EFEKTIVITAS HEALTH EDUCATION BERBASIS VIDEO TERHADAP PENGETAHUAN DAN SIKAP IBU TENTANG PENANGANAN DEMAM PADA ANAK DI WILAYAH CIOMAS KABUPATEN BOGOR

Rita Dwi Pratiwi, Agus Dwi Pranata, Puji Agista

Abstract


ABSTRACT

Fever is a condition in which a person's body temperature is above normal. Handling fever in children is very dependent on the role of parents, especially mothers. It is known that the level of knowledge of mothers about treating fever in children varies greatly, this results in differences in the management of fever in children. Lack of knowledge can result in inappropriate handling which can put children's health at greater risk. Increasing knowledge can be done by conducting health education, one of which is by utilizing audiovisual media. The purpose of this study was to determine the effect of video-based health education on mothers' knowledge and attitudes about fever management in children in the Ciomas area, Bogor Regency. His research method is a quantitative research design quasi experimental research approach One Group Pretest-Postest Design. The number of samples was 62 respondents to mothers in the area of RT 001 RW 004 Ciomas, Bogor Regency. The technique used is non probabily sampling with purposive sampling method. Data analysis used the Wilcoxon test. The results of the statistical test showed that there was an effect of education on mother's knowledge before and after health education with a p-value of 0.000 <0.05, and there was an effect of education on attitudes with a p-value of 0.000 <0.05. This conclusion shows that there is an effect of video-based health education on mothers' knowledge and attitudes about fever management in the Ciomas area, Bogor Regency. Suggestions are expected to increase knowledge about fever, especially for mothers so they can do the right fever treatment for children.

Keywords : Education, Knowledge, Attitude, Fever, Children

ABSTRAK

Demam adalah kondisi dimana suhu tubuh seseorang yang berada diatas normal. Penanganan demam pada anak sangat tergantung pada peran orangtua, terutama ibu. Diketahui bahwa tingkat pengetahuan ibu tentang penanganan demam pada anak sangat bervariasi hal ini mengakibatkan perbedaan pengelolaan demam pada anak. Pengetahuan yang kurang dapat mengakibatkan penanganan yang tidak tepat sehingga membuat kesehatan anak menjadi lebih berisiko. Peningkatan pengetahuan dapat dilakukan dengan melakukan edukasi kesehatan yang salah satunya dengan memanfaatkan media audiovisual. Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui pengaruh edukasi kesehatan berbasis video terhadap pengetahuan dan sikap ibu tentang penanganan demam pada anak diwilayah Ciomas Kabupaten Bogor. Metode penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif rancangan penelitian quasi eksperimental pendekatan One Group Pretest-Postest Design. Jumlah sampel sebanyak 62 responden pada ibu diwilayah RT 001 RW 004 Ciomas Kabupaten Bogor. Tekhnik yang digunakan adalah non probabily sampling dengan metode purposive sampling. Analisa data menggunakan uji Wilcoxon. Hasil penelitian dari uji statistik menunjukkan terdapat pengaruh edukasi terhadap pengetahuan ibu sebelum dan sesudah dilakukan edukasi kesehatan dengan nilai p-value 0,000 < 0,05, serta terdapat pengaruh edukasi terhadap sikap dengan nilai p-value 0,000 < 0,05. Kesimpulan ini menunjukkan bahwa ada pengaruh edukasi kesehatan berbasis video terhadap pengetahuan dan sikap ibu tentang penanganan demam diwilayah Ciomas Kabupaten Bogor. Saran diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan tentang demam khususnya pada ibu-ibu sehingga bisa melakukan penanganan demam yang tepat untuk anak.

Kata Kunci: Edukasi, Pengetahuan, Sikap, Demam, Anak


Keywords


Education; Knowledge; Attitude; Fever; Children

Full Text:

PDF

References


Aderibigbe. (2018). Hubungan Tingkat Pendidikan Terhadap Tingkat Pengetahuan Orangtua Dalam Swamedikasi Demam Pada Anak Menggunakan Obat Paracetamol. Universitas Islam Negri Maulana Malik Ibrahim, 6(1), 1–8.

