngudia Husada Madura.

Permenkes, R., 2013. Peraturan Menteri Kesehatan No.82. Indonesia, Patent No. 82.

Permenkes, R., 2022. Peraturan Menteri Kesehatan No. 24. Indonesia, Patent No. 24.

Seprina, R., 2016. kepatuhan petugas pendaftaran dalam melaksanakan standar prosedur operasional penerimaan pasien rawat jalan. Repositori Universitas Esa Unggul.

Soufitri, F., 2022. Konsep Sistem Informasi. PT. Inovasi Pratama Internasional..

Supriyatna, A., 2015. Analisis Dan Evaluasi Kepuasan Pengguna Sistem Informasi Perpustakaan Dengan Menggunakan Pieces Framework. Jurnal Pilar Nusa Mandiri Volume XI, No.1 Maret 2015, pp. 43-52.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


EDU RMIK Jurnal Edukasi Rekam Medis Informasi Kesehatan by LPPM STIKes Widya Dharma Husada Tangerang is licensed under CC BY-NC 4.0

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM)

Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Widya Dharma Husada Tangerang

Pajajaran Street Number 1 Pamulang,
South Tangerang City, Banten Province, Indonesia, 15417
Telephone: 021-74716128