KORELASI KOMUNIKASI TERAPEUTIK PERAWAT DENGAN KEPUASAN PASIEN DI RUANG PELAYANAN TB PARU

Dewi Fitriani, Veri Veri, Ida Laelah

Abstract


KORELASI KOMUNIKASI TERAPEUTIK PERAWAT DENGAN KEPUASAN PASIEN DI RUANG PELAYANAN TB PARU

 

Dewi Fitriani*, Veri, Ida Laelah

Jurusan Keperawatan, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Widya Dharma Husada Tangerang

Tangerang Selatan, Banten, Indonesia

 

                                                   *Penulis korespondensi: dewifitriani@wdh.ac.id        

 

ABSTRAK

Suatu upaya untuk meningkatkan kualitas hidup pasien TB dengan menjalani proses penyembuhan yaitu dengan rutin mengkonsumsi obat berdasarkan konsep pengobatan TB. Pemberian pelayanan yang optimal dapat menigkatkan motivasi pasien untuk terus melakukan pengobatan secara rutin sesuai dengan waktu yang ditentukan. Komunikasi dalam praktek keperawatan adalah suatu alat yang penting untuk membina hubungan teraupetik dan dapat mempengaruhi kualitas pelayanan keperawatan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan komunikasi terapeutik perawat dengan kepuasan pasien di ruang pelayanan TB Paru di UPTD Puskesmas Cikupa Kabupaten Tangerang Tahun 2021. Metode penelitian ini merupakan penelitian analitik kuantitatif yang menggunakan kuesioner untuk mengukur komunikasi terapeutik dan kepuasan, penelitian ini memakai metode penelitian cross sectional dengan tujuan untuk mengindentifikasi komunikasi terapeutik dan kepuasan yang dilakukan pada waktu bersamaan. Jumlah sampel sebanyak 81 responden pasien TB Paru di Puskesmas Cikupa Kabupaten Tangerang yang melakukan kunjungan pengobatan ke ruang pelayanan TB paru dengan tehnik accidental sampling. Hasil penelitian diperoleh dari 81 responden didapatkan hasil lebih dari setengahnya komunikasi terapeutik perawat baik sebanyak 54,3% dan lebih dari setengah dengan kepuasan pasien tinggi sebanyak 51,9%. Hasil uji statistik menggunakan rumus Spearman diperoleh nilai (p-value=0,000, α:0,05) dengan nilai r = 0,693 maka dapat di simpulkan bahwa ada hubungan antara komunikasi terapeutik perawat dengan kepuasan pasien memiliki hubungan yang kuat. Saran dari hasil penelitian ini diharapkan perawat dapat meningkatkan kinerjanya khususnya dalam melaksanakan komunikasi terapeutik perawat dengan menggunakan bahasa yang mudah dimengerti sehingga dapat menjalin kerjasama yang baik antara pasien dan perawat yang nantinya dapat menciptakan rasa aman dan nyaman serta kepuasan.

Kata kunci: Komunikasi Terapeutik Perawat, Kepuasan Pasien

 

THE CORRELATION OF NURSE THERAPEUTIC COMUNICATION AND THE PATIENTS’ SATISFACTION IN

PULMONARY TUBERCULOSIS ROOM

 

ABSTRACT

An effort to improve the patients’ quality of life is by doing the care process itself that is drug consumption based on the concept of tuberculosis care routinely. The optimal care can motivate the patients to do their care process routinely based on the specified time. The communication in nursing practice is an important thing to make therapeutics. It can also influence the quality of nursing services. Objective: The aim of this study was to define the correlation of nurse therapeutic communication and the patients’ satisfaction in pulmonary tuberculosis room of UPTD Puskesmas Cikupa Kabupaten Tangerang in 2021. Method This research was an analytic quantitative research that used questionnaire to measure therapeutic and patients’ satisfaction. This research was included in the observational study with cross sectional design to identify therapeutic and the patients’ satisfaction at the same time. Sample consisted of 81 respondents of pulmonary tuberculosis in Puskesmas Cikupa Kabupaten Tangerang. The technique used accidental sampling. Result  The assessment of patients’ satisfaction on therapeutic communication showed satisfied, it was 54,3 %and very satisfied about 51,9 %. The statistical test result of Spearman showed (p-value=0,000, α:0,05) with value r = 0,693. It could take the conclusion that there was a big correlation of nurse therapeutic and patients’ satisfaction. Suggestion From this result of the research, hopefully nurses are able to improve their service quality, especially in applying the therapeutic communication with understandable terms. By doing this, they are able to make a good relationship to the patients that need include the feelings of safety, comfort, and satisfaction.