Ahlussufa, H. (2015). Pengaruh Pendidikan Kesehatan Terhadap Pengetahuan, Sikap dan Keterampilan Orangtua Dalam Merawat Anak dengan Demam Di RSUD dr. R Goeteng Taroenadibrata Purbalingga. Universitas Harapan Bangsa.

Ar-Rasily, O. K., & Dewi, P. K. (2016). Faktor - Faktor Yang Mempengaruhi Tingkat Pengetahuan Orang Tua Mengenai Kelainan Genetik Penyebab Disabilitas Intelektual Di Kota Semarang. Diponegoro Medical Journal (Jurnal Kedokteran Diponegoro), 5(4), hal 1428-1430.

Arikunto. (2016). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Asmarawanti, S. T. C. (2018). Pengaruh Pendidikan Kesehatan Tepid Sponge Pada Ibu Diagnosi Observasi Febris Di Ruang Ade Irma Suryani Lantai 1 RSUD Sekarwangi Kabupaten Sukabumi. Jurnal Stikes Kesehatan YPIB Majalengka, VII (14), 71-80.

Assem, H. D., Nartey, L., Appiah, E., & Aidoo, J. K. (2023). A Review of Students’ Academic Performance in Physics: Attitude, Instructional Methods, Misconceptions and Teachers Qualification. European Journal of Education and Pedagogy, 4(1), 84–92.

Darsini, Fahrurrozi, & Cahyono, E. A, (2019). Pengetahuan; Artikel Review. Jurnal Keperawatan, 12 (1), 97.

Eni, R, dkk. (2022). Psikologi Kesehatan (Teori dan Penerapan). Bandung: CV. Media Sains Indonesia.

Fitriana, L.B. (2017). Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Ibu Dalam Penanganan Demam Pada Anak Balita Di Puskesmas Depok I Sleman Yogyakarta. Jurnal Keperawatan Rispati Yogyakarta, 4(2),179-188.

Harianti, N., Fitriana, L.B., & Krisnanto, P.D. (2016). Hubungan Tingkat Pengetahuan Ibu Tentang Demam Dengan Perilaku Ibu Dalam Penanganan Demam Pada Anak Balita Di Puskesmas Depok I Sleman Yogyakarta. Jurnal Keperawatan Rispati Yogyakarta, 3(2), 17-22.

Hussain, S. M., Al-Wutayd, O., Aldosary, A. H., Al-Nafeesah, A., AlE’ed, A., Alyahya, M. S., Alfeneekh, A. S., AlKadi, S. A., Alghasham, G. A., & Aloyaidi, G. A. (2020). Knowledge, Attitude, and Practice in Management of Childhood Fever Among Saudi Parents. Global Pediatric Health, 7.

Kelly, M., Sahm, L. J., Shiely, F., O’Sullivan, R., De Bont, E. G., Mc Gillicuddy, A., Herlihy, R., Dahly, D., & McCarthy, S. (2017). Parental knowledge, attitudes and beliefs on fever: A cross-sectional study in Ireland. BMJ Open, 7(7), 1–7. https://doi.org/10.1136/bmjopen- 2016-015684.

Kurniati, H.S. (2016). Gambaran Pengetahuan Ibu Dan Metode Penanganan Demam Pada Balit Di Wilayah Puskesmas Pisangan Kota Tangerang Selatan. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah, 1- 100.

Listautin, & Lismawati. (2014). Hubungan Pengetahuan Dan Sikap Ibu Terhadap Penanganan Demam Pada Balita Di Wilayah Kerja Puskesmas Payo Selincah Kota Jambi Tahun 2014. Scirntia Journal Stikes Prima Jambi, 3(2), 68-74.

