TINJAUAN PENERAPAN REKAM MEDIS ELEKTRONIK PELAYANAN RAWAT JALAN POLI UMUM DI RUMAH SAKIT ALIA HOSPITAL DEPOK

Timor Utama, Riris Andriati, Sucipto Sucipto

Abstract


Dalam upaya untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi pengelolaan rekam medis, pemerintah pada akhirnya terbit PMK Nomor 24 Tahun 2022 tentang Rekam Medis. Melalui perubahan kebijakan tersebut, seluruh faskes di Indonesia diwajibkan menerapkan rekam medis elektronik.Tujuan Penelitian ini adalah meninjau penerapan rekam medis elektronik dalam pelayanan rawat jalan di poli umum Rumah Sakit Alia Hospital Depok. Metode Penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan Teknik Non-Probability Sampling jenis Purposive Sampling Jenis penelitian ini menggambarkan keadaan subjek atau objek dalam penelitian dapat berupa orang, lembaga, masyarakat dan yang lainnya yang pada saat sekarang berdasarkan fakta-fakta yang tampak atau apa adanya. Hasil penelitian ini menunjukan alur rawat jalan yang telah memiliki prosedur, fitur dari rekam medis elektronik di Rumah Sakit Alia Hospital Depok yang telah berjalan dengan baik dan cukup mudah digunakan, dan kendala penerapan rekam medis elektronik pelayanan rawat jalan poli umum pada kelengkapan pengisian. Rekam medis elektronik di Rumah Sakit Alia Hospital Depok membantu pelayanan kesehatan dan pengolahan data menjadi lebih efisien dan menghemat tenaga. Beberapa kendala juga terjadi saat penerapan rekam medis elektronik di Rumah Sakit Alia Hospital Depok sehingga perlu adanya monitoring dan evaluasi agar implementasi rekam medis elektronik di Rumah Sakit Alia Hospital Depok menjadi lebih baik.

Keywords


Rekam Medis Elektronik; Fitur; Rawat Jalan Poli Umum

Full Text:

PDF

References


Hendara (2019). Analisis Rekam Medis Elektronik Rawat Jalan Di Semen Padang Hospital Dengan Metode Eucs (End User Computing Satisfaction).

Herawati (2022). Penerapan Rekam Medis Elektronik Di Unit Rawat Jalan Rsud Dr. Zainoel Abidin Banda Aceh.

Menkes. (2022). Sosialisasi Nasional PMK 24 tahun 2022 tentang Rekam Medis.

Nenggra (2021). Tinjauan Kelengkapan Kuantitatif Rekam Medis Pasien Poli Bedah Rawat Jalan Di Rumah Sakit Umum Dr Soeroto Ngawi.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


EDU RMIK Jurnal Edukasi Rekam Medis Informasi Kesehatan by LPPM STIKes Widya Dharma Husada Tangerang is licensed under CC BY-NC 4.0

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM)

Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Widya Dharma Husada Tangerang

Pajajaran Street Number 1 Pamulang,
South Tangerang City, Banten Province, Indonesia, 15417
Telephone: 021-74716128