Keywords: Nurse Therapeutic Communication, Patient Satisfaction


Keywords


Komunikasi Terapeutik Perawat; Kepuasan Pasien

Full Text:

PDF

References


Damayanti. (2018). Teori Komunikasi Analisis dan Aplikasi. Jakarta: Salemba Humadika.

Dwidiyanti M. (2017). Keperawatan Dasar. Semarang: Hasani.

Hidayatullah, M.S., Khotimah, H., Nugroho, S.A. (2020). Hubungan Komunikasi Terapeutik dengan Kepuasan Pasien Rawat Inap Puskesmas Tapen Kabupaten Bondowoso. Jurnal Keperawatan Profesional (JKP) Volume 8, Nomor 1 p-ISSN: 815-679X; e-ISSN: 2685-1830.

Kemenkes RI. (2018). Infodatin Pusat Data dan Informasi Kementerian Kesehatan Indonesia Tuberkulosis. Jakarta: Balitbang.

Laily, D.W., Rombot, D.V., Lampus, B.S. (2016). Karakteristik pasien tuberkulosis paru di puskesmas tuminting manado. Jurnal Kedokteran Komunitas dan Trop. Volume Nomor 3. Hal 1–5.

Notoatmodjo, S. (2017). Pendidikan dan Perilaku kesehatan. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Nurhanah., Amiruddin, R., Abdullah, T. (2016). Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Kejadian Tuberkulosis Paru pada Masyarakat di Propinsi Sulawesi Selatan. Jurnal MKMI, Vol 6 No.4. Hal. 2014-209.

Potter dan Perry. (2014). Buku Ajar fundamental Keperawatan Konsep, Proses dan Praktik. Jakarta: EGC.

Pratiwi, R. D. (2019). Hubungan Komunikasi Terapeutik Dan Caring Dengan Kepuasan Pasien Terhadap Perawat Ruang Rawat Inap Penyakit Dalam Rumah Sakit Umum Multazam Medika Bekasi Timur. Edu Dharma Journal: Jurnal penelitian dan pengabdian masyarakat, 2(2), 1-22.

Purwanto, H. (2014). Komunikasi untuk Perawat. Jakarta: EGC.

Puskesmas Cikupa. (2019). Data Kejadian Penyakit Tb Paru di Puskesmas Cikupa Tahun 2019. Tidak diterbitkan

Rustandi. (2019). TBC Di Banten Tinggi, WH Terbitkan Instruksi Eliminasi TBC. Artikel. https://www.rmolbanten.com/read/2019/03/19/6880/TBC-Di-Banten-Tinggi,-WH-Terbitkan-Instruksi-Eliminasi-TBC-. Diunduh tanggal 29 September 2020.

Siregar, A.H., Yahya, S.Z. Hubungan Komunikasi Terapeutik Perawat Terhadap Kepuasan Pasien di Rumah Sakit Martha Friska Medan. Naskah Publikasi. Poltekkes Kemenkes Medan.

Triwibowo. (2017). Manajemen pelayanan keperawatan di rumah sakit. Jakarta: TIM.

Vee. (2020). Bertambah 6000 Kasus Sepanjang 2019, Penyakit TBC Hantui Kabupaten Tangerang. Artikel. https://kabar6.com/bertambah-6000-kasus-sepanjang-2019-penyakit-tbc-hantui-kabupaten-tangerang/. Diunduh tanggal 29 September 2020.

Werdhani RA. (2017). Patofisiologi, Diagnosis dan Klasifikasi Tuberkulosis Departemen Ilmu Kedokteran Komunitas, Okupasi dan Keluarga. Jakarta: UI Press.

Zubaidah., Tien., Setyaningrum. (2015). Karakteristik Penderita TB Paru Pengguna OAT di Indonesia. Publikasi Kesehat Masyarakat Indonesia. Volume 2 Nomor 1. Hal 51–6.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.