Pelaksanaan Kegiatan Kodefikasi Dan Reimbursement Di RSUD Khidmat Sehat Afiat Kota Depok

Gama Bagus Kuntoadi, Sucipto Sucipto, Miftah Parid Firmansyah, Santi Lestari, Timor Utama

Abstract


Rumah Sakit merupakan institusi pelayanan kesehatan yang menyelenggarakan pelayanan kesehatan perorangan secara paripurna yang menyediakan pelayanan rawat inap, rawat jalan, dan gawat darurat. Rumah Sakit Umum Daerah Khidmat Sehat Afiat Kota Depok yang bertipe C akan menjadi ujung tombak pelayanan kesehatan khususnya di daerah Depok. Banyaknya jumlah pasien baik pasien umum, pasien asuransi, atau pasien jaminan kesehatan (BPJS) akan menambah beban kerja coder dan petugas casemix rumah sakit. Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini bertujuan untuk membantu kegiatan pelaksanaan kodefikasi dan reimbursement di RSUD Khidmat Sehat Afiat Kota Depok. Metode yang dugunakan adalah berupa bantuan kegiatan kodefikasi dan reimbursement yang dilakukan oleh dosen dan mahasiswa program studi DIII Rekam Medis dan Informasi Kesehatan STIKes Widya Dharma Husada Tangerang selama 14 hari kerja. Hasil dari kegiatan ini adalah berhasilnya membantu kegiatan kodefikasi penyakit yang beberapa diantaranya yaitu diagnosis Gastroenteritis dan Varicella [chicken pox]. Harapan kedepannya kegiatan pengabdian ini dapat dilanjutkan baik di rumah sakit, maupun di pusat kesehatan masyarakat diberbagai daerah di Indonesia.


Keywords


rumah sakit; kodefikasi; reimbursement; khidmat sehat afiat

Full Text:

PDF

References


Bank Indonesia. (2024). Glossarium Bank Indonesia. https://www.bi.go.id/id/glosarium.aspx

Peraturan Menteri Kesehatan RI Nomor 55/MENKES/PER/III/2013 tentang Penyelenggaraan Pekerjaan Rekam Medis, Pub. L. No. 55 (2013).

Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 3 Tahun 2020 tentang Klasifikasi dan Perizinan Rumah Sakit, (2020).

Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2022 Tentang Rekam Medis, Pub. L. No. 24 (2022).

Sampurna, B., & R. Hatta, G. (2022). Pedoman Manajemen Informasi Kesehatan Di Sarana Pelayanan Kesehatan (Revisi 3) (3rd ed.). Penerbit Universitas Indonesia (UI-Press).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.