Najimi, A., Dolatabadi, N,K., Esmaeli, A.A., dkk. (2013). The Effect Of educational Program On Knowledge, Attitude And Practive Of Mothers Regarding Prevention Of Febrile Seizure In Children. Journal Of Education and Health Promotion. Vol 2:26.

Novikasari, L dkk. (2022). The Effectiveness Of Health Education About Fever Sequels On Parents Atittude In Treating Emergency Management Of Fever Sequels In Children Ages 0-3 Years In The Working Area Of The Health Center Seputih Agung, Lampung Regency Middle Of 2022. ANJANI Journal, 2(1), 38-44.

Nursalam. (2014). Manajemen Keperawatan Aplikasi dalam Praktik Keperawatan Profesional. Edisi 5. Jakarta : Salemba Medika.

Randa, Y.D., & Sindi, M. (2020). Gambaran Tingkat Pengetahuan Ibu Mengenai Cara Penanganan Demam Pada Anak Di Bangsal Yasinta RS.Fatima Parepare. Jurnal Kesehatan Lentera AcityA, 7(2), 88-96.

Riandita, A., Akrhaesi, N., & Hardian, H. (2012). Hubungan Antara Tingkat Pengetahuan Ibu Tentang Demam Dengan Pengelolaan Demam Pada Anak. Jurnal Kedokteran Diponegoro, 1(1), 137413.

Sakr, F., Toufaili, Z., Akiki, Z., Akel, M., Malaeb, D., Dabbous, M., & Salameh, P. (2022). Fever among preschool-aged children: A cross- sectional study assessing Lebanese parents’ knowledge, attitudes and practices regarding paediatric fever assessment and management. BMJ Open, 12(10).

Saleh, R., Pratikwo, S., A, Hartono, M & Anonim, T. (2022). Pengaruh Pemberian Edukasi Kesehatan Dengan Media Audiovisual Terhadap Pengetahuan Keluarga Dalam Penanganan Kejadian Demam Pada Anak. Jurnal Lintas Keperawatan, 3(1),1-7.

Salgado, P. de O., da Silva, L.C.R., Silva, P.M.A., &Chianca, T.C.M. (2016). Physical Methods For The Treatment Of Fever In Critically ill Patients: A Randomized Controlled Trial. Revista Da Escola De Enfermagem, 50(5),823-830.

Sari, I. P. T. P. (2013). Pendidikan Kesehatan Sekolah Sebagai Proses Perubahan Perilaku Siswa. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, 9(2), 141–147.

Sarmah, A., & Puri, P. (2014). Attitude towards Mathematics of the Students Studying in Diploma Engineering Institute (Polytechnic) of Sikkim. IOSR Journal of Research & Method in Education (IOSRJRME), 4(6), 06–10. https://doi.org/10.9790/7388- 04630610.

Sudibyo, D.G., Anindra, R.P., Gihart, Y.E. dkk. (2020). Pengetahuan Ibu Dan Cara Penanganan Demam Pada Anak. Jurnal Farmasi Komunitas, 7(2), 69.

Wahyana, R. (2018). Pengembangan Video Pembelajaran Menggunakan ProShow Pada Materi Satuan Ukur dan Berat. Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung, 203-211.

Wahyuningsih, P. A. (2011). Pengaruh Tingkat Pendidikan Ibu Terhadap Ketepatan Pemilihan Obat Demam Balita Di Kecamatan Juwiring Kabupaten Klaten. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Yulianto, D., & Ikhsanudin, A. (2014). Pengaruh Pengetahuan Dan Sikap Orang Tua Terhadap Swamedikasi Obat Demam Pada Anak-Anak. Media Farmasi, 11(2), 221–231.

Yuspitasari, dkk. (2022). Pengaruh Pendidikan Kesehatan Terhadap Pengetahuan dan Sikap Ibu dalam Penanganan Demam pada Anak Balita (0-5 tahun) di IGD Grha Husada Gresik. Universitas Gresik.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.